8 Pasar Burung Paling Terkenal di Indonesia

8 Pasar Burung Paling Terkenal di Indonesia

Burungnya.com – Sedikitnya terdapat 1.771 jenis burung di Indonesia. Tak heran, banyak sekali masyarakat di Tanah Air yang gemar memelihara burung kicauan. Sebagian dari mereka membeli burung di pasar burung terkenal di Indonesia, tetapi ada juga yang langsung mengambil dari penangkaran.

Saat ini hampir setiap pria di Indonesia memelihara burung di rumah. Tidak mengenal dari kalangan menengah ke atas atau ke bawah, semuanya hobi merawat burung. Mungkin sebagian pria cuma memelihara burung untuk klangenan di rumah, tapi ada juga yang mengikutsertakan burung mereka di berbagai lomba.

Dari hobi burung para pria, pasar burung di Indonesia tak pernah sepi. Setiap hari ada saja yang membeli burung. Bahkan, sekarang para wanita hingga anak-anak juga turut serta memiliki hobi yang sama. Selain untuk menghilang stres, ternyata merawat burung dapat menghasilkan banyak uang.

Sukses di Dunia Burung

Sudah banyak kisah sukses para pengusaha yang berkecimpung di dunia burung, mulai dari peternak, kicau mania yang suka ikut lomba, penjual pakan serta sangkar burung, dan jual beli burung. Usaha mereka sebagian besar sukses, baik untuk sekadar usaha sampingan atau mata pencarian utama.

Tidak mengherankan, saat ini banyak orang mulai terjun ke dunia burung, bahkan para artis sekalipun. Dunia burung memang menjanjikan sehingga usaha yang digeluti karena hobi dapat berkembang dengan pesat.

Pasar Burung Terkenal di Indonesia

1. Pasar Burung Pramuka (Jakarta)

Pasar Burung Pramuka Jakarta (goldoriole.blogspot.com)
Pasar Burung Pramuka Jakarta (goldoriole.blogspot.com)

Kalau pasar burung Pramuka di kawasan Pramuka, Jakarta Timur, sudah pasti sangat lengkap jenis burungnya. Anda tinggal sebut jenis burung yang ingin dibeli, para pedagang akan menawarkan berbagai burung dengan harga yang cukup terjangkau.

Misal, Anda cuma ingin memelihara burung rumahan, maka pilih saja burung yang rajin bunyi dengan tingkat perawatan mudah. Kalau burung lomba, Anda juga bisa mencari burung ombyokan di pasar burung Pramuka atau dari penangkaran.

Oh iya, pasar burung Pramuka merupakan pasar burung tertua di Jakarta. Pasalnya, pasar ini sudah ada sejak tahun 1975. Selain itu, pasar Pramuka juga termasuk pasar burung terbesar di Indonesia.

2. Pasar Burung Bratang (Surabaya)

Warga Surabaya sudah hafal betul lokasi pasar burung Bratang, yaitu di jalan Bratang Binangun, Baratajaya. Perlu Anda ketahui, pasar burung ini sudah ada sejak tahun 1980. Sehingga beda tipis dengan pasar burung Pramuka di Jakarta. Kemungkinan, pasar burungn Bratang menjadi pasar burung tertua di Surabaya.

Pasar ini bersebelahan dengan pasar bunga, Anda dapat menemukan berbagai koleksi burung mulai dari yang murah sampai mahal. Selain itu, pasar burung Bratang juga menyediakan berbagai aksesoris burung mulai dari tempat pakan minum, tangkringan, mainan burung, sangkar hingga hiasan untuk burung.

3. Pasang Burung Bintang (Medan)

Lokasi pasar burung ini di jalan Bintang, sehingga dinamakan pasar burung Bintang. Ini adalah pasar burung favorit kicau mania dari seluruh penjuru Sumatera Utara.

Di pasar burung Bintang, Anda dapat menemukan berbagai jenis burung dari banyak daerah di Indonesia. Kisaran harganya cukup terjangkau. Harga burung di sana terbilang murah karena dengan mengeluarkan uang Rp 100 ribuan, Anda bisa membawa pulang burung sekalian sangkarnya.

4. Pasar Burung 16 Ilir (Palembang)

Jika Anda sedang berwisata ke kota Palembang, jangan pernah lupa singgah ke Pasar Burung 16 Ilir. Walaupun kondisi dan lokasinya cukup sederhana, pasar burung 16 Ilir merupakan titik pertemuan komunitas pecinta burung di Palembang.

Pasar burung 16 Ilir sendiri menawarkan banyak jenis burung dari berbagai daerah dengan harga yang cukup terjangkau. Orang-orang Palembang sering menghabiskan waktu di sana, terkadang bersama keluarga, tapi lebih sering dengan teman atau kerabat.

5. Pasar Burung Karimata (Semarang)

Kicau mania di Semarang pasti sudah sangat akrab dengan pasar burung Karimata. Lokasi pasar burung ini terletak di jalan Krakatau, Rejosari.

Pasar burung Karimata menjual beberapa jenis burung mulai dari burung populer di Indonesia hingga burung langka. Pasar yang buka mulai jam 06.00 pagi ini menjual burung dengan harga yang cukup terjangkau.

Loading...

6. Pasar Burung Toddopulli (Makasar)

Jika Anda sedang berada di Makasar, sekali-kali mampirlah ke daerah pasar hobi Toddopuli. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam burung yang cukup langka. Tak heran, para pecinta burung dari berbagai daerah sering berkunjung ke Pasar Toddopuli, terutama di akhir pekan.

Sama seperti yang lain, koleksi burung di pasar burung Toddopuli juga cukup beragam. Anda juga bisa membeli berbagai pernak-pernik aksesoris burung, mulai dari sangkar sampai makanan burung.

7. Pasar Burung Dongkelan (Yogyakarta)

Tahukah Anda, pasar burung Dongkelan merupakan hasil relokasi pasar burung Ngasem. Dulu pasar Ngasem merupakan pasar burung tertua di Yogyakarta atau bahkan Indonesia karena sudah ada sekitar tahun 1809.

Mungkin karena dekat dengan Keraton Yogyakarta yang berjarak sekitar 400 meter, akhirnya pasar burung Ngasem direlokasi ke pasar burung Dongkelan. Burung yang dijual masih sama karena pedagang cuma berpindah tempat saja. Jika Anda ingin mengunjungi pasar burung Dongkelan, alamatnya di jalan Bantuk KM 1.

8. Pasar Burung Splendid (Malang)

Pasar Burung Splendid Malang (travelingyuk.com)
Pasar Burung Splendid Malang (travelingyuk.com)

Kota Malang memiliki pasar burung yang terkenal yaitu pasar burung Splendid. Di sini tidak hanya menjual burung-burung saja, karena pasar Splendid tergabung dalam sekumpulan pasar, yakni pasar ikan dan pasar bunga.

Apabila ada anggota keluarga yang gemar memelihara ikan, bisa ke pasar ikan. Kemudian, para wanita yang suka bunga, bisa datang ke pasar bunga. Sementara, kaum pria dapat langsung menikmati kicauan burung di pasar burung.

Aksesoris hewan yang ditawarkan cukup lengkap, mulai dari sangkar, akuarium, pot bunga, dan lain-lain. Pasar Manuk Splendid berlokasi di jalan Brawijaya, kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen. Pasar ini terletak sekitar 150-200 meter ke arah barat dari Balaikota Malang atau Alun-alun Tung Malang. Di sebelah timur pasar ada Hotel Sahid Montana dan utaranya ada Masjid A. Yani.

Kesimpulan

Demikian beberapa daftar pasar burung paling terkenal di Indonesia. Apabila di daerah Anda ada pasar burung yang terkenal dan belum masuk dalam daftar tersebut, silakan komentar di bawah. Kami akan menambahkan pasar burung di kawasan Anda agar semakin terkenal di Indonesia.

Baca juga:

Sampai saat ini fungsi pasar burung memang menguntungkan untuk para pedagang dan kicau mania yang hendak membeli burung. Sehingga terjalin hubungan simbiosis mutualisme yang sangat kental antara kedua belah pihak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Pasar hewan terkenal indonesia

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!