15 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Burungnya.com – Ketahui apa yang menyebabkan kucing tidak mau makan. Pasalnya, hal tersebut bisa berbahaya bila tidak segera dicari solusinya.

Kucing yang mogok makan, tentu akan mengalami penurunan berat badan. Terlebih, kucing juga bisa lemas karena tidak ada asupan energi yang masuk ke tubuh.

Kalau sudah demikian, Anda harus segera mencari jalan keluar agar kucing mau makan lagi.

Jangan sampai kucing tak makan dalam waktu lama. Nanti tubuhnya lemas dan dia gampang terserang penyakit.

Sekarang mari mencari apa penyebab kucing tidak mau makan. Harapannya nanti kucing Anda tidak mengalami masalah serupa.

Baca juga:

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

1. Ganti Rasa Makanan

Setelah makan merek makanan kucing tertentu, kemungkinan kucing bosan. Terlebih bila mereka cuma makan makanan kering. Anda setiap hari disuruh makan tahu saja, mungkin juga bosan.

2. Tekstur dan Bentuk Makanan

Kenapa kucing tidak mau makan makanan kering? Sudah pasti ini karena bosan dan kucing tidak tertarik lagi. Banyak sekali bentuk makanan kucing, ada yang bulat donat, kotak, hingga bentuk ikan. Pilih saja salah satu yang kemungkinan disukai kucing.

3. Adaptasi Makanan Baru

Mungkin Anda baru ganti makanan kucing baru. Sehingga kucing masih adaptasi dan belum mau makan makanan tersebut.

Untuk masalah ini pilihannya dua, Anda menunggu selama beberapa hari agar dia adaptasi, atau mengembalikan ke makanan lama.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan
Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

4. Masalah Pernapasan atau Pilek

Saat kucing mengalami masalah pernapasan mungkin flu atau pilek, dia akan kesulitan mencium aroma bau makanan.

Padahal, untuk mengetahui makanan tersebut enak atau tidak, banyak kucing mengandalkan indera penciuman.

5. Masalah Pencernaan

Kemungkinan kucing juga sedang diare atau mencret. Sehingga perutnya terasa sakit melilit. Kalau sudah demikian, biasanya kucing tidak mau makan.

6. Masalah Gigi

Jangan sepelekan kebersihan gigi kucing. Nanti gigi kucing kalau sudah sakit, dia tak akan mau makan. Oleh karena itu, sehabis makan, biasakan membersihkan gigi kucing.

7. Baru Vaksin

Wajar sih, kalau kucing baru vaksin dia tidak mau mengonsumsi apapun. Mungkin di dalam tubuhnya seperti ada zat baru sehingga tubuh pegal semua.

Efek samping vaksin biasanya memang membuat kucing lemas dan tak nafsu makan. Nanti, setelah efeknya hilang kucing mau makan lagi.

8. Kucing Sakit

Ketika kucing sedang sakit, dia tidak akan mau memasukkan makanan ke tubuhnya. Kucing selalu merasa makanan tersebut hambar atau tidak ada rasanya. Sehingga dia tidak mau konsumsi makanan.

9. Kucing Stres

Kucing bisa saja stres karena gangguan mental atau patah hati. Kucing stres juga terjadi karena gangguan hewan lain, dipukul, baru pindah tempat baru, ganti makanan, dan lain sebagainya.

10. Over Birahi

Kucing terkadang malas makan saat sedang birahi tinggi atau over birahi. Yang di pikirannya kucing cuma ingin menyalurkan hasratnya saja. Sehingga dia jadi tidak lapar.

11. Kucing Diajak Pergi

Saat kucing diajak pergi, terkadang mereka menjadi lebih berhati-hati dan bisa juga stres. Maksudnya berhati-hati ini adalah waspada karena berada di tempat baru. Nah, kalau stres karena kucing belum bisa adaptasi.

12. Hamil Pertama Kali

Kucing yang baru pertama kali hamil tentu tidak ingin makan sama sekali. Ada perubahan dalam dirinya yang terasa aneh sehingga membuatnya malas makan.

13. Menelan Benda Asing

Kucing juga mogok makan setelah menelan sebuah benda asing. Ini karena saluran pencernaannya mungkin sakit sehingga kalau kemasukan makanan jadi sakit.

14. Kucing Sariawan

Bisa saja kucing sariawan karena mulut yang kotor dan gigi jarang dibersihkan. Kucing sariawan pastinya akan sulit menelan makanan.

15. Kucing Terjatuh

Biasanya kucing hobi naik-naik ke tempat tinggi. Nah, karena kurang berhati-hati kucing tersebut terjatuh. Namun, lokasi jatuhnya berpermukaan keras dan padat, sehingga mengenai perut.

Perut kucing jadi sakit. Sehingga kucing jadi tidak nafsu makan. Ada juga kemungkinan organ yang lain terluka. Jadi coba bawa kucing ke dokter.

Kesimpulan

Demikian beberapa penyebab kucing tidak mau makan. Jangan biarkan kucing lama tidak makan. Paling tidak suapi dia agar ada asupan nutrisi yang bisa membuat tubuhnya tidak lemas.

Kucing tidak nafsu makan bisa berdampak fatal. Jadi, jangan dibiarkan begitu saja. Kucing harus segera dirayu agar mau makan.

Anda juga harus mencari alternatif lain makanan baru, misal makanan basah, ganti merek, dan lain-lain.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.