10 Penyebab Kucing Keluar Air Liur Terus dan Bau

Burungnya.com – Akhir-akhir ini mungkin Anda merasa, kucing di rumah agak aneh. Air liur kucing keluar terus menerus tanpa henti. Apakah kucing berliur terus merupakan suatu penyakit atau hal yang biasa?

Sebenarnya, normal saja kucing berliur. Saat kucing sedang mendengkur, terkadang dia juga berliur. Ini tanda bahwa kucing sedang dalam tahap rileks atau tenang.

Namun, masalahnya ada kucing yang mengeluarkan air liur terus menerus atau ileran. Apakah ini termasuk kondisi yang aman?

Kalau sudah masuk tahap berliur tanpa henti dan bau, berarti kucing Anda sedang mengalami masalah. Mungkin saja kucing Anda sedang sakit yang berkaitan dengan mulut dan gigi. Bisa juga karena penyakit lain.

Baca juga: 17 Penyebab Kucing Sakit Mata Berair dan Cara Mengobati

Penyebab Kucing Keluar Air Liur

1. Penyakit Mulut dan Gigi

Sama seperti manusia, kucing juga bisa mengalami sakit mulut dan gigi. Sebab, apa yang dia makan terkadang tidak dibersihkan sehingga menjadi sarang kuman dan bakteri.

Iya, mulut kucing bisa saja sariawan, giginya berlubang, gusi bengkak, dan infeksi lainnya. Untuk masalah ini cukup sulit Anda mengobatinya sendiri. Takutnya justru salah penanganan, lebih baik bawa kucing ke dokter hewan terdekat.

2. Kucing Muntah

Apabila kondisi tubuh kucing sedang tidak sehat, bisa saja kucing muntah berbentu busa. Ciri kondisi ini kucing jadi sering ngiler.

Penyebabnya karena masalah pencernaan, parasit di dalam tubuh, hingga penyakit ginjal. Kucing yang muntah dan ileran, nantinya akan diikuti dengan kehilangan nafsu makan, dan lemas.

Baca juga: 32 Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengobati

Kucing Berliur Terus dan Bau (miamiherald.com)
Kucing Berliur Terus dan Bau (miamiherald.com)

3. Makan Benda Asing

Kucing terlihat sering keluar air liur saat tidak sengaja memakan benda asing. Dia bisa saja penasaran dengan benda tersebut, lalu memakannya. Namun, ada juga kasus benda asing yang tidak sengaja tertelan kucing.

Biasanya benda yang sering tertelan kucing, di antaranya sebagai berikut:

  • Benang
  • Rambut
  • Bulu
  • Rumput
  • Mainan kecil
  • Kancing baju
  • Plastik

Kalau benda-benda asing tersebut dibiarkan di dalam pencernaan, takutnya sistem pencernaan kucing menjadi bermasalah. Jadi, solusinya segera periksakan kucing ke dokter hewan.

4. Kucing Keracunan Bahan Kimia

Dirawat di dalam rumah, terkadang kucing jadi suka menjilat semua benda. Tapi bahayanya kalau kucing sampai menjilat bahan-bahan kimia di rumah, nanti kucing bisa keracunan dan jadi sering berliur.

Jadi, jauhkan semua bahan kimia dari wilayah teritorial kucing. Kalau perlu masukkan bahan kimia pembersih lantai dan baju di lemari saja.

Baca juga: 50 Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh untuk Kucing

5. Kucing Kesetrum

Nah, ini jarang sekali terjadi karena kucing hampir tidak pernah tersetrum. Walau begitu, tetap saja ada kucing kesetrum karena menggigit kabel.

Loading...

Kucing kesetrum hebat dan akhirnya saraf di area mulut terganggu. Sehingga kucing jadi ileran. Jadi, air liurnya keluar sendiri banyak sekali sampai tak terbendung.

6. Kecelakaan

Kucing bisa terus-terusan berliur setelah terjadi kecelakaan. Mungkin saja, rahangnya patah akibat kecelakaan motor. Alhasil, liur kucing keluar terus tanpa henti.

Kejadian ini cukup berbahaya karena membuat kucing sulit menelan makanan. Jadi, Anda harus segera membawanya ke dokter hewan.

Air Liur Kucing Keluar Terus dan Bau (longviewpetsitting.com)
Air Liur Kucing Keluar Terus dan Bau (longviewpetsitting.com)

7. Berkelahi dengan Kucing Lain

Kalau sudah main di luar rumah, ada saja tingkah kucing. Terkadang dia pula membawa burung tangkapan. Namun, ada kalanya kucing babak belur karena kalah berkelahi dengan kucing lain.

Kucing yang habis berkelahi dan mengalami luka di mulut, dia bisa saja berliur terus. Mulutnya sakit sampai tak terasa air liur menetes banyak.

Baca juga: 5 Obat Kucing Sakit Mencret, Muntah, dan Pilek

8. Kanker Mulut

Penyakit tumor ganas pada mulut kucing bisa menyebabkan kanker mulut. Jangan menunggu terlalu lama, segera bawa kucing ke dokter untuk dioperasi.

Kanker mulut bisa menyebabkan air liur kucing bau busuk. Nantinya darah juga akan keluar lewat mulut dan gigi jadi mudah copot.

Kucing yang sakit kanker mulut, pasti kesulitan memasukkan makanan. Dia bisa saja lemas dan sakitnya tambah parah.

9. Virus Calici

Kucing rumahan sering sekali terkena virus calici. Virus menyebabkan kucing mengeluarkan air liur berlebihan dan bau sekali.

Oh iya, virus ini menular sehingga kucing Anda harus disendirikan. Tanda kucing terkena virus calici yaitu lemas, sering bersin, keluar air liur banyak, tidak responsif, dan jalannya agak pincang.

Pertolongan pertama pada kucing yang terkena virus Calici dengan memberinya air kelapa hijau dan vitamin kucing.

Baca juga: 7 Makanan Untuk Kucing Sakit dan Cara Memberikan

10. Kucing Kepanasan atau Heat Stroke

Terlalu lama main di luar, kucing bisa saja terkena Heat Stroke. Jadi, kucing terlalu banyak terpapar sinar matahari dan jarang minum. Sehingga suhu tubuh kucing menjadi naik drastis.

Kucing yang sering terkena Heat Stroke adalah kucing Persia. Anda harus menyediakan air minum segar di sampingnya atau tempat istirahatnya.

Tujuannya agar kucing tidak terkena Heat Stroke. Kalau kucing mengalami kondisi Heat Stroke biasanya dia jadi ileran.

Kesimpulan

Demikian beberapa penyebab air liur kucing keluar terus. Bagi Anda yang kurang memahami kesehatan kucing, sebaiknya segera bawa kucing Anda ke dokter hewan.

Soalnya, kucing berliur terus, bisa jadi pertanda buruk. Kami berharap tidak demikian, tetapi ada baiknya kucing diperiksakan ke dokter supaya tahu apa yang sebenarnya terjadi pada kucing Anda.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Kucing keluar air liur dan bau

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!