16 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Ngedrop saat Lomba

16 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Ngedrop saat Lomba

Burungnya.comBurung Kacer ngedrop saat lomba sudah menjadi masalah umum. Hampir semua kicau mania pernah mengalami masalah saat menghadapi Kacer drop di lomba. Namun, semua masalah pasti ada solusi dan jalan keluarnya.

Kacer yang ngedrop mentalnya memang sudah biasa, apalagi Kacer muda. Meski begitu, terkadang Kacer dewasa juga bisa ngedrop karena kalah mental dengan Kacer yang lebih fighter. Penyebab Kacer ngedrop bervariasi, tidak hanya terjadi karena faktor usia saja.

Oleh karena itu, kami memberikan beberapa gambaran penyebab Kacer drop mental dan cara mengatasinya. Tujuannya agar Anda lebih mudah menghindari hal-hal yang menyebabkan Kacer drop dan mudah untuk mengatasinya.

Baca juga: 30 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Stres Agar Kembali Gacor

Penyebab Kacer Ngedrop

Kacer Drop Mental (prenasphotographs.com)
Kacer Drop Mental (prenasphotographs.com)

1. Kacer Kalah Mental terhadap Burung Sejenis

Burung yang sering ditempel atau digantang dengan burung sejenis membuat mentalnya drop. Apalagi jika burung Kacer disandingkan dengan burung fighter lain seperti Murai Batu, Tledekan, dan sebagainya.

2. Burung Kacer Kekurangan Gizi

Kacer juga bisa drop mentalnya karena kekurangan gizi. Biasanya ini diakibatkan oleh pola perawatan dan pemberian pakan yang tidak teratur.

3. Kacer Kekurangan Nutrisi

Burung Kacer yang kurang mendapat makanan bernutrisi juga bisa mengalami ngedrop, terutama yang bersumber dari protein hewani.

Baca juga: 42 Penyebab dan Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi Biar Gacor Lagi

4. Burung Kacer Kurang Mendapat Perawatan

Biasanya pemilik sibuk dan akhirnya burung Kacer kurang terawat. Mereka merawat Kacer secara asal-asalan termasuk asal gantang saja, tanpa memperhatikan perawatan lain seperti mandi, jemur, dan pemberian extra fooding. Alhasil, burung Kacer ngedrop ketika menghadapi lawan di lomba.

5. Kacer Dimaster dengan Burung yang Suaranya Keras

Burung Kacer memang harus dimaster untuk meningkatkan kemampuan suaranya. Namun, burung Kacer yang sering dimaster suara burung Kacer lain yang gacor dan bersuara keras justru akan menjatuhkan mentalnya.

6. Burung Kacer Kurang Mendapat Sinar Matahari

Kacer yang jarang dijemur atau kurang mendapatkan vitamin D dari sinar matahari bakal mengalami penurunan mental dan akhirnya ngedrop. Hal ini berkaitan dengan kondisi dan kebugaran burung yang menurun karena kurang berenergi.

7. Kacer Terkena Infeksi Gangguan Pencernaan

Burung Kacer yang sakit atau kurang stamina akibat mengalami infeksi gangguan pencernaan dapat mengalami penurunan mental. Bahkan, burung yang sedang mabung juga bisa ngedrop mentalnya.

Baca juga: 7 Cara Melatih Kacer Agar Selalu Siap Dilombakan

8. Karakter Burung Kacer Sejak Lahir

Terkadang kita sudah berusaha keras untuk meningkatkan mental Kacer, tapi kalau sudah karakternya begitu, maka apa boleh buat. Ya, karakter Kacer yang mudah drop sejak lahir memang sulit untuk dilatih agar fighter.

Hal ini akan menyulitkannya ketika berada di perlombaan. Kalau karakter Kacer seperti dipaksa bertanding, maka dia bisa mengalami mbagong, giras, liar, dan malas bunyi.

Loading...

Cara Mengatasi Kacer Ngedrop

Agar Kacer Fighter dan Tidak Drop (prernasphotographs.com)
Agar Kacer Fighter dan Tidak Drop (prernasphotographs.com)

1. Menunda Kacer Lomba

Kalau burung Kacer sedang drop, maka sebaiknya burung jangan dilombakan dulu, dan lebih baik burung diistirahatkan selama beberapa waktu sampai kondisinya pulih seperti sedia kala.

2. Kacer Dipisah dari Burung Lain

Saat sedang drop, Kacer dipisah dari burung sejenis maupun burung kicauan lain seperti Murai Batu, Tledekan, Cendet, dan burung Nuri.

Baca juga: 10 Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor Untuk Pemula

3. Kacer Digantang di Tempat Tenang

Kacer drop bisa disembuhkan dengan cara digantang di tempat tenang dan jauh dari suara kicauan burung sejenis. Anda juga bisa memutarkan audio terapi alam untuk menenangkan dan membantu memulihkan kondisinya.

4. Kacer Diberi Multivitamin

Kalau sudah drop, sebaiknya Kacer diberi multivitamin yang mampu memulihkan stamina dan mentalnya yang ngedrop.

5. Burung Kacer Diembunkan

Mungkin terdengar sepele, tapi mengembunkan Kacer yang sedang drop merupakan salah satu cara yang cukup mujarab. Pengembunan Kacer bisa dilakukan pada pagi hari saat sinar matahari mulai terbit dari timur.

6. Kacer Terapi Mandi Malam

Anda dapat memandikan Kacer seperti biasa, tapi lebih baik Anda melakukan terapi mandi malam. Meski begitu, Anda harus menyesuaikan proses terapi dengan kondisi suhu dan cuaca di luar. Jika sedang hujan, maka terapi mandi malam bisa dilakukan esok hari.

7. Berikan Kacer Extra Fooding

Kacer yang lagi drop membutuhkan asupan makanan bergizi. Oleh sebab itu, tambahkan porsi makanan Kacer terutama extra fooding seperti jangkrik dan ulat.

Baca juga: 40 Makanan Kacer Alami, Pabrikan, dan Racikan Agar Cepat Gacor

8. Kacer Dilatih di Kandang Umbaran

Latihan di kandang umbaran dapat membuat Kacer drop segera pulih seperti sedia kala. Pengumbaran bisa dilakukan setiap beberapa jam sehari. Jangan lupa tambahkan pakan dan minumnya agar Kacer tidak kehabisan energi.

Ukuran kandang umbaran tidak perlu terlalu besar, biasanya panjang 1,5 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 3 meter. Kemudian lantai dasarnya bisa diberi pasir atau butiran bata merah.

Demikian beberapa penyebab Kacer ngedrop saat lomba dan cara mengatasinya. Setiap jenis Kacer, mungkin memiliki penyebab yang tidak sama. Oleh karena itu Anda juga harus menyesuaikan penyebabnya kemudian diatasi dengan cara yang benar.

Dengan begitu, Kacer yang tadinya ngedrop di lomba bisa langsung fighter saat bertemu dengan lawan tanding di lapangan. Mungkin cara ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bisa dalam hitungan hari atau minggu, tergantung kondisi burung Kacer.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Volume Suara Agar Kacer Gacor Ngeplong

Lebih baik Anda melakukan pencegahan dengan mengetahui penyebabnya agar Kacer Anda tidak mudah drop saat bertanding di perlombaan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Cara mengatasi kcer ngdrup
  • kacer muda ngedrop
  • perawatan kaver yang lemes drop mental
  • Suara kacer 30juta

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!