Penyebab Lovebird Ngekek Sambil Mengepakkan Sayap dan Cara Mengatasi (youtube.com)

6 Penyebab Lovebird Ngekek Mengepakkan Sayap dan Cara Mengatasi

Burungnya.com – Pernah menjumpai masalah Lovebird ngekek sambil mengepakkan sayap? Hal tersebut sebenarnya wajar karena kondisi burung. Namun, kalau Lovebird terus-terusan ngablak, pastinya akan mempengaruhi penilaian di lomba.

Bagaimana cara mengatasi Lovebird ngablak atau mengepakkan sayap saat ngekek? Mudah saja, Anda harus menyesuaikan penyelesaian masalah dari penyebabnya dulu. Apa yang menyebabkan Lovebird membentangkan sayap sambil ngekek?

Penyebab Lovebird Ngekek Mengepakkan Sayap

  1. Burung Lovebird birahi tinggi atau over birahi.
  2. Lovebird drop mental karena bertemu lawan yang lebih fighter.
  3. Burung Lovebird terlalu jinak karena sering dimanja.

Cara Mengatasi Lovebird Ngekek sambil Ngablak

Nah, sekarang kami akan menjelaskan cara mengatasi Lovebird buka sayap sambil ngekek. Dijamin burung Lovebird Anda akan segera sembuh dan tidak buka sayap lagi.

Lovebird Buka Sayap atau Ngablak karena Over Birahi (youtube.com)
Lovebird Buka Sayap atau Ngablak karena Over Birahi (youtube.com)

1. Terapi Mandi dan Renang

Kalau burung Lovebird sudah terlihat ngekek sambil mengepakkan sayap, salah satu penyebabnya karena over birahi. Mungkin saja dia melihat lawan jenis yang terlalu mempesona, sehingga birahinya naik.

Untuk mengatasinya, Anda cukup memandikan burung sampai basah kuyup. Burung bisa dimandikan dengan cara renang di dalam baskom atau disemprot. Namun, lebih bagus burung dimandikan di dalam baskom, biarkan Lovebird berenang.

Tujuannya adalah burung akan kelelahan sambil mengepakkan sayap. Dengan begitu, dia tidak akan mengepakkan sayap lagi karena sudah terlalu lelah.

2. Umbar dengan Koloni Lovebird

Burung Lovebird yang sering buka sayap bisa jadi sedang down mental dan stres. Anda dapat mengembalikan mentalnya dengan menyatukan bersama Lovebird lain di kandang koloni selama 1 minggu.

Lovebird butuh teman untuk menguatkan mentalnya agar lebih percaya diri. Saat bersama teman atau keluarga, tingkat kepercayaan diri akan naik dan mentalnya lebih fighter.

Loading...

3. Jangan Diberi Makan Langsung Pakai Tangan

Kalau Anda tidak ingin Lovebird mengepakkan sayap sambil ngekek lebih baik jangan membuatnya jinak. Penyebab Lovebird seperti ini karena burung terlalu jinak. Kemungkinan Anda terlalu sering memberikan makan dengan tangan, mengajak bermain, sering mendampinginya, dan lain-lain.

Solusinya, hentikan kebiasaan memberikan pakan menggunakan tangan. Berikan milet atau pakan extra fooding di wadah cepuk saja. Jangan terlalu sering memanjakan burung, biarkan dia sendirian bersama burung lain. Kalau sudah terlalu jinak, biasanya akan sulit dibuat fighter. Soalnya, burung sudah terlanjur bergantung pada Anda.

Anda mungkin sudah dianggap sebagai orangtuanya sendiri. Otaknya sudah merekam seluruh kebaikan Anda, sehingga walau Anda gebrak-gebrak sekalipun, dia tidak akan fighter. Semoga saja, dengan rajin mengerodong full, bisa membuat Lovebird Anda kembali normal dan tidak mengepakkan sayap lagi.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian penyebab Lovebird ngekek sambil mengepakkan sayap atau ngablak dan cara mengatasi. Burung Lovebird memiliki alasan tersendiri hingga dia gemar membuka sayapnya. Yang terpenting Anda selalu memahami karakter Lovebird.

Selalu perhatikan apa yang Anda lakukan dan akibatnya terhadap Lovebird seperti apa. Dengan begitu Anda akan mengetahui penyebab Lovebird ngablak dan cara mengatasinya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!