5 Pakan Burung Hantu Sesuai Jenisnya

Burungnya.com – Dulu kami pernah membahas makanan burung Hantu berdasarkan ukuran tubuhnya. Sekarang, mari memberikan pakan burung Hantu sesuai dengan jenisnya. Burung yang kami sebutkan nanti mungkin tidak menyeluruh. Jadi, cuma beberapa jenis burung Hantu saja.

Burung ini dikenal sebagai predator di alam liar. Waktu berburu mangsa sering kali dilakukan malam hari. Sehingga, penglihatan mereka sangat tajam. Makanan yang disukai burung Hantu tentu saja hewan yang lebih kecil darinya dan hidup di permukaan tanah.

Pasalnya, burung Hantu berburu dari dahan pohon kemudian terbang menukik untuk memakan mangsa di tanah. Apa saja hewan yang hidup di tanah? Tentu saja banyak, tetapi kami akan menyebutkan makanan yang familiar dan mudah didapat sehingga Anda bisa memberikan pakan tersebut tanpa harus berburu di alam.

Pakan Burung Hantu sesuai Jenisnya (flickr.com)
Pakan Burung Hantu sesuai Jenisnya (flickr.com)

Pakan Burung Hantu Sesuai Jenisnya

Jenis pakan burung Hantu mungkin sama, tapi sebenarnya ada perbedaan sedikit pada setiap jenis burung Hantu. Ibarat manusia, mereka memiliki makanan favorit masing-masing sehingga bisa dibedakan sesuai dengan jenisnya.

1. Pakan Burung Hantu Celepuk Reban

Celepuk merupakan salah satu jenis burung Hantu yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Burung ini sering dipelihara oleh masyarakat di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, hingga Kalimantan.

Burung Hantu Celepuk Reban mempunyai ukuran tubuh yang kecil. Bahkan, Celepuk masuk daftar burung Hantu terkecil di dunia. Untuk makanan, burung ini sangat suka dengan tikus kecil atau anak tikus.

2. Pakan Burung Hantu Buffy Fish Owl

Berbeda dengan Celepuk, burung Hantu Buffy Fish Owl lebih suka makanan yang hidup di air. Apa saja pakan yang bagus untuk burung Hantu tersebut? Ternyata pakan burung ini di antaranya ikan kecil, ikan lele, ikan yang lain, tikus putih, anak ayam, dan anakan burung.

Apabila Anda seorang pekerja yang sibuk, Anda dapat memberikan ikan lele atau tikus putih. Kedua jenis pakan ini mudah didapat di kios-kios hewan peliharaan atau pasar tradisional. Namun ingat berikan pakan tersebut dalam kondisi hidup dan segar.

3. Pakan Burung Oriental Bay Owl

Saat malam hari, mungkin Anda akan ketakutan melihat burung Hantu Oriental Bay Owl. Pasalnya, burung ini memiliki kelopak mata merah yang cukup menakutkan. Makanan burung Hantu ini biasanya serangga kecil, jangkrik, belalang, tikus kecil, dan anak tikus.

4. Pakan Burung Hantu Salju

Dilihat dari namanya, sudah kelihatan bahwa burung Hantu ini sulit ditemukan di Indonesia. Sebab, burung Hantu Salju lebih sering hidup di daerah bersalju yang dingin. Rata-rata tubuhnya besar dengan bulu tebal sehingga dia tidak akan kedinginan.

Loading...

Kalau di alam, burung Hantu Salju sering makan ikan. Namun, orang yang memelihara burung ini juga memberikan selingan makanan berupa anak tikus, hingga anak burung.

5. Pakan Burung Hantu Spotted Wood Owl

Hampir sama dengan yang lain, burung Hantu Spotted Wood Owl ternyata juga suka dengan tikus putih. Seperti tikus sudah menjadi makanan favorit semua jenis burung Hantu. Meski begitu, ada juga burung Hantu yang lebih menyukai ikan segar.

Baca juga:

Cara Memberikan Makanan Burung Hantu

Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa pakan burung Hantu rata-rata tikus kecil, anak burung, dan ikan segar. Nah, sekarang bagaimana cara memberikan makanan tersebut ke burung kesayangan?

Untuk burung dewasa, Anda bisa memberikan dalam kondisi utuh dan hidup. Biarkan hewan yang diumpankan sedikit berkeliaran atau berlarian. Dengan begitu, burung Hantu akan belajar berburu mangsa seperti di alam.

Kalau tidak ingin pakannya kabur, Anda bisa mengikat kakinya sehingga dia cuma bisa lari-lari di sekitar burung Hantu.

Untuk burung kecil atau anakan, pemberian makanannya berbeda. Anda harus memotong kecil-kecil dagingnya. Selain itu, kalau bisa pisahkan antara tulang dan daging. Namun, perlu diingat dagingnya harus segar dan masih berdarah.

Agar lebih mudah, kami akan menjelaskan dalam poin-poin singkat.

  • Pakan masih hidup dan utuh.
  • Biarkan pakan berlarian.
  • Ikat bagian tubuh pakan dengan tali.
  • Potong kecil dagingnya.
  • Pisahkan tulang dan daging.
  • Sajikan daging segar dan berdarah.
  • Jangan lupa diberi air minum.

Kesimpulan

Demikian beberapa menu pakan burung Hantu sesuai dengan jenisnya. Anda bisa memberikan pakan tersebut setiap hari dengan jumlah tertentu.

Pemberian pakan tergantung dari usia burung atau ukuran tubuh burung. Untuk burung besar dan sudah dewasa, berikan pakan dalam keadaan hidup. Kalau burung masih anakan, maka berikan potongan daging kecil saja.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • gir vederal yang cocok untuk burunag hantu

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!