Penelitian Mendengar Suara Burung Bikin Bahagia dan Sehat

Burungnya.com – Ternyata hobi kita sebagai kicau mania sangat positif, terutama untuk kesehatan. Ini diketahui dari salah satu hasil penelitian. Soalnya, sudah banyak sekali penelitian tentang mendengarkan suara burung bisa bikin bahagia dan sehat.

Anda mungkin pernah merasakan sendiri bahwa mendengarkan suara burung bisa menenangkan jiwa dan menentramkan hati. Pulang kerja lelah, di rumah disambut suara burung yang merdu, tentu rasa lelah akan hilang.

Begitu juga saat jalan-jalan pagi di taman, Anda pasti merasa nyaman saat mendengar suara burung yang berkicau saling bersahut-sahutan.

Penelitian Mendengar Suara Burung

Nah, setelah diteliti, ternyata memang benar efek mendengar suara burung memiliki dampak positif pada well-being.

Apa itu well-being?

Bagi yang belum tahu, well-being merupakan keadaan seseorang yang digambarkan mempunyai rasa bahagia, puas, tingkat stres rendah, kualitas hidup baik, serta sehat secara fisik dan mental.

Ini sudah diteliti oleh tim peneliti dari California Polytechnic State University. Mereka saat itu ingin meneliti peran burung kicau dan keuntungannya bagi kesehatan manusia.

Penelitian ini sudah dipublikasikan dalam Proceedings of the Royal Society B. Menurut salah satu peneliti yang bernama Danielle Ferraro, penelitian ini yang pertama secara eksperimental menggunakan suara burung.

Penelitian Dengar Suara Burung Bikin Bahagia dan Sehat (youtube.com)
Penelitian Dengar Suara Burung Bikin Bahagia dan Sehat (youtube.com)

Proses Penelitian

Dalam studi penelitian tersebut, pengeras suara disembunyikan di suatu tempat. Kemudian pengeras suara dimainkan untuk memutar suara burung kicau dari beragam kelompok burung.

Pemutaran suara ini berlokasi di jalan setapak Boulder Open Space dan Mountain Parks di Colorado.

Suara burung diputar beberapa saat, kemudian dimatikan. Orang yang lewat diwawancarai satu persatu. Sehingga bisa diketahui kalau orang yang dengar suara burung efeknya gimana dan orang yang tidak mendengar burung efeknya seperti apa.

Loading...

Hasil Penelitian

Dari wawancara tersebut diketahui orang yang mendengar suara burung mempunyai perasaan bahagia dan membuatnya merasa lebih baik.

“7-10 menit mendengar suara kicau meningkatkan kebahagiaan orang. Ini benar-benar menggarisbawahi betapa pentingnya pendengaran bagi kita dan mungkin hewan lain,” tambah Clinton Francis profesor biologi Politeknik California yang mengawasi penelitian tersebut, seperti yang disadur dari Kompas.com (22/12/2020).

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian penelitian mendengar suara burung bisa membuat bahagia dan sehat. Jadi dalam memelihara burung yang terpenting adalah mendengarkan suaranya.

Efek dengarkan suara burung sangat bagus bagi kejiwaan dan kesehatan. Kalau Anda memelihara burung untuk lomba, mungkin tidak akan merasakan hal tersebut.

Sebab, Anda akan pusing memikirkan setingan dan perawatannya. Apalagi jika burung yang dipelihara ternyata tidak bunyi di lomba, tentu malah bikin emosi.

Saran kami, pilih burung yang mudah gacor dan rajin bunyi setiap hari. Anda harus membeli burung yang sudah gacor dan tidak perlu diikutkan lomba.

Cukup dengarkan burung tersebut sendiri di rumah. Nikmati sendiri suaranya bersama keluarga. Sehingga Anda tidak pusing memikirkan setingan lomba lagi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!