Obat dan Makanan Lovebird Nyilet (vice.com)

Obat dan Makanan yang Bagus untuk Burung Lovebird Nyilet

Burungnya.com – Bagi Anda yang sudah lama memelihara Lovebird pasti tak asing dengan penyakit Lovebird nyilet. Ya, penyakit ini biasanya terlihat dari kondisi fisik burung yang sangat kurus. Saking kurusnya, tulang dada Lovebird sampai menonjol ke depan dan nyaris tidak ada daging sama sekali.

Kalau kondisi tubuhnya kurus, apakah ini termasuk sebuah penyakit? Tentu hal seperti ini ada sangkut pautnya dengan perawatan yang diterapkan oleh pemiliknya. Burung Lovebird yang diberi makanan bergizi, tentu tidak akan kurus.

Namun, masalah Lovebird nyilet tidak sepenuhnya salah pemilik burung. Terkadang, nyilet juga bisa terjadi karena indukan Lovebird yang diternak secara koloni. Selain itu, faktor kebersihan juga menjadi penyebab Lovebird kurus dan dadanya lancip.

Obat untuk Lovebird Nyilet

Agar cepat sembuh, Lovebird nyilet diberi obat cacing. Merek obat cacing bisa menggunakan Combantrin. Pemberian obat ini cukup sekali saja. Hal ini untuk mengantisipasi adanya cacing di dalam tubuh Lovebird. Biasanya kalau tubuh burung terdapat cacing, cacingnya akan keluar sendiri lewat anus.

Makanan yang Bagus untuk Lovebird Nyilet

Setelah diberi obat cacing, Lovebird disendirikan atau dikarantina. Pindahkan Lovebird ke sangkar yang bersih dan steril. Pastikan burung sendiri agar tidak ada gangguan dari burung lain.

Kemudian burung jangan dijemur atau dimandikan dulu untuk sementara waktu. Makanan yang bagus untuk Lovebird nyilet masih biji-bijian milet. Sebaiknya burung tidak diberi jagung atau kangkung.

Selain biji milet, Lovebird bisa diberi haver. Perbandingan milet dan haver 1 : 1. Sebisa mungkin burung Lovebird tidak dipegang. Sebab, memegang burung akan memperburuk kondisinya.

Lovebird Nyilet Kurus (maniaklovebird.blogspot.com)
Lovebird Nyilet Kurus (maniaklovebird.blogspot.com)

Kapan Lovebird Nyilet Bisa Sembuh?

Kami tidak bisa menjawab secara pasti kapan Lovebird bisa sembuh. Namun, bila perawatan dan pakan yang diberikan bagus, Lovebird bisa sembuh dalam waktu 20 hari. Pengobatan Lovebird kurus memang perlu waktu cukup lama.

Loading...

Jika burung Lovebird sudah memiliki tanda-tanda sembuh, Anda bisa mulai memandikan dan menjemur Lovebird. Caranya, burung dimandikan dengan cara disemprot halus. Kemudian burung dijemur sebentar saja sekitar 5 menit.

Kalau bisa burung Lovebird tidak perlu diloloh dengan spet. Pasalnya, pemberian pakan dengan cara diloloh seperti akibatnya sangat fatal. Burung bisa tersedak dan mati dalam beberapa jam.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian obat dan makanan yang bagus untuk Lovebird nyilet. Pertama burung diberi obat Combantrin. Tujuannya untuk mengeluarkan atau membunuh cacing di dalam tubuh Lovebird. Setelah itu, Lovebird diberi makanan berupa milet dan haver dengan perbandingan 1 : 1.

Proses penyembuhan Lovebird nyilet terbilang cukup lama. Berbeda dengan Lovebird snot yang bisa sembuh dalam waktu 7 hari. Kalau Lovebird nyilet diperkirakan sembuh dalam waktu 20 hari atau mungkin lebih tergantung kondisi burung.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!