5 Nama Obat Kucing atau P3K Kucing Wajib Ada di Rumah

Burungnya.com – Jika cinta sama kucing peliharaan, siapkan kotak P3K kucing di rumah. Paling tidak, Anda memiliki obat kucing yang bisa untuk menangani luka atau penyakit ringan pada kucing.

Obat kucing P3K memang wajib. Sama seperti P3K manusia, yaitu obat luka atau obat merah, obat sakit kepala pusing, obat sakit mata, obat diare, obat masuk angin, obat batuk pilek flu, obat maag, dan perban.

Baca juga:

Walau sepele, tapi obat kucing seperti itu sangat penting disediakan di rumah. Tujuannya agar saat kucing Anda terluka, Anda bisa mengobatinya dengan cepat.

Obat kucing ini pilih yang sifatnya murah, ringan, cepat, dan darurat. Jadi, bukan pengobatan untuk luka berat atau penyakit berat ya. Kalau penyakit berat, bisa dibawa langsung ke dokter hewan.

Nama Obat Kucing atau P3K Kucing

Nama Obat Kucing Kotak P3K Kucing
Nama Obat Kucing Kotak P3K Kucing

1. Obat Luka Kucing

Obat luka terbuka: salep antibiotik atau bedak sulfa.

Obat luka bakar: Bioplacenton jelly, Trofodermin krim, dan Vulnusol spray.

Pembersih luka terbuka: antiseptik Betadin, Alkohol 75%, H202 3%, KMnO4 (larutkan di air).

Antiseptik buat sendiri: Garam dapur 3 sendok teh ditambah air hangat 1 liter.

2. Obat Mata Kucing

Hati-hati bila kucing terindikasi mau sakit mata. Sebab, kucing sakit mata awalnya cuma belekan saja, terus bisa tambah parah dan sampai kebutaan.

Obat mata untuk kucing yaitu Choramphenicol (tetes mata) dan Terramicyn (salep mata).

3. Obat Kucing Keracunan

Kucing sering kali penasaran terhadap sesuatu, sehingga dia bisa saja keracunan / absorben. Untuk mengobati kucing keracunan, Anda bisa memberikan obat Charcoal (Norit) Dosis 1-2 tablet per ekor. Pemberiannya sekali saja.

Obat Kucing di Rumah P3K Kucing
Obat Kucing di Rumah P3K Kucing

4. Obat Kucing Diare

Obat diare kucing bila kotoran kucing sudah lunak dan cair. Kemudian kucing mulai lemas dan tidak mau makan.

Nama obat diare kucing yaitu Kaopectate. Dosisnya 1 sendok makan per 2,5 kg berat badan kucing. Pemberiannya 4 kali sehari.

5. Kucing Terinfeksi Racun

Kucing yang terinfeksi sesuatu misalnya racun atau zat asing lainnya, tubuh kucing mengeluarkan histamin. Tujuannya untuk memperlebar pembuluh darah kapiler. Jumlahnya bisa banyak sekali.

Jadi proses tersebut harus dihentikan dengan obat antihistamin, seperti Diphenhidramin Hidrochlorida (Benadryl). Dosisnya 5mg per ekor diberikan 2 kali sehari.

Kesimpulan

Demikian beberapa nama obat kucing atau P3K kucing yang harus tersedia di rumah. Tenang saja, harga obat kucing seperti ini murah dan awet. Sehingga bisa disimpan di kotak P3K.

Kucing yang mengalami luka ringan, sebaiknya diobati sendiri dengan P3K yang sudah disediakan. Anda juga harus mulai belajar cara mengobati kucing sendiri.

Ini untuk mempercepat melakukan pertolongan pertama bila kucing sakit. Jangan sampai kucing sakit, tapi Anda tidak tahu dan Anda pasti akan menyesalinya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.