5 Pasar Burung Terbesar di Indonesia yang Jual Burung Dilindungi

Burungnya.com – Kalau mau jual burung sebaiknya pilih burung yang tidak dilindungi. Sebab, burung dilindungi tidak boleh diperjualbelikan. Burung-burung seperti itu memang harus dilestarikan di alam, bukan dirawat dalam kandang.

Namun, masih ada saja beberapa oknum yang memperjualbelikan burung dilindungi, bahkan di pasar burung. Ada beberapa pasar burung terbesar di Indonesia yang terkenal memperjualbelikan burung dilindungi.

Kami mengetahui hal ini dari kanal Pandangan Jogja Kumparan. Mereka memberitakan Garda Animalia, organisasi pembela satwa liar.

Dari situ diketahui bahwa Garda Animalia berhasil mengungkap praktik perdagangan burung dilindungi secara ilegal di pasar burung tersebut. Tragisnya lagi, ada ribuan ekor burung dilindungi yang diperjualbelikan secara bebas.

Baca juga: 8 Pasar Burung Paling Terkenal di Indonesia

Memantau 42 Pasar Burung di Indonesia

Mereka sudah memantau sebanyak 42 pasar burung di Indonesia sejak tahun 2018 sampai Juni 2021. Kemudian dikerucutkan jadi lima pasar burung yang memperjualbelikan burung dilindungi terbesar di Indonesia.

Pasar Burung yang Jual Burung Dilindungi (noforeignlands.org)
Pasar Burung yang Jual Burung Dilindungi (noforeignlands.org)

Daftar Pasar Burung yang Jual Burung Dilindungi

1. Pasar Burung Sukahaji Bandung ditemukan 1.166 ekor burung dilindungi.

2. Pasar Burung Pramuka Jakarta Timur ditemukan 663 ekor burung dilindungi.

3. Pasar Burung Curug Tangerang ditemukan 429 ekor burung dilindungi.

4. Pasar Burung Cirebon Jawa Barat ditemukan 394 ekor burung dilindungi.

5. Pasar Burung Jatinegara Jakarta Timur ditemukan 329 ekor burung dilindungi.

Bayangkan di pasar burung terbesar dan terkenal di Indonesia, justru ditemukan banyak burung dilindungi. Sungguh miris, seharusnya burung dilindungi ya memang wajib dilindungi dan dilestarikan bukan diperjualbelikan.

Mungkin setelah burung tersebut punah, mereka baru sadar bahwa tindakan mereka sungguh tidak baik. Keuntungan yang didapat cuma habis dalam beberapa bulan, tapi kehidupan seekor burung tidak bisa diulang karena sudah punah.

Baca juga: Pasar Burung Dibubarkan karena Corona, Pedagang Disuruh Jualan Online

Loading...
Pasar Burung Terkenal di Indonesia (travelingyuk.com)
Pasar Burung Terkenal di Indonesia (travelingyuk.com)

Jenis Burung Dilindungi yang Paling Banyak Diperjualbelikan

  1. Gelatik Jawa 565 ekor.
  2. Tiong Emas 465 ekor.
  3. Jalak Blambangan 291 ekor.
  4. Cica daun besar 255 ekor.
  5. Curik Bali atau Jalak Bali 194 ekor.

Menurut Koordinator Pemantauan dan Perdagangan Satwa Garda Animalia, Robby Padma, perdagangan burung dilindungi sangat tinggi, bahkan banyak burung yang dijual secara terbuka.

Hal ini menunjukkan bahwa penegakan hukum dalam mencegah perdagangan burung dilindungi masih lemah.

“Aparat seolah menutup mata sehingga pasar-pasar burung masih dijejali dengan banyaknya satwa dilindungi yang seharusnya tidak boleh diperjualbelikan,” kata Robby Padma, seperti yang disadur dari Kumparan.com (14/9/2021).

Baca juga: 6 Taman Burung di Indonesia Paling Indah untuk Liburan

Pasar Burung Splendid Malang (travelingyuk.com)
Pasar Burung Splendid Malang (travelingyuk.com)

Dari sini seharusnya masyarakat ikut membantu pelestarian burung dilindungi dengan cara tidak membeli burung tersebut. Beli saja burung kicau lain yang tidak dilindungi.

Kalau tidak ada yang beli burung dilindungi, kemungkinan besar praktik jual beli burung dilindungi akan sirna dengan sendirinya.

Kesimpulan

Demikian beberapa pasar burung terbesar di Indonesia yang jual burung dilindungi secara ilegal. Banyak burung dilindungi dijual secara terbuka seperti jual burung tidak dilindungi.

Masyarakat dan penegak hukum harus saling bekerja sama agar praktik penjualan burung ilegal ini segera berhenti.

Masyarakat tidak perlu beli burung dilindungi. Sementara penegak hukum diminta lebih tegas dalam menindak pelaku perdagangan burung dilindungi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!