Murai Batu Birahi dan Ngelowo (singaporebirds.com)

Pembahasan Murai Batu Birahi dan Ngelowo

Burungnya.com – Banyak kicau mania kebingungan saat melihat Murai Batu birahi atau buka sayap. Sebagian orang menyebut Murai buka sayap dengan nama ngebatman atau ngelowo. Nah, ternyata masalah ini tidak sama sehingga cara mengatasinya berbeda.

Biasanya Murai Batu yang ngebatman atau ngelowo ada birahi tinggi, tapi ada juga yang tidak. Berdasarkan pengalaman para pecinta Murai Batu, burung yang ngelowo disebabkan karena tiga faktor sebagai berikut.

Penyebab Murai Batu Ngelowo

  • Murai Batu dalam kondisi birahi. Penyebabnya karena setingan EF atau Extra Fooding yang terlalu tinggi dan terlalu berlebihan. Murai biasanya langsung ngeruji, ngebatman, dan berkicau dengan gaya merayu atau suaranya kecil.
  • Burung Murai Batu terlalu sering diganggu dengan tangan atau terlalu jinak, sehingga burung semakin agresif. Burung seperti ini tidak rajin berkicau tapi cuma bergaya saja.
  • Murai Batu dalam keadaan tidak prima tubuhnya atau kurang sehat. Sehingga burung Murai selalu ngebatman untuk menakuti lawan agar tidak mendekat. Kebiasaan ngebatman ini terjadi sering dilakukan Murai Batu di dasar sangkar atau tangkringan.

Kondisi Murai Batu Over Birahi

  • Burung Murai Batu yang sedang over birahi akan cenderung agresif dan membuka sayap saat didekati sangkarnya.
  • Murai sering mematuk sesuatu di dalam sangkar.
  • Burung terlihat suka mematuki sayap dan ekornya sendiri.
  • Murai Batu suka bertempur dan ngeruji saat ditrek.
  • Kicau burung Murai Batu terdengar pelan dan sering terlihat sujud lalu tegak lagi tubuhnya.
Murai Batu Birahi dan Ngebatman (pinterest.com)
Murai Batu Birahi dan Ngebatman (pinterest.com)

Meski begitu Anda jangan salah persepsi. Sebab, sebagian kebiasaan tadi tidak selalu membuktikan bahwa burung Murai Batu sedang birahi. Ada juga kasus di mana Murai Batu terlalu jinak sehingga dia suka ngebatman dan mengepakkan sayapnya.

Loading...

Selain itu, ada juga Murai Batu yang karakternya galak. Saat diadu dengan burung lain, dia langsung menabrak jeruji sangkar sambil ngelowo. Burung Murai Batu seperti ini biasanya gacor dan mau bongkar isian di rumah, tapi saat dibawa ke lomba kurang maksimal.

Ada juga karakter Murai Batu yang bagus. Saat kondisi tubuhnya kurang fit, burung cenderung ngelowo. Kemudian ketika melihat burung lain, Murai Batu tersebut seperti kurang bergairah. Kalau Anda melihat Murai Batu seperti ini sebaiknya jangan dipaksa lomba.

Kesimpulan

Demikian beberapa penjelasan tentang Murai Batu birahi dan ngelowo. Jadi kesimpulannya tidak semua burung Murai yang ngelowo atau ngebatman artinya dia sedang birahi. Ada faktor lain yang juga menyebabkan munculnya kondisi tersebut.

Baca juga:

Contoh, Murai Batu terlalu jinak, karakternya galak, dan sedang dalam kondisi kurang fit. Burung-burung seperti ini sering kali ngebatman dan ngelowo walau tidak dalam keadaan over birahi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • www penyebab murai batu nglowo saat diadu

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!