3 Penyebab Kucing Pilih-pilih Makanan dan Solusinya

Burungnya.com – Jenis dan merek makanan kucing cukup beragam. Kalau kucing sejak kecil sudah terbiasa makan makanan yang enak, tentu di waktu dewasa dia juga suka makan enak.

Alhasil, kucing tadi jadi suka pilih-pilih makanan. Apakah hal tersebut berbahaya? Sebenarnya dalam hal kesehatan, tidak terlalu berbahaya. Namun, hobi pilih-pilih makanan seperti ini pastinya menyusahkan pemiliknya.

Bila biasanya kucing makan Whiskas, sekarang dia tidak mau dan selalu pilih makanan yang harganya mahal. Sekali dua kali, mungkin tidak masalah, tapi kalau setiap hari minta ganti-ganti makanan terus, bukankah hal tersebut cukup menjengkelkan.

Kita memang sayang kucing, tapi seharusnya kucing juga harus menerima apa yang diberikan pemilik. Oleh karena pembiasaan pemberian makanan sejak kecil sangatlah penting.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Minum dan Penyebabnya

Penyebab Kucing Pilih-pilih Makanan

1. Kucing Sudah Tua

Kalau kucing sudah tua, biasanya masalah utama terjadi karena penyakit. Ada kemungkinan kesehatan kucing sudah menurun seiring bertambahnya usia.

Contoh sederhana, gigi kucing copot karena sudah tidak kuat lagi. Dengan demikian, kucing jadi pilih-pilih makanan.

Solusi Kucing Sudah Tua

Kalau permasalahannya terletak pada usia, Anda bisa mengganti makanan kucing jadi makanan basah. Contohnya, Wetfood Me-O dan Royal Canin for kitten.

Jika Anda baru gajian, belikan American Journey Pate Salmon Recipe Grain Free Cat Food. Walau harganya lebih mahal, tapi kucing tua tadi akan kembali mau makan.

Baca juga: 7 Penyebab Kucing Lemas Tidak Mau Makan

Kucing Pilih-pilih Makanan (pet-happy.com)
Kucing Pilih-pilih Makanan (pet-happy.com)

2. Sariawan

Ternyata kucing juga bisa sariawan lho. Tidak hanya manusia yang sariawan, kucing sering pilih-pilih makanan saat sariawan. Terlebih kalau sariawan terletak di lidah bagian dalam, pasti sulit diketahui.

Loading...

Kemungkinan asupan vitamin C juga kurang, sehingga kucing bisa sariawan. Makanan kucing sebaiknya dipilih sebaik mungkin dan jangan sembarangan.

Solusi Kucing Sariawan

Kalau sariawan di lidah bagian dalam dan rongga mulut, pastinya sulit dideteksi. Jadi, Anda harus membawa kucing ke dokter hewan.

Saran ini harus segera dilakukan karena kucing yang sariawan gejalanya tidak mau makan. Kalau disuapi dia terlihat kesakitan. Anda mungkin akan merasa kebingungan saat itu. Daripada menerka-nerka, sebaiknya bawa dia ke dokter hewan.

Nanti dokter akan memberikan obat sariawan khusus kucing. Setelah beberapa hari, luka sariawan akan sembuh dan kucing Anda tidak akan pilih-pilih makanan lagi.

Baca juga: Daftar Harga Makanan Kucing di Alfamart Murah sampai Mahal

3. Bosan dengan Makanan Kucing Harian

Ada kalanya kucing bosan dengan makanan hariannya. Selain itu, tingkat kebosanan kucing meningkat karena Anda sendiri yang memicunya.

Anda mungkin jarang memberikan perhatian ke kucing. Makanan hanya diberikan ala kadarnya dan monoton. Kucing merasa tidak disayang dan akhirnya ngambek.

Dia tidak mau makan makanan hariannya lagi. Bahkan, dia dikasih makan tidak mau dan pergi meninggal pemiliknya. Kalau sudah di tahap ini, berarti dia sedang marah-marahan dengan Anda.

Solusi Kucing Ngambek dan Bosan

Untuk mengatasi kucing ngambek, Anda bisa memberikan perhatian lagi ke dia. Jangan lupa berikan snack kucing yang enak dan lezat, seperti Me-O Creamy Treats serta Royal Canin Intentse Care Beauty.

Setelah itu, setiap hari campur makanan kering dan basah. Lakukan seperti itu sampai kucing tidak marah lagi dan mau memakan makanan hariannya.

Baca juga: 7 Makanan Untuk Kucing Sakit dan Cara Memberikan

Kesimpulan

Demikian cara mengatasi kucing pilih-pilih makanan. Kalau kucing Anda sedang dalam tahap suka pilih-pilih makanan, cari tahu dulu penyebabnya apa.

Mungkin saja, ini sebagai protes bahwa dia butuh kasih sayang dan perhatian. Tidak semua kucing tidak mau makan karena sakit, tapi memang dia ingin dimanja dan diperhatian pemiliknya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!