Pakan Burung Kenari Untuk Ternak, Khusus Indukan dan Anakan

Burungnya.com – Makanan burung Kenari sangat penting diberikan sejak dini. Oleh karena itu, di masa pertumbuhan awal, Anda harus memberikan pakan Kenari terbaik.

Tujuannya agar piyikan Kenari bisa tumbuh kembang dengan baik. Selain itu, anakan burung Kenari menjadi lebih sehat dan mewarisi kualitas suara yang sama dengan indukannya.

Kandungan gizi pada pakan saat ternak burung Kenari harus diperhatikan. Jangan samakan dengan makanan sehari-hari. Soalnya, anakan butuh asupan gizi lebih banyak dibandingkan burung dewasa.

Kondisi kesehatan anakan Kenari biasanya masih lemah. Bila Anda tidak memberikan makanan Kenari terbaik, nanti dia bisa jatuh sakit dan akhirnya tidak dapat bertahan hidup.

Baca juga: Cara Ternak Kenari Agar Hasil Anakan Jantan, Kawinkan Sore Hari

Pakan Burung Kenari Ternak

Sekarang sudah banyak sekali produk pakan Kenari khusus ternak. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot meracik makanan sendiri. Cukup beli pakan Kenari ternak di marketplace, makanan akan diantar ke rumah Anda.

Masalahnya, ada kicau mania yang kurang puas dengan makanan kemasan. Sehingga mereka lebih memilih untuk meracik sendiri makanan burung Kenari agar hasilnya maksimal.

Makanan untuk Ternak Kenari (omlet.us)
Makanan untuk Ternak Kenari (omlet.us)

1. Kenari Kawin

Makanan Kenari Ternak

Ketika Kenari dikawinkan, makanan yang harus diberikan adalah telur puyuh dan biji-bijian kemudian dicampur minyak gandum. Mengapa dipilih pakan seperti ini?

Alasannya telur puyuh, biji canary seed, dan minyak gandum dapat merangsang birahi indukan Kenari agar cepat kawin.

Minuman Kenari Ternak

Kalau minuman, Anda dapat memberikan air putih biasa yang dicampur Calvit. Di dalam Calvit ada kandungan kalsium dan vitamin.

Alasan minuman dicampur Calvit supaya calon anakan Kenari nanti bisa kuat bertahan hidup sampai dewasa. Selain itu, vitamin ini juga bisa menambah tingkat kesuburan indukan Kenari jantan dan betina.

Baca juga: Tips Ternak Burung Kenari dari Penjodohan Sampai Menetas

2. Burung Kenari Bertelur

Saat indukan betina bertelur, makanan yang diberikan biasanya tulang sotong, pasir halus, hingga serbuk bata merah. Tujuannya agar cangkang telur nanti lebih kuat dan tidak mudah pecah.

Di samping itu, untuk menghindari adanya telur yang kosong atau kopong. Sehingga semua telur ada janinnya.

Sebagai pendamping, Anda juga harus menyediakan sayuran setiap hari. Pakan biji-bijian juga masih diberikan didampingi sayur dan tulang sotong, pasir halus, serta bata merah.

3. Kenari Mengerami Telur

Proses mengeram sebenarnya butuh energi yang besar. Sebagian peternak Kenari justru menganggap bahwa pengeraman dianggap sedang beristirahat.

Padahal energi yang dibutuhkan indukan untuk mengerami telur sangat besar. Jadi, Anda jangan memberikan biji-bijian saja. Sebaiknya tambahkan telur rebus 2 hari sekali, sayur, dan pakan extra fooding.

Seperti halnya ibu yang sedang menyusui. Energinya terkuras karena diminum oleh anak. Sehingga ibu mudah sekali lelah dan lemas. Begitu juga dengan indukan Kenari betina.

Loading...

4. Anakan Kenari Menetas

Indukan Kenari dengan sigap akan meloloh anakannya mulai usia 1-5 hari. Kadang bisa lebih lama lagi tergantung indukan dan anakannya.

Nah, saat proses ini berlangsung, berikan pakan berupa telur rebus, cede putih atau organik, dan sayur pada indukan.

Berikan kehangatan pula di dalam sangkar, agar anakan burung Kenari tidak kedinginan. Jadi, indukan bisa lebih fokus meloloh makanan.

Baca juga: 17 Cara Ternak Kenari Untuk Pemula Paling Lengkap dan Benar

5. Anakan Kenari Usia 5-30 Hari

Biasanya indukan Kenari masih terus diberi telur rebus dan sayur. Anakan Kenari juga harus diberi asupan nutrisi yang bagus.

Pada awal pertumbuhan di hari ke-5 sampai 30 hari, Kenari akan mengalami fase pertumbuhan tercepat. Sehingga makanan yang diberikan harus berkualitas.

Pakan Ternak Burung Kenari (wallpaperbetter.com)
Pakan Ternak Burung Kenari (wallpaperbetter.com)

6. Usia Anakan Kenari Lebih 30 Hari

Kalau anakan Kenari usianya sudah lebih dari 30 hari, rata-rata dia sudah belajar terbang dan mematuk makanan yang lunak.

Anda bisa memberikan anakan Kenari berupa telur rebus, bijian, dan sayur. Indukan betina dipisah dari anakan dan diistirahatkan selama 1 minggu.

Kalau indukan kondisi tubuhnya sudah bugar kembali, persiapkan untuk ternak selanjutnya. Anda bisa menggunakan indukan pejantan yang sama atau ganti yang lebih bagus dari sebelumnya.

7. Racikan Pakan Kenari Ternak

Bahan-bahan:

  • 1 kg Canary seed
  • 1/4 kg Biji kunyit
  • 1/4 kg Milet putih
  • 1/2 kg Biji sawi
  • 1 ons Niger seed

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan sampai merata di dalam sebuah wadah besar.
  2. Aduk-aduk menggunakan tangan dari bawah sampai ke atas.
  3. Berikan makanan ternak ini pada indukan Kenari.
  4. Pakan ternak Kenari ini dapat disimpan bila jumlah burung tidak terlalu banyak.

Baca juga: 8 Cara Ternak Burung Kenari di Kandang Gantung dan Kisah Sukses

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan terbaik untuk ternak burung Kenari. Dari sisi harga, tentu saja makanan tadi tergolong murah. Sebab, Anda bisa mendapatkan seluruh makanan Kenari di dapur rumah Anda.

Biasanya yang tidak ada cuma biji-bijian saja. Anda bisa membeli pakan biji-bijian di kios burung atau pasar burung. Pilih biji-bijian yang kiloan saja agar lebih murah.

Jika Anda membeli pakan kemasan biasanya lebih mahal sedikit. Sebab, biji-bijian kemasan biasanya sudah dicampur ramuan lain dan biaya pengemasan juga tidak murah.

Jadi, kalau mau hemat, pilih makanan Kenari kiloan dan campur sendiri di rumah. Kalau perlu, bersihkan dulu biji-bijian tersebut kemudian dijemur di bawah sinar matahari. Setelah itu, baru berikan pakan ke burung Kenari ternak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • biji kenari yang cocok untuk indukan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!