42 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi Biar Gacor Lagi

Burungnya.com – Burung Kacer mempunyai suara yang merdu dan bervariasi. Namun, kalau sudah macet bunyi atau mogok bunyi, burung Kacer jadi kehilangan karismanya. Burung Kacer jadi pendiam dan tidak mau bunyi. Kalau sudah begini gimana cara mengatasi Kacer macet bunyi?

Sebelum membahas hal tersebut, ada baiknya Anda mengetahui apa saja penyebab burung Kacer macet bunyi. Biasanya burung yang macet bunyi disebabkan oleh birahi, tapi terkadang ada faktor lain seperti gangguan dari luar, terkena penyakit, kalah mental, hingga burung sedang stres.

Baca juga: Cara Membuat Kacer Buka Ekor atau Ngobra dalam Waktu Singkat

Sebenarnya tidak hanya itu saja, ada beberapa penyebab yang membuat Kacer macet bunyi dan diam tak mau berkicau. Kalaupun mau bunyi, suaranya tidak lantang dan terdengar pelan, bahkan tidak gacor sama sekali. Untuk lebih jelasnya silakan simak beberapa penyebab Kacer macet bunyi berikut.

Loading...
Penyebab Kacer Macet Bunyi (deskgram.org)
Penyebab Kacer Macet Bunyi (deskgram.org)

Penyebab Kacer Macet Bunyi

  1. Kacer sedang sakit.
  2. Burung Kacer sedang stres.
  3. Burung Kacer sakit tenggorokan.
  4. Burung Kacer suara serak.
  5. Kacer kurang nyaman dengan tempat baru.
  6. Kacer masih bakalan.
  7. Kacer giras atau galak.
  8. Kacer masih muda baru belajar berkicau.
  9. Burung Kacer sedang mabung.
  10. Mabung Kacer tidak selesai dengan sempurna.
  11. Burung Kacer akan masuk masa mabung atau ngurak.
  12. Kandang burung Kacer jatuh.
  13. Kacer diberi merek pakan baru.
  14. Burung Kacer over birahi.
  15. Kacer kurang birahi.
  16. Kacer sedang ngedrop.
  17. Kacer sering digantang dengan Kacer yang lebih fighter.
  18. Burung Kacer kurang fighter.
  19. Burung Kacer kalah mental.
  20. Kacer terkena kutu.
  21. Burung Kacer jarang diembunkan dan dijemur.
  22. Kacer takut dengan burung lain.
  23. Burung Kacer diganggu hewan lain.
  24. Cuaca sedang tidak bersahabat.
  25. Burung Kacer kehilangan sifat fighter.

Itu tadi penyebab yang kemungkinan membuat burung Kacer diam dan macet bunyi. Dalam hal ini Anda harus memastikan burung Kacer macet bunyi karena apa. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda bisa dengan mudah menyembuhkan burung Kacer yang macet bunyi.

Ada beberapa cara mengatasi burung Kacer yang sedang mogok bunyi, di antaranya dengan terapi dan perawatan harian. Kami akan memberikan semua cara agar burung Kacer yang awalnya macet bunyi bisa kembali gacor lagi.

Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi (lensingwild.blogspot.com)
Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi (lensingwild.blogspot.com)

Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi Agar Kembali Gacor

  1. Terapi alam – Sangkar burung Kacer digantang di dahan pohon yang rindang. Cara ini membuat Kacer lebih rileks dan fresh karena terkena udara yang sejuk. Selain itu, burung lebih merasa nyaman karena kembali ke alam. Namun, burung harus selalu dijaga agar tidak dimangsa ular dan predator lainnya.
  2. Terapi air – Kandang Kacer diletakkan di dekat sumber air yang mengalir, seperti pinggir sungai, air terjun, pancuran air, dan lain-lain. Suara gemiricik air dan hembusan angin dapat menjadikan burung Kacer lebih tenang sehingga proses pemulihan Kacer macet bunyi bisa lebih cepat.
  3. Terapi suara – Anda bisa memutar terapi suara air mengalir, suara alam, suara gelombang air laut, dan lain sebagainya melalui ponsel atau YouTube. Tempat terapi suara dapat dilakukan di lokasi yang tenang seperti kamar atau belakang rumah.
  4. Terapi pasangan atau untulan – Sama seperti Lovebird, burung Kacer juga bisa kembali gacor kalau diberi pasangan atau untulan. Anda bisa memasukkan untulan ke dalam sangkar dalam beberapa menit. Namun, keduanya harus diawasi agar tidak bertarung dan terluka. Kalau keduanya terlihat saling bertarung atau berkelahi, maka segera pindahkan untulan ke sangkar lain, tapi tetap dengan jarak yang berdekatan.
  5. Terapi burung lain – Tak hanya untulan, Anda juga dapat memasukkan jenis burung lain yang lebih kecil untuk menaikkan mental Kacer. Cara ini bisa memancing burung Kacer lebih agresif dan fighter.
  6. Pengobatan dan suplemen – Kalau mau instan dalam menyembuhkan burung Kacer yang macet bunyi, Anda bisa memberikan suplemen dan obat-obatan. Sekarang sudah banyak penjual suplemen burung Kacer agar kembali gacor, baik di kios burung atau situs-situs online.
  7. Kerodong – Setiap malam burung Kacer dikerodong supaya dia bisa beristirahat untuk memulihkan energi.
  8. Pengembunan – Burung Kacer diembunkan pada pagi hari di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Pengembunan tidak perlu terlalu lama, cukup 15-30 menit pada pukul 05.00.
  9. Pemandian – Setelah pengembunan, burung Kacer dimandikan pada pukul 07.00. Proses pemandian dapat dilakukan dengan cara disemprot atau mandi keramba. Namun, lebih baik Kacer mandi sendiri di keramba dalam sangkar untuk melatih mentalnya.
  10. Penjemuran – Kalau sudah mandi, biarkan bulunya mengering dulu. Setelah kering, burung Kacer dijemur selama 1-2 jam. Yang penting Kacer jangan dijemur lebih dari jam 09.00 atau dalam cuaca yang panas karena bisa memicu over birahi.
  11. Kontrol birahi – Usahakan birahi Kacer tetap stabil. Kalau Kacer over birahi, maka kurangi pemberian EF dan sering dimandikan. Sementara, jika Kacer kurang birahi, maka tambah EF dan jemur lebih lama.
  12. Penjinakkan – Supaya Kacer kembali gacor lagi, maka Anda dapat menjinakkan Kacer dengan cara sering diajak ngobrol, diberi pakan pakai tangan, sering digoda, dimandikan sampai basah kuyup, dan sering diajak jalan-jalan.
  13. Latihan mental – Jika burung Kacer sudah mulai mau berkicau, maka kembalikan mentalnya agar fighter. Caranya, usahakan Kacer bisa melihat burung Kacer lain dan mendengar suaranya. Anda tidak perlu mendekatkan Kacer dengan Kacer lain, cukup dari jarak jauh saja atau dalam kerodong.
  14. Extra Fooding (EF) – Kacer diberi EF jangkrik setiap hari sebanyak 4-5 ekor. Anda juga bisa memberikan kroto seminggu sekali. Kalau tenggorakan Kacer sakit, lebih baik beri voer (basah atau halus) kesukaannya saja.
  15. Multivitamin – Apabila Kacer sudah lebih baikan dan mau berkicau, Anda bisa memberikan vitamin dan multivitamin. Tujuannya agar sistem kekebalan tubuh Kacer kembali pulih dan menjaganya terserang berbagai macam penyakit.
  16. Pembersihan kandang – Kandang Kacer harus selalu bersih. Sehingga Anda harus menyempatkan membersihkan kandang lengkap dengan tempat pakan minum, alas, tangkringan, dan lain-lain.
  17. Pemasteran – Kalau Kacer sudah sembuh dan kembali gacor, Anda bisa memaster Kacer dengan suara-suara masteran di YouTube atau aplikasi suara masteran.

Dengan penanganan yang tepat, burung Kacer yang tadinya macet bunyi pasti akan kembali gacor lagi. Yang penting semuanya harus dilakukan secara bertahap, mulai dari mencari tahu penyebab Kacer macet bunyi, menyeleksi penyebabnya, mengatasi atau menyembuhkan Kacer macet bunyi, melatih Kacer kembali gacor, serta menjaga Kacer tetap sehat dengan pemberian vitamin dan suplemen.

Baca juga: 7 Cara Melatih Kacer Agar Selalu Siap Dilombakan

Cara-cara ini dapat dipastikan akan membuat Kacer cepat sembuh dari masalah macet bunyi. Namun, semua kembali lagi ke karakter masing-masing burung Kacer. Sehingga, mungkin nanti ada yang cepat sembuh ada juga yang prosesnya lebih lama.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan info menarik ini ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kacer macet bunyi
  • cara mengatasi kacer macet bunyi
  • penyebab kacer diam
  • kacer macet
  • burung kacer macet bunyi
  • mngatasi brung kacer stelah mbung macet bunyi
  • kacer jarang bunyi
  • tips merawat kacer yang macet bunyi
  • cara merawat kacer mandek
  • penyebab kacer macet bunyi

Berikan komentar