Makanan Burung Lovebird (youtube.com)

20 Pakan Burung Lovebird agar Rajin Bunyi dan Gacor

Burungnya.com – Beberapa jenis pakan burung Lovebird bisa membuatnya rajin bunyi dan gacor. Hal ini sudah terbukti, apalagi kalau beberapa biji-bijian pakan Lovebird dicampur jadi satu, pasti hasilnya lebih bagus.

Kami tidak membahas tentang campuran pakan Lovebird, tapi lebih terfokus pada berbagai pakan burung Lovebird. Dengan begitu, Anda memiliki variasi pemilihan jenis pakan agar Lovebird tidak bosan.

Kasihan kalau Lovebird hanya diberi makanan milet putih saja. Tentu, efeknya standar saja, burung cuma merasa kenyang tanpa adanya peningkatan performa. Kalaupun ada, biasanya burung Lovebird merupakan trah jawara dan telah menjalani latihan yang rutin.

Pakan Burung Lovebird (calgarypetvet.com)
Pakan Burung Lovebird (calgarypetvet.com)

Jadi, bisa dikatakan bahwa pemilihan pakan burung Lovebird sangat penting. Kami sudah mengumpulkan berbagai jenis makanan, sehingga Anda tinggal membeli dan memberikannya ke Lovebird kesayangan. Berikut beberapa pakan burung Lovebird:

1. Milet Putih

Semua sudah mengetahui bahwa milet putih merupakan makanan utama burung Lovebird. Pakan harian burung ini biasanya milet putih saja. Kalau mau lebih bagus perfomanya dan rajin bunyi, biasanya milet putih dicampur jenis bijian yang lain.

2. Gabah Merah

Manfaat gabah merah untuk Lovebird sangat banyak, seperti menurunkan birahi Lovebird, mengatasi Lovebird yang nakal, mengatasi suara Lovebird ngerebet, mengatasi Lovebird nabrak jeruji, sumber energi Lovebird, dan lain sebagainya.

3. Canary Seed

Pakan burung Lovebird ini mengandung banyak protein, lemak, dan hidrat arang. Semua bahan di dalam Canary seed dapat membuat tubuh Lovebird menjadi segar, stamina lebih kuat, mengatasi Lovebird serak, dan mengatasi Lovebird macet bunyi.

4. Biji Kuaci

Makanan ini sering disebut biji bunga matahari. Pemberian kuaci dapat meningkatkan birahi Lovebird. Efek makan kuaci dapat menjadikan Lovebird naik birahi. Pakan ini cocok untuk Lovebird yang kurang birahi dan mau kawin.

5. Haver

Mungkin Anda jarang mendengar nama haver untuk pakan Lovebird. Soalnya pakan ini juga sering disebut sebagai biji oat. Apa manfaatnya? Manfaat haver untuk membuat perkembangan anakan Lovebird lebih cepat.

6. Jagung Muda

Makanan Lovebird yang sering diberikan adalah jagung muda. Manfaat jagung untuk menstabilkan birahi dan menaikkan birahi tapi tidak sampai over birahi.

7. Jagung Manis

Saat ingin meningkatkan kekebalan badan Lovebird, Anda bisa memberikan jagung manis. Selain untuk meningkatkan kekebalan, jagung manis juga bisa menguatkan otot, dan menjaga kesehatan mata Lovebird. Manfaat baik ini didapat dari kandungan jagung manis berupa vitamin B, vitamin C, folat, beta karoten, dan crypthoxanthin.

8. Tulang Sotong

Biasanya tulang sotong untuk pakan extra fooding burung Perkutut. Namun, ternyata burung Lovebird juga perlu mengonsumsi tulang sotong. Mengapa demikian, pasalnya di dalam tulang sotong terkandung kalsium tinggi yang baik untuk perkembangan burung. Tak hanya itu, tulang sotong juga mengandung garam magnesium, klorida, kalsium karbonat, dan kalsium fosfat.

9. Kulit Telur atau Cangkang Telur Ayam

Pemberian cangkang telur dapat membentuk tulang dan paruh Lovebird agar tumbuh normal dan kuat. Lebih cocok cangkang telur ayam ini diberikan pada Lovebird yang sedang bertelur atau mengerami telur.

10. Telur Rebus

Berbagai jenis telur rebus dapat diberikan ke burung Lovebird. Manfaatnya menjadikan suara Lovebird gacor dan menambahkan durasi. Anda pasti sudah tahu bahwa Lovebird tidak makan serangga, sehingga kebutuhan proteinnya diganti dengan telur rebus.

Loading...
Makanan Lovebird (birdeden.com)
Makanan Lovebird (birdeden.com)

11. Juwawut

Pakan ini sering diberikan ke Lovebird ternak. Sebab, kandungan pada juwawut cukup membantu menguatkan cangkang telur. Kandungan di dalam juwawut adalah protein dan zat kapur.

12. Apel Merah

Tahukah Anda, kandungan apel merah cukup banyak, seperti vitamin B, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Jadi, bisa dipastikan bahwa buah apel ini dapat meningkatkan stamina Lovebird dan mengembalikan tubuh Lovebird yang loyo setelah lomba.

13. Anggur Merah

Kandungan anggur merah salah satunya resveratrol. Senyawa ini merupakan antioksidan polifenol dan lebih banyak ditemukan pada kulitnya. Sehingga jangan membuang kulit anggur merah dan berikan utuh saja.

14. Pepaya

Buah pepaya mentah dapat dijadikan jamu Lovebird ngekek panjang. Racikan ini pernah viral dan terkenal dengan nama Jamu Tetes Joss. Bahan-bahannya seperti pepaya mentah, jahe, kunyit, bawang putih, dan madu.

15. Daun Ginseng Jawa

Burung Lovebird Kusumo sering mengonsumsi daun ginseng jawa agar kuat main berkali-kali. Ternyata manfaat daun ginseng untuk Lovebird adalah mendongkrak stamina Lovebird, sebagai daya tahan tubuh, birahi stabil, tambah energi, dan mengatasi burung stres.

16. Kangkung

Salah satu pakan extra fooding (EF) Lovebird adalah daun kangkung dan batang kangkung. Sayur ini dijadikan pakan EF karena dapat mendongkrak birahi Lovebird. Jadi, saat Lovebird kurang birahi, berikan batang kangkung atau daun kangkung.

17. Sawi Putih

Fungsi sawi putih untuk menambah serat, sumber berbagai jenis vitamin, dan sumber kalsium. Sawi putih ini bisa menstabilkan Lovebird yang birahi.

18. Wortel

Sayuran wortel dikenal sebagai makanan kesukaan kelinci. Ternyata burung Lovebird juga suka memakan wortel. Manfaat wortel dapat membuat bulu burung lebih indah, menjaga kesehatan mata burung, jaga kesehata organ dalam tubuh, dan mampu bersihkan racun.

19. Daun Krokot

Tumbuhan krokot tumbuh liar di pekarangan. Anda bisa mendapatkan daun krokot dengan mudah, terutama yang tinggal di pedesaan. Daun ini bisa mendongkrak durasi kerja Lovebird di lapangan dan meningkatkan volume suara Lovebird. Di samping itu, kerja Lovebird akan lebih ngedur serta tahan lama.

20. Daun Bayam

Selain daun krokot, daun bayam juga bisa menjadikan Lovebird Kusumo tidak mudah lelah. Lovebird Kusumo jadi kuat main di beberapa kelas sekaligus. Manfaat lain daun bayam untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan kinerja otak, dan memperkuat tulang dan sendi.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis pakan burung Lovebird agar rajin bunyi dan gacor. Makanan burung ini sangat bervariasi sehingga Lovebird tidak akan mudah bosan. Pastikan asupan yang masuk ke tubuh Lovebird selalu makanan bergizi.

Buat racikan pakan sendiri boleh-boleh saja asalkan sudah mengetahui baik buruknya. Jika asal memberikan racikan atau setingan Lovebird, maka burung tersebut bisa mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • ciri pleci betina mau bertelur
  • apa boleh kutilang dikasih tulang sotong
  • jenis pakan burung labet putih
  • labet birahi yang baik di kadih pakan apa
  • Nama nama pakan burung lovebird
  • Nama yang baik untuk pakan makan love bird

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!