Merpati Serak atau Ngorok (youtube.com)

15 Penyebab dan Cara Mengobati Merpati Ngorok atau Serak

Burungnya.com – Sudah sebulan terakhir ini cuaca tidak menentu. Kadang pagi hari cerah, tapi sorenya hujan deras. Cuaca seperti ini dapat menyebabkan burung Merpati jatuh sakit dan suaranya menjadi serak, ngorok, seperti orang terkena penyakit asma.

Tidak hanya faktor cuaca saja, ada berbagai faktor yang menyebabkan suara Merpati jadi ngorok, atau serak. Penyebabnya, sering terjadi karena perawatan harian yang kurang bagus dan disiplin. Sehingga burung Merpati seakan ditelantarkan dan kurang mendapat perhatian yang baik.

Penyebab Suara Merpati Ngorok dan Serak

  1. Cuaca buruk dan kurang kondusif.
  2. Kurang mendapat asupan minum atau telat memberi air minum.
  3. Merpati selalu di kandang dan kurang jemur.
  4. Burung terlalu lama disimpan dalam besek.
  5. Saat diumbar, Merpati tidak sengaja memakan makanan basi atau pakan bertekstur tajam.
Suara Merpati Ngorok, Serak, dan Asma (terminix.com)
Suara Merpati Ngorok, Serak, dan Asma (terminix.com)

Cara Mengobati Merpati Serak dan Ngorok

1. Burung Dijemur

Merpati dijemur di bawah terik sinar matahari dari pagi sampai sore. Ini dilakukan saat cuaca benar-benar cerah.

2. Makan Minum Tersedia

Jangan lupa pakan dan minum harus tersedia di dalam kandang. Makanan dan minuman jangan sampai telat atau kehabisan.

3. Jamu Merpati

Berikan jamu rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temu kunci, dan gula merah. Jadikan bahan-bahan tadi seperti bulatan-bulatan kecil seukuran jagung.

4. Tempat Minum Khusus

Kalau bisa tempat air minum Merpati dibuat khusus dan tidak dipakai bergantian dengan pakan. Tujuannya untuk menghindari penyebaran kuman yang menyebabkan Merpati asma dan terdengar ngorok. Lakukan hal ini secara rutin sampai 3 hari.

5. Bulu Dimasukkan ke Paruh

Sekilas terdengar mengerikan, tapi tidak masalah untuk burung Merpati. Jadi caranya bulu Merpati yang sudah jatuh diambil dan dimasukkan ke dalam paruh sampai tenggorokan. Tujuannya agar flex atau cairan pada tenggorokan dapat keluar.

6. Malam Hari Dihangatkan

Saat malam hari, burung Merpati diletakkan pada tempat yang ada lampunya. Dengan begitu, tubuh Merpati akan terasa hangat dan burung tidak kedinginan lagi.

Loading...

7. Air Hangat dan Matang

Selama suara Merpati masih terdengar ngorok dan serak, berikan air matang dan hangat. Hal ini untuk menjaga agar tenggorokan burung tidak semakin parah dan cepat sembuh.

8. Pakan Voer atau Bubur Kacang Hijau

Nah, agar kondisi tubuh tidak kurus selama sakit, burung Merpati dapat diberi pakan voer bergizi dan bubur yang mengandung kacang hijau. Pemberian pakan dapat dilakukan setiap hari.

9. Kaki Dioles Minyak Gosok

Bagian kaki Merpati harus senantiasa hangat. Jadi, kaki burung harus diolesi minyak gosok dan diurut pada bagian jari kakinya.

10. Jangan Diumbar Dulu

Kalau Merpati belum benar-benar sembuh 100 persen, Anda jangan mengumbar Merpati keluar kandang. Sebab, tempat pakan minum bersama dengan Merpati dapat membuat burung Anda jatuh sakit lagi. Tak hanya itu, burung yang lain juga bisa jatuh sakit atau tertular penyakit tersebut.

Kesimpulan

Demikian beberapa penyebab dan cara mengobati Merpati yang ngorok atau serak seperti asma. Jadi, yang pertama burung Merpati harus dipisah dulu atau dikarantina agar tidak menular ke burung lain.

Setelah itu, jaga kondisinya agar pakan dan minum Merpati selalu tersedia dan bergizi. Tambah lagi asupan pakan dari jamu tradisional agar suara serak pada Merpati lekas sembuh. Untuk air minumnya sementara bisa diganti dengan air matang dan hangat.

Baca juga:

Cara ini merupakan pengobatan alami agar burung Merpati cepat sembuh dari suara ngorok dan serak. Burung Merpati sementara juga harus diberi pakan yang halus-halus agar tidak melukai tenggorokannya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!