Murai Batu Ekor 42 Cm Terpanjang di Indonesia (youtube.com)

Murai Batu Ekor 42 Cm Terpanjang di Indonesia

Burungnya.com – Kami pernah membahas tentang burung Murai Batu ekor terpanjang di Indonesia. Saat itu, panjang ekornya sekitar 36 cm. Ternyata sekarang ada Murai Batu yang ekornya lebih panjang lagi yaitu 42 cm.

Ya, penangkaran Putra Nusantara Farm (PNF) mempunyai beberapa Murai Batu ekor terpanjang di Indonesia. Nama burung tersebut 336 dengan panjang ekor maksimal 42 cm. Ada lagi burung di Putra Nusantara Farm dengan panjang ekor 40 cm, namanya Raptor.

Murai Batu Ekor Terpanjang

Diketahui burung Murai Batu dengan ekor panjang dimiliki oleh penangkar Putra Nusantara Farm. Burung yang dimiliki banyak sekali. Beberapa maskot burung di sana memiliki panjang ekor super panjang, yaitu 40 cm ke atas.

1. Murai Batu Raptor – 40 cm

Salah satu Murai Batu andalan Putra Nusantara Farm adalah Raptor. Burung ini memiliki panjang ekor 40 cm. Harga anakannya sangat fantastis, tapi mabungnya cukup lama yaitu sekitar 6 bulan. Oleh karena itu, kadang belum selesai dorong ekor pun, Murai Batu betina sudah dimasukkan ke kandang.

2. Murai Batu 336 – 42 cm

Satu lagi yang menjadi primadona di Putra Nusantara Farm, yaitu Murai Batu 336. Burung ini mempunyai panjang ekor 42 cm. Saat mabung, panjang ekornya 36 cm, tapi setelah selesai mabung tambah jadi 42 cm.

Bulu Ekor Murai Batu Panjang (rssing.com)
Bulu Ekor Murai Batu Panjang (rssing.com)

Harga Anakan Murai Batu Raptor

Mereka juga menjual anakan atau trotolan indukan Murai Batu ekor panjang. Sebut saja anakan Murai Batu Raptor yang masih usia 2 bulan sudah dijual seharga Rp 50 juta – Rp 60 juta.

Tahukah Anda, trotolan Murai Batu harga mahal segitu sudah diinden banyak orang. Bisa dibilang anak belum lahir, tapi sudah dipesan sejak jauh-jauh hari.

Pemesan dicatat dulu, misal ada yang cancel, maka akan digantikan oleh nomor di bawahnya. Jadi, beli Murai Batu di sini bukan menggunakan sistem booking yang harus bayar dulu. Akan tetapi, anakan lahir langsung dihubungi sesuai jatah urutan pembeli.

Burung Murai Batu Impor

Perlu Anda ketahui juga bahwa Murai Batu yang kami sampaikan tadi merupakan Murai Batu Impor. Jadi, mereka bukan Murai Batu lokal, melainkan Murai Batu Singapura. Tak heran ekornya sangat panjang lebih dari 40 cm.

Loading...

Soalnya, Murai Batu lokal ekor 30 cm sudah dikatakan panjang. Apalagi kalau burung tersebut memiliki panjang ekor 35 cm, pasti sudah disebut Murai Batu lokal ekor panjang.

Oh iya, ada yang berbeda dari Murai Batu impor yaitu proses penjemuran. Burung impor tidak kuat dijemur terlalu lama. Nanti bulu bisa rusak dan gampang jatuh sakit. Oleh karena itu, saat menjemur Murai Batu Impor harus sebentar, maksimal 1 jam.

Kesimpulan

Demikian Murai Batu ekor terpanjang di Indonesia yang dimiliki oleh Putra Nusantara Farm. Burung-burung di sana memang memiliki ekor panjang. Namun, tidak semua burung memiliki ekor di atas 40 cm. Ada juga Murai Batu Roket yang mempunyai ekor sepanjang 35 cm.

Baca juga:

Di sini Murai Batu indukan ekor terpendek memiliki ekor 35 cm. Yang lain, ekornya lebih panjang lagi. Seperti Murai Batu Raptor dan 336. Sementara Murai Batu Roket dinyatakan sebagai indukan dengan ekor paling pendek.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!