6 Penyebab Kenari Jadi Over Birahi yang Jarang Disadari

Burungnya.com – Burung kenari over birahi karena apa? Kadang pemilik burung tidak mengetahui penyebab kenari jadi over birahi. Mereka tidak menyadari kalau perawatan yang dijalankan selama ini ternyata kurang bagus.

Sehingga burung kenari yang awalnya birahi stabil jadi over birahi. Memang perawatan tersebut terkesan biasa saja, tapi ternyata bisa membuat burung kenari over birahi.

Sebagai contoh Anda merawat kenari dengan cara mandi jemur setiap pagi. Memang tidak ada yang salah perawatan tersebut, tapi karena Anda tidak pernah melakukan pengumbaran, burung kenari jadi gampang birahi.

Penyebab Kenari Jadi Over Birahi

1. Penjemuran Kenari Kelamaan

Ya, kita mungkin tidak sadar mulai menjemur burung kenari dari jam berapa tiba-tiba sudah jam segini. Nah, penjemuran kenari terlalu lama ini menyebabkan kenari over birahi.

Tubuh burung kenari kan jadi panas, hormonnya tidak stabil sehingga mudah naik birahinya. Apa lagi kalau perawatan kelamaan jemur ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama, sudah pasti birahi kenari akan cepat naik.

Penjemuran kenari yang benar hanya 2 hari sekali. Kemudian durasi waktu jemur untuk kenari kalau bisa hanya 10-15 menit.

Apabila Anda menjemur burung kenari dari pagi sampai siang, tentu hal tersebut akan membuat kenari gampang birahi.

2. Pemberian Pakan Setingan Tinggi

Burung kenari tidak boleh diberi pakan setingan tinggi dalam jangka waktu yang lama. Mungkin di awal-awal kenari jadi gacor kalau dikasih pakan kenceng.

Namun, apabila hal tersebut dilakukan terus-menerus, efeknya burung kenari bisa cepat birahi baik.

Contoh merek pakan kenari setingan tinggi yaitu Ebot Canary, Prestige, Belgie, dan lain-lain.

Kalau Anda terbiasa memberikan pakan tersebut ke burung kenari, bisa dipastikan suatu saat Anda terkejut karena burung jadi mudah birahi.

Berbeda cerita apabila memang Anda memilih pakan kenceng untuk kenari ternak. Biasanya indukan kenari memang butuh pakan setingan tinggi biar mudah birahi.

Hal ini sama bila Anda memberikan pakan EF yang kenceng seperti telur puyuh, apel, jagung manis, secara terus menerus, nanti burung kenari jadi mudah over birahi.

Pilih makanan kenari yang sedang saja, seperti Gold Coin, Top Food, dan Vitamic. Sedang pakan EF sedang seperti sawi putih, pakcoy, dan mentimun.

Penyebab Kenari Over Birahi (themarthablogcom)
Penyebab Kenari Jadi Over Birahi (themarthablogcom)

3. Kenari Jarang Mandi

Hal sepele tapi bisa membuat kenari over birahi yaitu jarang mandi. Mungkin Anda sibuk setiap hari sehingga tidak sempat memandikan kenari.

Kalau keseharian Anda seperti itu, maka perlu hati-hati. Sebab, kenari yang jarang dimandikan akan cepat over birahi.

Solusinya, belikan wadah mandi besar dan biarkan burung mandi sendiri. Anda bisa mencari wadah yang agak besar dan bisa menampung banyak air.

Nanti burung kenari akan mandi sendiri apabila cuaca terlalu panas.

4. Terlalu Sering Bersanding dengan Kenari Paud Jantan

Berbicara tentang kenari yang mudah birahi, ternyata bisa berasal dari kenari paud. Ya, kenari yang berjenis kelamin jantan dan masih paud bisa membuat kenari dewasa over birahi.

Mungkin karena burung tersebut terpancing untuk berkicau, sehingga birahinya naik. Saran kami, jauhkan kenari paud jantan sampai tidak terdengar suaranya.

Sebab, walau sudah disekat, tapi kalau masih terdengar suaranya, kenari dewasa bisa saja over birahi.

5. Berdekatan Kenari Betina

Penyebab kenari jadi over birahi adalah betina. Ingat walau burung kenari jantan sudah mempunyai pasangan, dia juga tetap bisa over birahi bila melihat kenari betina lain. Jadi, hindari mendekatkan kenari jantan dengan kenari betina.

Sebaiknya mereka berdua dipisah sampai tidak terdengar suaranya. Apabila masih terdengar suara kenari betina, nanti kenari jantan bisa naik birahinya.

6. Kenari Usia Produktif

Secara alamiah apabila kenari sudah masuk usia produktif sekitar 8 bulan ke atas, dia bisa mudah birahi. Namun tenang saja, apabila perawatan kenari bagus, tentu birahi kenari tetap stabil.

Caranya, burung kenari tetap dijemur sebentar, mandi rutin, pemberian pakan sedang, dan tidak sering didekatkan dengan kenari paud jantan serta betina.

Ini kunci aman agar kenari usia produktif birahinya tidak naik. Jaga beberapa poin di atas, nanti burung kenari akan cepat gacor dengan birahi stabil.

Kesimpulan

Demikian penyebab kenari jadi over birahi yang jarang disadari. Mungkin kita tetap merawat burung kenari dengan setulus hati, tetapi tanpa disadari perawatan kita justru membuat kenari birahi tinggi.

Jadi, perlu dievaluasi lagi terkait perawatan burung kenari setiap hari. Apabila perawatan kenari sudah baik, besar kemungkinan birahinya akan stabil.

Tidak perlu membeli pakan yang mahal-mahal untuk menstabilkan birahi kenari. Sebab, birahi kenari stabil saat perawatan sudah berjalan sesuai dengan kebutuhan burung.

Terima kasih telah membaca artikel Burungnya.com. Jangan lupa follow Instagram @burungnyadotcom dan Google News.

Artikel terkait

Leave a Comment