21 Pakan Burung Perkutut Alami dan Pabrikan

Burungnya.com – Jenis pakan burung Perkutut sangat bervariasi. Dari semua jenis pakan tersebut, yang paling disukai Perkutut adalah biji-bijian. Tak heran, kebanyakan Perkutut sering diberi makan milet, ketan hitam, beras merah, gabah, kacang hijau, dan lain-lain.

Nah, pakan Perkutut yang berbentuk biji-bijian ini termasukan makanan alami karena berasal dari alam. Ada juga pakan jenis lain yang dibuat oleh pabrik, sehingga banyak yang menyebutnya pakan pabrikan. Anda bisa mencampur antara pakan alami dan pabrikan atau diselang-seling dengan pakan pabrikan agar Perkutut tidak bosan.

Jenis Pakan Perkutut Alami

1. Milet

Biji milet termasuk pakan Perkutut alami karena berasal dari tumbuh-tumbuhan. Milet juga bisa menambah energi sehingga dapat membantu Perkutut yang mengalami kegemukan atau obesitas. Kalau Perkutut sendiri, dia sering memakan milet putih campur milet merah.

2. Ketan Hitam

Perkutut di musim hujan sangat bagus mengonsumsi biji ketan hitam. Alasannya karena ketan hitam dapat menghangatkan tubuh. Namun, ada yang bilang Perkutut tidak menyukai ketan hitam. Benarkah demikian?

3. Jewawut

Bicara tentang jewawut atau juwawut, pakan ini mirip dengan milet, tapi warnanya orange dan sedikit lebih kasar. Pakan jewawut sangat bagus untuk indukan burung Perkutut, terutama saat Perkutut mengerami telurnya.

4. Beras Merah

Saat Perkutut kawin, terkadang ada yang kurang birahi. Jika burung kurang birahi biasanya proses kawin akan memakan waktu lama. Namun, bila kedua indukan burung sama-sama birahi, mereka akan kawin dengan cepat. Nah, salah satu cara untuk mempercepat burung birahi saat kawin bisa menggunakan beras merah. Pakan ini mengandung vitamin E dan vitamin B kompleks.

5. Kacang Hijau

Dibandingkan yang lain, mungkin kacang hijau termasuk biji yang memiliki ukuran cukup besar. Biasanya kacang hijau diberikan untuk menambah stamina dan membuat Perkutut gacor. Pemberian kacang hijau tidak dalam jumlah banyak melainkan 1-3 butir per hari dengan cara diloloh. Sebelum diberikan, usahakan kacang hijau sudah direbus agar teksturnya lunak.

6. Sorgum

Beberapa dari Anda mungkin tidak pernah memberikan sorgum pada Perkutut. Sebab, pakan ini memang jarang diberikan ke burung Perkutut. Meski begitu, sorgum dipercaya dapat menambah tenaga burung dengan cepat. Sayangnya, pemberian sorgum jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan kegemukan.

7. Gabah

Makanan selingan Perkutut yang cukup digemari adalah gabah. Pakan ini mudah didapat di kios-kios kecil sampai besar. Pakan gabah tidak akan membuat Perkutut obesitas karena di dalamnya terdapat kandungan serat yang tinggi.

8. Kencur

Sudah banyak yang percaya bahwa kencur sangat bagus untuk kesehatan burung. Kencur bisa melegakan tenggorokan Perkutut, menjaga pita suara Perkutut, serta melancarkan pencernaan burung. Cara memberikan kencur ke burung Perkutut bisa dilakukan dengan memotong kencur kecil-kecil dan dilolohkan ke paruh 3 hari sekali.

9. Enceng-enceng

Perlu Anda ketahui, yang dimaksud enceng-enceng bukan tanaman enceng gondok. Enceng-enceng memiliki nama lain, yaitu orok-orok serta kartok. Tumbuhan ini sering dimanfaatkan bagian daunnya, tapi Perkutut lebih suka bijinya. Manfaat biji enceng-enceng untuk melancarkan pernapasan dan menghangatkan tubuh saat hujan.

10. Canary seed

Banyak burung yang suka makan canary seed. Walau bukan burung Kenari, ternyata jenis burung lain juga menyukai canary seed termasuk burung Perkutut. Biji ini mengandung protein, lemak, dan hidrat arang yang dapat menambah stamina, menyegarkan tubuh, dan mengatasi suara serak.

Loading...

11. Godem

Jika sudah pernah melihat jewawut, pasti Anda sudah tak asing dengan godem. Kedua tumbuhan ini hampir sama, tapi kulit godem lebih hitam dan mengilat. Manfaat godem untuk Perkutut dapat membuatnya rajin bunyi, rajin manggung, gacor, dan menghangatkan tubuh. Pemberian godem terlalu banyak diperkirakan bisa merusak suara Perkutut.

12. Biji Sawi

Perkutut yang kedinginan karena cuaca atau udara bisa diberi biji sawi. Kandungan biji sawi di antaranya protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalsium dan lain-lain. Manfaat biji sawi dapat menghangatkan tubuh Perkutut.

13. Tulang Sotong

Pakan extra fooding untuk Perkutut salah satu satunya adalah tulang sotong atau asinan. Kalsium di dalam tulang sotong sangat tinggi sehingga bagus untuk pencernaan, indukan Perkutut, dan lain-lain. Cara memberikan tulang sotong dihancurkan dulu atau digantung di dinding sangkar.

Jenis Pakan Burung Perkutut (diamonddove.info)
Jenis Pakan Burung Perkutut (diamonddove.info)

Jenis Pakan Perkutut Pabrikan

  1. Minyak Ikan
  2. Fancy Bird Food
  3. Gold Coin Perkutut Royal
  4. Fancy Love & Care Perkutut
  5. Alam Sakti Perkutut Plus
  6. Sae Kong
  7. Platonic Pakan Perkutut
  8. Madura Koung

Kesimpulan

Demikian beberapa pakan burung Perkutut alami dan pabrikan. Untuk pakan pabrikan rata-rata berbentuk voer. Sekarang tergantung Anda sendiri mau memberikan pakan alami atau pakan pabrikan. Namun, bila kami diminta untuk memilih tentu saja kami memilih pakan alami untuk Perkutut.

Baca juga:

Alasannya pakan alami tanpa efek samping, bergizi, dan murah. Anda bisa beli pakan tadi di kios burung atau pasar burung secara kiloan. Sudah pasti harganya lebih murah. Bahkan, Anda bebas mau mencampur sendiri berbagai jenis biji-bijian yang bagus untuk Perkutut.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Voer untuk perkutut
  • Voer buat perkutut
  • voer campur milet untuk perkutut

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!