Sangkar Burung Perkutut Unik (youtube.com)

Model Sangkar Burung Perkutut Mataram Unik Tahun 1979

Burungnya.com – Sangkar burung Perkutut memiliki model yang beda dari sangkar lain. Soalnya, rata-rata sangkar burung ini mempunyai kubah dan bentuknya selalu oval. Berbicara tentang sangkar Perkutut, pernahkah Anda melihat sangkar burung Perkutut unik yang sudah tua dari tahun 70-an?

Sangkar ini sekilas sama dengan sangkar Perkutut lain, tetapi ada ciri khas yang membedakan dengan sangkar lain. Ciri khas yang paling terlihat yaitu mahkota sangkar. Di bagian mahkota sangkar terdapat seperti bentuk ulat keket.

Sangkar Perkutut Mataram

Nama sangkar burung Perkutut ini biasa dijuluki sangkar mataram. Tahukah Anda, sangkar ini menjadi spesial dan langka karena jarang sekali ada pengrajin yang membuatnya. Sebagian besar pengrajin sangkar merasa kesulitan membuat model sangkar ulat keket.

Sehingga bentuk sangkar seperti ini mulai ditinggalkan. Mereka lebih tertarik membuat sangkar Perkutut yang mudah dan simpel. Namun, dari channel YouTube Blangkon Muter, diketahui masih ada pengrajin sangkar tersebut.

Pengrajin sangkar Mataraman kebanyakan sudah tua dan orang-orang lama. Ciri lain dari sangkar Mataraman adalah tiang apit. Di setiap tiang saka terdapat bagian tiang lain yang mengapit tiang saka tersebut.

Sangkar Burung Perkutut Mataraman yang Langka (youtube.com)
Sangkar Burung Perkutut Mataraman yang Langka (youtube.com)

Sangkar Perkutut Tua Berusia Hampir 50 Tahun

Selain membuat sangkar Perkutut mataram, pengrajin sangkar ini juga diwarisi sangkar Perkutut tua berusia hampir 50 tahun. Dia mendapat sangkar tua ini dari Almarhum Pak Pitung sesepuh Kung Mania dari Bantul.

Sangkar tersebut sudah ada sejak tanggal 24 Juni 1979. Ciri khas sangkar yang dibuat pengrajin tersebut menyerupai sangkar dari Almarhum Pak Pitung. Bentuknya sangkar Mataraman dengan motif ulat keket dan tiang apit.

Bedanya, sangkar buatan dia lebih cekung atau langsing. Sedangkan sangkar Pak Pitung lurus bagian sampingnya.

Sangkar Perkutut yang Dijual di Pasaran

Kemudian dia juga menjual sangkar Perkutut Mataram yang biasa dijual di pasaran, bentuknya SS. Jadi bagian mahkota hampir mirip ulat keket, tapi motifnya seperti huruf SS. Selain itu, bagian tiang dibuat berlubang dan tidak diapit. Kadang juga ada sangkar yang tiangnya tidak berlubang.

Loading...
Sangkar Perkutut Mataraman yang Dijual di Pasaran (youtube.com)
Sangkar Perkutut Mataraman yang Dijual di Pasaran (youtube.com)

Sangkar-sangkar Mataraman seperti mempunyai sisi kerumitan saat membuang kotoran burung. Pasalnya, Anda harus menggantung sangkar sejajar dengan kepala. Setelah itu, buka pengunci alas sangkar di bawahnya dan alas baru bisa dilepas dari bawah. Kalau sangkar yang lain, alasnya bisa digeser sehingga tidak perlu digantung dulu.

Kesimpulan

Demikian model sangkar burung Perkutut unik dari tahun 1979. Sangkar seperti itu sudah jarang dijual di pasaran. Mungkin hanya pengrajin tertentu yang masih menjual sangkar Mataraman tersebut. Walau terlihat indah, ternyata sangkar ini juga mempunyai sisi kerumitan yakni saat membuang kotoran.

Baca juga:

Terlepas dari itu semua, kandang Perkutut mataraman tetap memiliki keunikan yang tidak dimiliki kandang lain. Harga sangkar Perkutut mataraman tadi sekitar Rp 200 ribuan. Hal tersebut diketahui dari komentar video di YouTube.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung perkutut katuranggan bulu kepalanya tutul tutul
  • cara membuat sangkar lengkung tengah bentuk mataraman biasa
  • Kandang perkutut jaman dulu
  • nama nama sangkar perkutut
  • Perkutut Mataraman
  • sangkar perkutut jaman dulu
  • variasi sangkar perkutut

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!