Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Solusinya

Burungnya.com – Lihat sisa makanan di wadah pakan kucing, tentu bikin Anda bertanya-tanya. Apakah kucing tidak mau makan atau sedang sakit?

Sebab, saat kucing makan selalu tersisa cukup banyak. Kemudian dikasih lagi makanan lainnya juga masih tersisa. Apakah kucing tidak suka dengan makanan tersebut atau memang tidak mau makan karena sakit?

Dari sini mari kita belajar alasan kucing tidak mau makan dari Om Wepe melalui channel YouTube Kucing Om Wepe.

Baca juga:

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

1. Sudah Kenyang

Apabila kucing sudah kenyang, tentu saja kucing tersebut tidak akan memakannya sampai habis. Porsi makan kucing juga harus diperhatikan sesuai dengan berat tubuh kucing.

Mungkin Anda memberi makanan kucing terlalu banyak sehingga makanan tersebut tidak dihabiskan.

2. Merek Makanan Kucing

Saat Anda mengubah merek makanan, kemungkinan kucing juga tidak mau makan karena belum terbiasa. Pasalnya, kalori dan kandungan di makanan tersebut juga berbeda.

Kucing Tidak Mau Makan
Kucing Tidak Mau Makan

3. Kucing Bosan

Kalau kucing diberi makanan yang sama setiap hari, pastinya lama-lama dia bosan. Kucing tiba-tiba tidak mau makan, coba diganti makanannya. Namun, pergantian makanannya diubah sedikit demi sedikit porsi makanannya.

Jadi solusinya, coba campur makanan kucing dengan snack cair dan wet food. Aroma kedua makanan ini lebih kuat dan menggoda daripada dry food.

Intinya coba tambahkan aroma makanan lain supaya kucing tidak bosan lagi. Contoh, kuning telur, ayam rebus, ikan tongkol rebus, madu, snack cair, dan wet food untuk memancing kucing mau makan lagi.

4. Kucing Stres

Stres ini bisa dikarenakan adanya kucing baru yang Anda pelihara. Mungkin ada kecemburuan sehingga kucing Anda takut tersaingi.

Kucing yang baru diadopsi juga bisa stres karena perubahan lingkungan dan proses perawatan yang berbeda.

Apabila kucing stres coba distimulus dengan mainan dan makanan yang enak.

5. Serangan Virus atau Sakit

Untuk masalah kucing tidak mau makan karena virus, solusinya cuma dibawa ke dokter. Terus kucing tiba-tiba kurus karena tidak makan juga perlu diwaspadai dan segera diantarkan ke dokter hewan.

Kesimpulan

Demikian beberapa penyebab kucing tidak mau makan menurut Om Wepe. Kalau dipikir-pikir memang benar, kucing tidak ingin makan belum tentu karena sakit.

Bisa jadi, kucing sedang malas makan, bosan, dan stres. Namun, bila kucing tidak mau makan disertai penurunan berat badan yang drastis, coba langsung dikonsultasikan ke dokter hewan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.