Kaki Lovebird Lemas dan Lumpuh (pamankicau.com)

10 Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Lovebird Lemas atau Lumpuh

Burungnya.com – Penyakit burung Lovebird bermacam-macam, ada yang snot, stres, mental drop, hingga lemas. Kalau kaki Lovebird yang lemas, hal tersebut bisa berkembang sampai menyebabkan kelumpuhan atau paralyzed. Namun, perlu diperhatikan dulu apa yang menyebabkan burung lumpuh dan lemas.

Ya, Anda harus mencari tahu penyebab Lovebird lumpuh. Kemudian penyakit lumpuh ini segera diobati agar tidak berlarut-larut dan mengakibatkan kematian. Jangan salah, Lovebird bisa mati karena lumpuh. Kasus yang sering terjadi, kematian Lovebird karena burung tersebut tidak bisa mengambil pakan dan minum karena lumpuh. Sehingga dia stres, lemas, dan akhirnya mati.

Jangan membiarkan burung sendirian dalam keadaan lumpuh. Sebab, burung Lovebird akan kesulitan makan dan minum. Sehingga, Lovebird harus disuapi secara perlahan sambil diobati agar penyakitnya segera sembuh.

Burung Lovebird Lumpuh dan Lemas (jalaksuren.net)
Burung Lovebird Lumpuh dan Lemas (jalaksuren.net)

Penyebab Kaki Lovebird Lemas atau Lumpuh

1. Keracunan Logam pada Sangkar

Sangkar Lovebird yang terbuat dari logam bisa berkarat. Nah, karatnya secara tidak sengaja bisa termakan oleh Lovebird. Akibatnya burung bisa keracunan logam. Apalagi kalau sangkar terbuat dari seng, timah, atau tembaga, tentu bahan-bahan tersebut dapat meracuni burung.

Efek keracunan logam ini dapat membuat gangguan pencernaan dan sistem keseimbangan tubuh Lovebird terganggu. Burung jadi mudah terjatuh dan tidak bisa berdiri tegak. Tubuhnya seperti lemas lunglai dan cengkraman kakinya tidak kuat lagi. Biasanya burung yang sering mengalami masalah ini bukan Lovebird, melainkan Murai Batu dan Cucak Ijo.

2. Pakan Jamuran

Pernah mendengar ergotism? Iya ini adalah bahan kimia berbahaya yang terdapat pada jamur Claviceps purpurea. Bahan kimian ini lebih dikenal dengan nama ergot dan sering menyerang tanaman, seperti sayur serta biji-bijian.

Nah, saat Lovebird memakan sayur dan biji tersebut, maka burung akan terkontaminasi bahan kimia ergot. Gejalanya, burung Lovebird akan diare parah, kejang-kejang, sakit yang luar biasa, dan akhirnya lumpuh.

3. Terkena Virus

Jaga burung Lovebird kesayangan Anda agar tidak terkena virus. Penyebaran virus ini bisa melalui udara, air, makanan, minuman, burung liar, hingga hewan peliharaan lainnya. Jadi, perlu diwaspada apabila ada hewan lain yang sedang terkena virus, sebaiknya hewan tersebut dikarantina agar tidak menyebar dan menjangkiti burung Anda.

4. Cedera dan Trauma

Faktor lain yang dapat menimbulkan kelumpuhan pada burung Lovebird adalah cedera dan trauma. Cedera di sini seperti cedera pada tulang leher, tulang belakang, kepala, panggul, dan tungkai. Sedangkan trauma disebabkan karena sangkar jatuh, Lovebird menabrak jeruji sangkar, burung menabrak tembok, burung diganggu hewan lain, dan lain-lain.

5. Kurang Kalsium

Lovebird yang kekurangan kalsium rentan terkena stroke. Jika burung tersebut sudah kena stroke biasanya akan menyebabkan dia lumpuh. Tidak hanya lumpuh, burung juga bisa terkena penyakit lain, seperti gangguan jantung, penyakit hati, dan masalah reproduksi.

Loading...

Cara Mengatasi Kaki Lovebird Lemas atau Lumpuh

1. Burung Disendirikan

Pertama, burung Lovebird yang sedang lumpuh dipindah ke dalam sangkar lain. Sangkar ini usahakan lebih aman, maksudnya kalau burung terjatuh tidak terluka. Jadi, alas sangkar diberi handuk atau karpet. Di samping itu, udara ruangan harus hangat. Anda dapat menempatkan lampu bohlam di atas sangkar agar sekeliling sangkar menjadi hangat.

2. Bantu Makan dan Minum

Biasanya burung Lovebird yang lemas dan lumpuh tidak bisa bergerak. Jadi, Anda harus membantunya makan dan minum. Suapi burung makanan dan minuman secara pelan-pelan. Jangan sampai membuat burung Lovebird tersedak karena akibatnya malah tambah parah.

3. Wadah Pakan dan Air Minum

Kalau bisa tempatkan wadah pakan dan minum di lokasi yang terjangkau dan strategis. Dengan begitu, burung yang kakinya pincang atau lumpuh sebelah dapat dengan mudah menuju ke wadah pakan serta minum.

4. Berikan Buah Apel

Jika Lovebird keracunan logam, burung bisa diberi buah apel setiap hari. Soalnya, buah ini mengandung pectin yang dapat membersihkan tubuh Lovebird dari toksisitas logam. Sehingga lama kelamaan racun pada tubuh Lovebird akan hilang dengan sendirinya.

5. Malam Hari Kerodong

Burung harus senantiasa hangat. Saat malam, burung Lovebird harus dikerodong. Begitu juga saat musim hujan yang dingin, usahakan burung selalu hangat. Anda bisa memberikan lampu penghangat atau dikerodong double.

Kesimpulan

Demikian penyebab dan cara mengatasi Lovebird yang kakinya lemas atau lumpuh. Burung dengan keterbatasan fisik ini harus segera ditangani agar dia tidak stres dan memilih mengakhiri hidupnya. Anda sebagai pemilik harus memberikan perawatan, pengobatan, dan pemijatan agar burung Lovebird pulih kembali.

Baca juga:

Kelumpuhan pada penyebabnya berbeda-beda. Anda bisa mengatasi kaki Lovebird lumpuh sesuai dengan penyebabnya masing-masing. Jangan pernah meninggalkan burung yang sedang lumpuh atau menjualnya. Burung Lovebird butuh perhatian khusus dari pemiliknya. Jadi tetaplah di sampingnya sampai burung Lovebird benar-benar sembuh.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung Lovebird lemes lumpuh gak mau makan
  • cara mengatasi lovebird dewasa yang lemas
  • lovebird kaki lumpuh
  • penyebab kaki lemas

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!