Murai Batu Ekor Panjang, Setiap Tambah 1 cm Harga Naik Rp 1 Juta

Murai Batu Ekor Panjang, Setiap Tambah 1 cm Harga Naik Rp 1 Juta

Burungnya.com – Burung Murai Batu digemari kicau mania karena suaranya yang merdu dan ekornya yang panjang. Ekor burung ini setiap selisih 1 cm ternyata harganya bisa naik hingga Rp 1 juta. Hal ini diketahui dari penuturan Burhan, seorang pengepul Murai Batu di kawasan Pramuka, Jakarta Timur.

Selisih Panjang Ekor Murai Batu

Menurutnya burung Murai Batu di pasaran, rata-rata panjang ekornya di bawah 20 cm. Kalau di atas ukuran tersebut harganya bisa naik setiap 1 cm. Kenaikan harga burung Murai Batu tadi bisa sampai Rp 1 juta lebih.

“Yang banyak beredar di pasar, Murai Batu dengan panjang ekor di bawah 20 cm. Itupun harga bahannya sudah berkisar antara Rp 1,5 juta dan Rp 3 juta. Kalau ada ekor Murai yang di atas 20 cm, maka kelebihan panjang ekor per-cm nilainya sudah mencapai jutaan rupiah,” jelas Burhan, seperti yang disadur dari Poskotanews.com (26/3/2018).

Om Burhan mempunyai rumah yang di dalamnya terdapat Murai Batu sekitar 500 ekor. Sebagian burung tersebut merupakan Murai Batu bakalan muda hutan kelas super dengan panjang ekor di atas 20 cm.

"<yoastmark

Beberapa di antaranya ada Murai Batu dengan panjang ekor bervariasi dan harganya ikut menyesuaikan.

  • Panjang ekor 22 cm harga Rp 3,5 juta
  • Ekor dengan panjang 23 cm harga Rp 4,5 juta
  • Murai Batu panjang ekor 24 cm harga Rp 6 juta

“Panjang ekor Murai Batu, beda 1 cm saja harganya sudah beda pula. Kalau sudah lumayan gacor, burung super begini harganya bisa 2 kali lipat, ” ujar Burhan pengepul spesialis Murai Batu Medan dan Nias.

Panjang Ekor Murai Batu di Atas 20 cm

Berdasarkan pengalaman Om Burhan selama puluhan tahun berbisnis burung kicau, Murai Batu dikatakan memiliki ekor panjang apabila ekornya di atas 20 cm. Kalau panjang ekornya 15-17 cm, berarti termasuk Murai Batu ekor pendek.

Sedangkan Murai Batu dengan panjang ekor 18-19 cm, tergolong tanggung. Jadi, harus Murai Batu dengan panjang ekor lebih dari 20 cm, baru dikatakan Murai Batu ekor panjang.

Saat ini Murai Batu Medan jantan mempunyai panjang ekor 15-27 cm. Untuk Murai Batu ekor terpanjang biasanya berasal dari Aceh. Panjang ekor Murai Batu Aceh bisa mencapai 35 cm.

"<yoastmark

Loading...

Dari penelitian dan pengalaman sejumlah Murai Mania, ternyata Murai Batu ekor panjang sebagian besar berasal dari Sumatera Utara, meliputi, Medan, Bahorok, Nias, dan sekitarnya.

Murai Batu Ekor Palsu

Ini yang menjadikan banyak oknum menyambung ekor Murai Batu agar lebih panjang. Bagaimana tidak, setiap 1 cm harganya bisa bertambah hingga Rp 1 juta. Tentu ini ladang mencari uang yang sangat menggiurkan.

Salah satu pelaku pemalsuan ekor Murai Batu bisa Anda lihat di artikel ‘5 Cara Mengetahui Ekor Murai Batu Palsu, Jangan Sampai Tertipu‘. Dalam artikel tersebut Murai Batu yang ekornya pendek diganti dengan ekor panjang menggunakan lem.

Jadi, Anda harus berhati-hati saat membeli Murai Batu ekor panjang. Agar lebih aman, Anda bisa datang langsung ke penangkarannya. Tujuannya agar Anda dapat melihat atau memegang langsung ekor Murai tersebut.

Baca juga:

Demikian informasi tentang Murai Batu yang harganya bisa naik Rp 1 juta berdasarkan panjang ekornya. Perbedaan panjang ekor Murai Batu sebesar 1 cm, selisih harganya mencapai Rp 1 juta lebih.

Coba bayangkan, untuk Murai Batu Aceh dengan ekor 35 cm, kira-kira berapa harganya. Itu cuma dilihat dari ekor saja. Kalau Murai Batu Aceh super gacor dengan panjang ekor 35 cm, tentu harganya bisa membuat kicau mania tercengang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • foto murai batu ekor panjang
  • murai medan ekor panjang
  • murai batu ekor 20 cm
  • murai panjang ekor 20
  • murai ekor panjang 23 cm
  • Murai batu medan 20cm
  • membuat ekor murai tambah panjang
  • Harga murai ekor
  • Harga murai batu ekor panjang 17
  • pengepul murai

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!