5 Obat Kucing Sakit Mencret, Muntah, dan Pilek

Burungnya.com – Apa yang akan Anda lakukan saat mengetahui kucing Anda sakit? Sebagian dari Anda mungkin langsung panik dan mencari obat kucing. Namun, ada juga yang langsung mengantarkan kucing ke dokter hewan.

Semua perlakuan tersebut memang tergantung seberapa parah kucing sakit. Kalau kucing sakit ringan, pastinya Anda tidak akan terlalu panik. Cukup diberi obat, kucing akan sembuh sendiri.

Berbeda bila kucing sakit parah sampai berdarah-darah, pasti semua orang ketakutan. Nah, kali ini kami anggap kucing Anda masih sakit ringan menuju ke sedang. Jadi, penyakit kucing ini masih bisa diobati.

Jenis Obat Kucing

1. Obat Kucing Mencret

Tidak hanya manusia, kucing juga bisa mencret atau diare. Kalau kucing sedang mencret, biasanya penyebabnya karena Anda sering ganti-ganti makanan.

Jika bukan karena makanan, pasti dulunya kucing tersebut memang punya riwayat sakit atau indukannya memang sakit-sakitan.

Obat kucing mencret bisa diberi Guanistrep sebanyak 2 kali sehari. Anda juga dapat memberikan obat Lacto B 1/5 sachet 2 kali sehari.

Jika kasus diarenya masih ringan, ganti saja makanannya menjadi makanan basah atau wet food. Pemberian makanan ini bisa diberikan langsung atau dicampur dengan tempe rebus 2 kali sehari.

Anda bisa membeli Guanistrep dan Lacto B di apotek terdekat. Jika kotoran kucing masih berair dan lembek, coba ganti makanannya menjadi Royal Canin Intestinal.

2. Kotoran Kucing Berdarah

Jangan panik dulu saat mendapati kucing Anda mengeluarkan kotoran berdarah. Ini terjadi karena gangguan pencernaan atau kucing cacingan.

Cara mengobati bisa menggunakan obat cacing dan ganti pakan menjadi makanan basah. Penggantian makanan ini dapat dilakukan selama 2-3 hari.

Apabila kucing belum sempuh dan masih pup darah, coba ganti pakannya lagi menjadi Royal Canin Gastrointestinal.

3. Kucing Sulit Pipis

Anda harus waspada saat kucing sulit pipis. Biasanya ini terjadi karena kucing mengalami gangguan kandung kemih atau ginjal kucing bermasalah.

Untuk melancarkan pipis kucing coba ganti pakan kucing menjadi Royal Canin Urinary. Kalau kucing jantan, bersihkan kemaluannya dengan handuk tipis yang sudah dicelup air hangat.

Mengapa kemaluan kucing jantan harus dibersihkan? Ini harus dilakukan karena kemaluannya sering tersumbat karena kotor, sehingga kucing tidak bisa pipis normal.

Obat Kucing Sakit Mencret, Diare, Muntah, Sulit Pipis, dan Pilek (hillspet.com)
Obat Kucing Sakit Mencret, Diare, Muntah, Sulit Pipis, dan Pilek (hillspet.com)

4. Obat Kucing Muntah

Mengapa kucing bisa muntah? Kucing muntah mungkin karena kebanyakan makan, keracunan, hingga salah makan sesuatu.

Namun, sekarang bukan saatnya menyalahkan kucing atas apa yang dia makan. Anda harus segera membelikan obat kucing muntah yang namanya FOR MUN.

Obat ini diformulasikan oleh Otsuda Corp Japan dan sudah terdaftar di Departemen Pertanian Republik Indonesia. Perlu Anda ketahui, obat tersebut aman untuk semua kucing, termasuk kitten dan dewasa.

Loading...

Kucing yang muntah karena disebabkan oleh infeksi, mabuk, dan stress bisa disembuhkan dengan FOR MUN.

Manfaat obat ini bisa mencegah muntah akut, mengobati muntah busa, diare, infeksi pencernaan, mencegah mabuk dan mengobati stres.

Cara pemberian obat muntah, disesuaikan dengan berat badan kucing. Pemberiannya langsung diteteskan ke dalam mulut.

  • Kucing besar (berat 2-4 kg) = 10-12 tetes 3 kali sehari 1 jam sebelum makan
  • Jenis kucing sedang (berat 1-2 kg) = 8-10 tetes 3 kali sehari 1 jam sebelum makan
  • Kucing kecil kitten (400 gram – 1 kg) = 6-8 tetes 3 kali sehari 1 jam sebelum makan

5. Obat Kucing Pilek atau Flu Alami

Nah, kalau penyakit kucing pilek atau flu, Anda bisa mengobatinya secara alami. Jadi, dia tidak perlu diberi obat, tapi sudah sembuh sendiri.

1. Jemur

Kucing dijemur setiap pagi sekitar jam 08.00 – 09.00. Lama penjemuran sekitar 10-15 menit.

2. Madu

Obat paling ampuh segala penyakit adalah madu. Pemberiannya sedikit saja dalam 1×4 jam. Anda bisa memberikan madu pada kucing melalui air minum.

3. Cuka Apel

Tidak hanya madu, cuka apel juga bagus untuk menstabilkan pH tubuh yang sedang sakit. Cara pemberiannya cukup campur setengah sendok teh cuka apel ke makanan basah atau minuman.

4. Bersihkan Ingus di Hidung

Tahukah Anda untuk mengobati kucing pilek, Anda harus sering-sering membersihkan ingus kucing. Soalnya, di dalam ingus terdapat kuman dan bakteri yang menjadikan flu semakin parah.

Cara membersihkannya cukup basuh area lubang hidung dengan cotton buds. Sebelumnya celup dulu cotton buds di air hangat. Meski teorinya mudah, mungkin prakteknya akan sulit, tapi Anda harus bersabar dan berhati-hati.

5. Air Gula Merah

Biasanya kucing yang sakit tidak mau makan. Mungkin nafsu makannya menurun. Nah, untuk mengatasinya Anda dapat memberikan air gula merah setiap 2 jam sekali.

6. Kucing Tidak Mandi

Saat sedang flu dan pilek, kucing tidak perlu dimandikan. Kalau tubuhnya kotor sekali, Anda cukup mengelapnya dengan kain yang sudah dibasahi air hangat.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa obat kucing mencret, muntah, dan pilek. Kami menambahkan beberapa penyakit lain yang berhubungan dengan pup kucing agar Anda lebih mudah menyembuhkannya.

Nanti bila pengobatan kucing secara mandiri belum berhasil, coba Anda bawa ke dokter hewan atau klinik hewan. Sebab, kita tidak tahu seberapa parah penyakitnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • air gula untuk kucing
  • apakah gula merah aman untuk kucing
  • gula merah buat kucing mencret
error: Dilarang Copy Paste!!