Cara Mengatasi Cendet Mbagong (jalaksuren.net)

22 Penyebab, Cara Mengatasi, dan Terapi Cendet Mbagong

Burungnya.com – Biasanya di musim hujan seperti sekarang, burung Cendet sering mengembangkan bulu atau mbagong. Kira-kira, apa yang menyebabkan Cendet berperilaku seperti itu? Apakah benar penyebab bulunya mengembang gara-gara udara yang dingin?

Burung yang juga dinamakan Pentet ini memang selalu menarik perhatian. Terlebih burung ini memiliki sifat fighter yang selalu menjaga wilayah teritorialnya dari burung lain. Masalah dalam merawat Cendet juga sering muncul, mungkin karena sifat nakalnya yang berlebihan.

Salah satu masalah pada Cendet adalah bulu mengembang atau mbagong. Awalnya burung tenang seperti biasa, tetapi tiba-tiba burung jadi mbagong dan miyik. Apa penyebabnya dan mengapa Cendet bisa seperti itu?

Penyebab Cendet Mengembangkan Bulu

1. Pemberian Makanan

Tahukah Anda, pemberian makanan Cendet yang tidak teratur dapat membuat Cendet mengalami malnutrisi.

2. Standar Nutrisi Pakan

Tidak hanya faktor kerutinan dalam memberikan pakan, standar nutrisi pakan pada Cendet yang kurang juga bisa membuatnya mengalami defisiensi vitamin dan defisiensi mineral tertentu.

3. Pakan Monoton

Burung Cendet di alam liar selalu memakan hewan-hewan kecil seperti kadal, jangkrik, ular, ikan kecil, tikus, burung kecil, dan lain sebagainya. Sementara, kalau di rumah, pemiliknya cuma memberinya makan berupa pakan kering seperti voer saja.

Untuk pakan hidup, sepertinya cuma beberapa ekor jangkrik dan kroto saja. Burung Cendet jadi kekurangan asupan protein, sehingga bulunya mengembang atau mbagong.

4. Cendet Manja

Mungkin banyak di antara Anda yang beranggapan bahwa Cendet mengembangkan bulu karena manja. Nah, penyebab dari sifat manja ini karena pemilik sering memberikan makanan langsung menggunakan tangan. Burung menjadi malas makan sendiri dan naluri berburunya pasti akan menurun.

Cendet Mengembangkan Bulu atau Mbagong (daylikutu.blogspot.com)
Cendet Mengembangkan Bulu atau Mbagong (daylikutu.blogspot.com)

Cara Mengatasi Cendet Mengembangkan Bulu atau Mbagong

1. Makan Sendiri

Pemberian pakan dengan tangan atau diloloh harus segera dihentikan. Biarkan burung Cendet makan sendiri di cepuk.

2. Pemberian Pakan Teratur

Untuk pemberian pakan ke burung Cendet, seharusnya pagi dan sore. Pemberian makanan ini harus teratur dan dalam porsi yang sama. Misalnya, Anda memberikan 5 ekor jangkrik di pagi hari dan 5 ekor jangkrik di sore hari, maka setiap hari porsi dan waktunya harus sama.

3. Mandi dan Jemur

Burung dimandikan setiap pagi dan dijemur maksimal 3 jam mulai jam 06.00 – 09.00 pagi.

4. Burung Dikerodong

Setelah proses jemur, burung Cendet diangin-anginkan sebentar. Apabila sudah menjelang siang, burung dimasukkan ke rumah dan dikerodong. Biarkan pengerodongan sampai sore, kemudian dibuka kerodongnya untuk makan sore. Malamnya, burung dikerodong lagi.

Loading...

5. Jangan Digoda

Hindari menggoda burung Cendet menggunakan tangan agar mau berkicau. Burung harus dibiasakan berkicau sendiri atau dilatih berkicau memakai masteran. Jika Cendet sering digoda, biasanya burung menjadi manja.

6. Pakan EF di Cepuk

Berikan pakan Extra Fooding atau EF melalui cepuk. Tujuannya agar burung terbiasa makan sendiri dan tidak manja.

7. Dikasih Untulan

Cendet termasuk burung teritorial yang selalu mempertahankan wilayahnya. Jadi, coba berikan untulan burung kecil seperti Emprit, burung Gereja, atau burung kecil lainnya agar naluri berburunya meningkat.

8. Terapi Kejut

Sesekali burung Cendet harus diberi terapi kejut seperti kandang digebrak atau dimandikan hingga basah kuyup, agar burung tidak manja dan semakin fighter. Burung yang diperlakukan terlalu baik, terkadang mentalnya malah menurun.

Terapi Untuk Menghilangkan Cendet Mbagong

Kondisi mbagong pada Cendet juga dapat dihilang dengan terapi air dingin. Jadi, burung dimandikan dengan air dingin. Pemandiannya melalui semprot agar tidak menyakiti tubuhnya.

  1. Siapkan semprotan atau sprayer.
  2. Isi semprotan dengan air dingin atau air es.
  3. Burung yang terlihat bermanja-manja atau meminta disuapi segera semprot dengan air dingin.
  4. Lakukan terapi air es saat burung Cendet terlihat manja saja.
  5. Terapi ini harus dilakukan berkelanjutan sampai sifat manjanya hilang.
  6. Apabila burung sudah trauma dan ketakutan, berarti terapi bisa dihentikan.
  7. Setelah itu, tingkatkan mental Cendet dengan cara dikerodong full dan ditempatkan di ruangan yang tenang.
  8. Jika burung sudah terlihat fighter, berikan pancingan berupa kadal kecil, cicak, hingga orong-orong yang masih hidup.
  9. Dengan begitu, sifat manja Cendet akan hilang dan burung menjadi lebih berani.
  10. Akhirnya bulu Cendet tidak akan mengembang lagi.

Kesimpulan

Demikian penyebab, cara mengatasi, dan terapi Cendet mbagong atau mengembangkan bulu. Penyebab lagi dari Cendet mbagong bisa juga karena burung sedang sakit atau bulunya terkena serangan kutu.

Baca juga:

Untuk menghindari hal tersebut, mandikan burung secara teratur dan bersihkan sangkar setiap hari. Anda juga harus mengganti pakan dan minumnya secara rutin agar burung selalu dalam kondisi prima.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • mengatasi cendet mbagong
  • cendet mbagong
  • cara mengatasi cendet mbagong
  • cara mengatasi cendet
  • Mengatasi cendet
  • cara mengatasi burung cendet mbagong
  • cara perawatan pentet anakan lagi ambrol miyik
  • cendet kembung
  • cara mengatasi burung cendet bagong kalau didekati orang
  • Cendet sering bagong

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!