Obat Cacing Kucing Drontal Cat dan Dosis Pemberian yang Benar

Burungnya.com – Kucing yang sehat bisa mendadak malas makan dan kurus karena cacingan. Penyakit cacingan pada kucing memang cukup meresahkan. Kalau tidak segera diobati, tubuh kucing akan semakin kurus, lemah, dan tidak berdaya.

Anda harus membelikan obat cacing kucing yang khusus untuk kucing. Beberapa produk obat cacing memang sudah disediakan secara khusus untuk kucing. Namun, sebagian orang masih memberikan Combantrin atau obat cacing manusia.

Walau tidak masalah, tapi kandungannya tetap berbeda. Untuk lebih amannya, Anda bisa memberikan obat cacing khusus kucing. Sudah pasti obat ini aman untuk kucing karena kandungannya sudah ditentukan sesuai berat tubuh kucing.

Baca juga: 17 Obat Cacing untuk Kucing dan Ciri Kucing Cacingan

Obat Cacing Kucing Drontal Cat

Bagi yang belum tahu, obat ini berbentuk tablet. Cara memberikan obat cacing ini bisa secara langsung lewat mulut dengan cara disuapin.

Kapan Waktu Pemberian Obat Cacing Kucing

Kucing yang sehat dan sakit cacingan bisa diberi obat. Bedanya, kucing sakit cacingan diberikan obat sebulan 3 kali, kalau untuk pencegahan saja, kucing diberi obat 3 bulan 1 kali.

Misalnya, tanggal 1 kucing sakit cacingan, dia diberi obat cacing. Lalu tanggal 14 kucing diberi obat lagi. Terakhir kucing diberi obat cacing pada tanggal 28. Itu kalau kucing benar-benar sakit cacingan.

Obat Cacing Kucing Drontal Cat (fanevalleystores.com)
Obat Cacing Kucing Drontal Cat (fanevalleystores.com)

Untuk mencegah kucing cacingan, pemberian obat cacing cukup 3 bulan sekali. Contoh, Januari kucing diberi obat cacing, lalu bulan Maret kucing diberi obat caing lagi.

Obat cacing pertama bisa diberikan pada anak kucing umur 3 bulan ke atas. Untuk kucing di bawah 3 bulan, sebaiknya tidak diberi obat cacing. Kucing hamil juga tidak disarankan diberi obat cacing.

Loading...

Dosis Obat Cacing Drontal Cat

Untuk obat cacing Drontal Cat 1 tablet untuk kucing berat 4 kg. Kalau kucing Anda beratnya 2 kg, berarti cukup diberi setengah tablet. Berbeda lagi bila kucing Anda beratnya 5 kg, maka pemberian tetap 1 tablet.

Baca juga: Obat Cacing Combantrin Anak Untuk Kucing Aman atau Tidak?

Cara Memberikan Obat Cacing Kucing

Pemberian obat cacing khusus kucing dalam bentuk tablet berarti harus lewat mulut. Jadi, tablet tidak dicampur dengan minuman atau makanan tapi langsung dimasukkan lewat mulut.

Sebab, kalau obat ditumbuk dan dicampur air, nanti kadar obatnya akan berkurang. Obat yang dicampur air bisa tertinggal di alat spet atau dikeluarkan lagi sama kucing melalui air liur.

Tutorial Memberi Obat Cacing pada Kucing

  • Pertama kucing dipangku yang nyaman. Kaki bagian bawah dikempit kaki kita.
  • Pegangi bagian kepalanya dan elus-elus bagian lehernya.
  • Tunggu sampai kucing tenang.
  • Buka mulutnya pelan-pelan, begitu dibuka, langsung masukkan obat secara utuh ke mulut bagian dalam.
  • Untuk kucing yang belum pernah diberi obat, pasti akan berontak. Nanti setelah beberapa kali diberi obat, dia akan terbiasa.

Harga Obat Cacing Kucing Drontal Cat

Obat Drontal Cat dijual di Shopee dengan harga sekitar Rp 15.000 per butir. Kalau Anda beli lebih banyak obat, tentu harganya lebih murah.

Toko obat Drontal Cat ini namanya wasabiofficial. Coba cari obat cacing ini di Shopee. Kemudian lihat review dari pembeli yang lain, mereka banyak yang memberikan bintang 5, tandanya puas.

Kalau Anda ingin mengobati kucing cacingan, beli saja 3 butir sekaligus untuk penggunaan selama 1 bulan.

Kesimpulan

Demikian obat cacing khusus kucing dengan nama Drontal Cat. Obat ini berbentuk tablet dan diberikan secara langsung ke mulut.

Disarankan obatnya diberikan secara langsung tanpa dicampur air agar kadarnya dicerna semuanya oleh kucing. Kalau obat ditumbuk dan dicampur air, kadarnya berkurang karena tertinggal di alat spet atau dikeluarkan lagi sama kucing melalui air liur.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • dosis drontal cat untuk kucing 3 bulan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!