7 Penyebab Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Burungnya.com – Apakah kucing yang Anda pelihara kini sering merasa lemas dan tidak mau makan? Tentunya hal ini perlu Anda perhatikan agar kesehatan kucing tetap terjaga. Anda perlu mengetahui penyebab dari kucing lemas tidak mau makan agar penanganannya bisa berjalan dengan mudah.

Kondisi kucing yang lemas ini pastinya akan membuat Anda khawatir bukan? Apalagi indikasi ini biasanya berkaitan dengan kondisi kesehatan kucing. Anda perlu juga membawa kucing ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Menurunnya nafsu makan kucing sering diidentikkan dengan masalah pencernaan. Anda perlu mengetahuinya karena biasanya juga menjadi penyakit yang diidap kucing. Beberapa penyebab yang mungkin terjadi karena kucing tidak mau makan adalah sebagai berikut:

1. Gangguan pernapasan

Meski sering dikaitkan dengan adanya gangguan pencernaan, ternyata kucing juga bisa mengalami gangguan pernapasan. Hal ini bisa memicu kucing kehilangan sensitivitas terhadap bau, sehingga nafsu makannya menjadi berkurang.

Biasanya masalah pernapasan kucing ini bisa diatasi dengan pemberian antibiotik. Hanya saja, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai dosisnya ya?

2. Gangguan pencernaan

Penyebab yang sering terjadi jika kucing tidak mau makan adalah masalah saluran pencernaan. Kucing akan merasa tidak nyaman, terutama jika masalahnya ada pada perut, usus, ataupun pankreas.

Biasanya kucing akan mengalami muntah hingga diare sebagai salah satu tanda menurunnya nafsu makan kucing. Anda perlu mengetahui komplikasinya lebih lanjut, karena jika sudah parah bisa menyebabkan iritasi usus, tuor, hingga reflu daks asam.

3. Gangguan gigi

Jangan diabaikan jika ternyata kucing juga bisa mengalami gangguan pada gigi dan rongga mulut. Tentunya ini membuat kucing kesulitan dalam menelan makanan yang dikonsumsinya. Anda perlu membawanya ke dokter, agar masalah pada kucing bisa segera teratasi.

4. Tidak menyukai rasa makanan

Jika kucing lemas tidak mau makan, bisa jadi hal ini karena makanan yang Anda sediakan tidak membuat kucing tertarik untuk memakannya. Anda perlu menggantinya dengan rasa makanan kesukaan kucing. perlu diketahui pula jika antar kucing memiliki kecenderungan rasa makanan favoritnya dan hal ini perlu untuk Anda ketahui.

Jika Anda memberikan makanan kemasan pada kucing perlu juga berhati-hati ketika mengganti dengan merek lain. Anda perlu memberikannya secara bertahap dengan mencampurkan makanan lama dengan makanan yang baru.

Loading...
Penyebab Kucing Tidak Mau Makan (todaysveterinarynurse.com)
Penyebab Kucing Tidak Mau Makan (todaysveterinarynurse.com)

5. Bentuk makanan

Kucing merupakan hewan yang pintar dalam mengenali bentuk dan tekstur makanan yang biasa dikonsumsinya. Pergantian bentuk dan tekstur makanan yang berbeda inilah yang biasanya membuat kucing enggan memakannya. Anda perlu mengenalinya, terlebih jika ingin menggantinya dari makanan khusus kitten ke makanan kucing dewasa.

Baca juga:

6. Bau makanan

Indera penciuman kucing sangatlah peka. Hal ini terlihat jika kucing akan makan dan mulai mengendus makanannya. Jika terdapat perubahan pada bau makanan inilah yang biasanya membuat kucing enggan memakannya.

Jika biasanya Anda memberikan dry food, ada baiknya untuk menyimpan di wadah yang tertutup rapat. Makanan yang terkena angin biasanya membuat baunya hilang dan kucing kehilangan selera makannya.

7. Makanan busuk atau kedaluwarsa

Makanan yang sudah busuk atau kadaluarsa juga akan berpengaruh pada bau makanan. selain bisa membuat kucing kehilangan nafsu makan, juga dapat mempengaruhi kesehatannya. Untuk itu, selalu cek kondisi makanan sebelum memberikan ke kucing ya?

Kesimpulan

Kucing lemas tidak mau makan perlu Anda ketahui penyebabnya. Selain bisa membuat kucing enggan beraktivitas, bisa juga menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Jadi jangan biarkan kucing sampai lemas karena tidak makan. Sebaiknya, Anda yang harus mengalah dan mencarikan menu makanan lain yang dia sukai.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!