Murai Batu Betina Apa Bisa Bunyi Gacor?

Burungnya.com – Banyak orang yang bilang, burung Murai Batu betina tidak bisa gacor. Jadi, apakah argumen tersebut benar? Kami akan menjawabnya nanti, tapi yang jelas semua tergantung dari perawatan dan latihan.

Murai Batu berjenis kelamin betina sebenarnya mempunyai kemampuan sama dengan Murai Batu jantan. Namun, untuk urusan mental, tentu saja lebih bagus Murai Batu jantan.

Tak heran, lebih banyak orang memilih untuk membeli Murai Batu jantan ketimbang betina. Murai Batu betina butuh usaha ekstra untuk membuatnya bisa gacor.

Baca juga: 36 Cara Membedakan Murai Batu Betina dan Jantan dari Ciri Fisik

Apakah Murai Batu betina bisa bunyi gacor? Pertanyaan ini yang belum kami jawab, karena pada dasarnya burung jantan dan betina bisa gacor. Hanya saja, mentalnya lebih bagus burung jantan.

Jadi, Murai Batu betina bisa bunyi gacor dan ngeplong asalkan dirawat dengan baik. Kami akan berbagai cara merawat Murai Batu betina agar cepat bunyi dan gacor.

Murai Batu Betina (hiveminer.com)
Murai Batu Betina (hiveminer.com)

Cara Merawat Murai Batu Betina Agar Cepat Bunyi Gacor

1. Murai Batu Betina Diembunkan

Setiap pagi setelah solat Subuh, coba keluarkan burung Murai Batu betina untuk diembunkan. Pengembunan gunanya untuk membuat tubuh Murai Batu lebih segar dan bugar.

Sebelum pengembunan, lebih baik burung diberi jangkrik sebanyak 3-5 ekro, dan ulat hongkong 3-5 ekor. Tujuannya agar tubuh Murai sedikit lebih hangat karena udara pagi bisa sangat dingin.

2. Pemandian Murai Batu

Nah, setelah embun, pada jam 06.00 pagi, Murai Batu betina bisa dimandikan. Cara memandikannya bisa dengan semprot halus, atau mandi sendiri di keramba.

Ini tergantung dari karakter burung Anda sendiri. Kalau dia suka mandi keramba, biarkan Murai mandi di bak keramba.

Baca juga: 5 Rahasia Ternak 1 Murai Batu Jantan dan 3 Betina dalam 1 Kandang

Untuk Murai Batu, bulunya termasuk kuat, jadi tidak masalah kalau mandi sampai basah kuyup. Namun, setelah mandi berikan jangkrik 3-5 ekor agar tubuhnya hangat.

Setelah itu, burung diangin-anginkan supaya dia tidak kaget. Sebab, tubuh yang dingin, bila langsung terkena panas matahari, maka akan sakit semua. Lebih baik, burung diangin-anginkan dulu setelah bulu lumayan kering, burung bisa dijemur di bawah sinar matahari.

Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli (thainationalparks.com)
Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli (thainationalparks.com)

3. Murai Batu Betina Dijemur

Burung Murai Batu selanjutnya dijemur maksimal 1 jam. Penjemuran ini penting karena untuk menambah stamina dan meningkatkan birahinya. Biasanya burung yang birahinya agak naik, dia cepat gacor.

Burung dijemur, tapi makanan dan minuman jangan dicabut. Biarkan burung tetap menikmati makanan dan minuman, seperti voer dan air minum bersih.

4. Makanan Murai Batu Betina

Nutrisi Murai Batu betina harus tetap dijaga. Pilih voer dengan kandungan protein yang tinggi. Pakan utamanya voer saja, kemudian ditambah pakan extra fooding EF berupa kroto, jangkrik, cacing, ulat, dan lain-lain.

Loading...

Makanan Murai Batu yang bagus memang perpaduan antara voer dan pakan EF. Tidak bisa Murai Batu hanya makan voer saja. Dia burung pemakan serangga, jadi harus diberi serangga juga.

Baca juga: 10 Cara Cepat Menjodohkan Murai Batu Jantan dan Betina dalam 2 Jam

Jika Anda menemukan belalang di sekitar rumah, maka berikan belalang tersebut. Apabila Anda menemukan cacing dan ikan kecil, maka berikan makanan tersebut, tapi secara bergantian di hari yang berbeda.

Perawatan Murai Batu Lomba (birdaily.com)
Perawatan Murai Batu Lomba (birdaily.com)

5. Jaga Kebersihan Kandang

Dari dulu wanita tipikal burung yang suka kebersihan. Begitu juga dengan Murai Batu betina, dia suka sekali dengan kebersihan kandang. Nah, karena dia tidak bisa membersihkan kandang sendiri, maka Anda harus membersihkan kandang Murai Batu betina secara rutin setiap hari.

Pembersihan kandang bisa dilakukan saat burung mandi. Jangan lupa ganti pakan dan minuman sekalian, biar Anda tidak buang-buang waktu.

6. Didekatkan Murai Batu Jantan

Burung Murai Batu betina bisa mengenali suara Murai Batu jantan. Agar si betina bisa gacor, Anda harus mendekatkan burung Murai Batu jantan dengan betina.

Kalau bisa suara keduanya terdengar tapi jangan sampai saling melihat. Jadi, kalau bisa burung jantan diberi kerodong. Burung betina yang sering mendengar suara pejantan, nanti birahinya akan naik dan cepat gacor.

Baca juga: 18 Jenis Burung Masteran Murai Batu yang Bagus

7. Pemasteran

Ingatlah, bahwa burung Murai Betina juga bisa bunyi, tapi mungkin volumenya tidak sekeras Murai Batu jantan. Burung Murai Batu betina bisa cepat bunyi apabila dimaster dengan suara isian Murai Batu gacor dan beberapa jenis burung lain.

Makanan Murai Batu Terbaik (ebird.org)
Makanan Murai Batu Terbaik (ebird.org)

Suara Isian Masteran Murai Batu

  • Kenari
  • Kutilang Emas
  • Burung Gereja
  • Kutilang Sutera
  • Burung Panca Warna
  • Robin
  • Parkit
  • Kolibri
  • Lovebird
  • Gelatik
  • Sogok Ontong
  • Kapas Tembak
  • Serindit
  • Burung Elang
  • Tengkek Buto
  • Cucak Jenggot
  • Burung Pelatuk
  • Cililin

Kesimpulan

Demikian beberapa cara merawat Murai Batu betina agar cepat bunyi gacor. Ini menandakan Murai Batu betina bisa bunyi dan sekaligus menjawab pertanyaan apakah Murai Batu betina / white rumped shamma female bisa bunyi gacor.

Murai Batu betina memang bisa gacor asalkan dirawat dengan baik. Burung Murai pada dasarnya burung kicau yang suka menyanyi. Namun, untuk tingkat mental dan volume berbeda.

Murai Batu jantan suara volume keras dan mental fighter. Kalau Murai Batu betina volume tidak terlalu keras dan mental tidak sebagus pejantan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!