18 Penyebab Lovebird Ngetik di Lomba agar Kembali Ngekek Panjang

18 Penyebab Lovebird Ngetik di Lomba agar Kembali Ngekek Panjang

Burungnya.com – Sering melihat Lovebird ngetik di lomba? Hal tersebut sudah biasa karena mungkin Lovebird masih muda dan kurang mendapatkan pelatihan serta perawatan yang intensif. Lovebird di lomba lebih sering mompa-mompa dan ngetik. Permasalahan ini harus diketahui penyebabnya agar Anda dapat membuat Lovebird ngekek panjang lagi.

Cara mengatasi Lovebird ngetik di lomba memang tidak semudah yang dibayangkan. Penyebab dan faktor yang menjadikan Lovebird ngetik bervariasi. Ada yang Lovebird ngetik karena kondisi lingkungan, ada pula karena faktor dalam tubuh, seperti kurang asupan vitamin atau Lovebird sedang sakit.

Baca juga: 8 Setingan Lovebird Konslet Koloni dengan 4 Pasangan

Jadi, pada dasarnya Lovebird ngetik atau Lovebird mompa biasanya diakibatkan karena burung sedang sakit, kondisi lingkungan yang tidak sesuai, dan burung kurang mendapat makanan bergizi. Terkadang latihan juga diperlukan agar Lovebird yang hanya ngetik dapat meningkat levelnya menjadi ngekek panjang atau konslet.

Penyebab Lovebird Ngetik di Lomba

Apabila dirangkum berikut beberapa penyebab burung Lovebird ngetik di lomba dan tidak mau ngekek di lapangan:

  1. Burung Lovebird sakit atau kurang fit.
  2. Lovebird kurang mendapat asupan multivitamin atau extra fooding.
  3. Kondisi lingkungan yang buruk atau tidak sesuai dengan lingkungan burung di rumah.
  4. Burung Lovebird sedang mabung.
  5. Lovebird stres karena pengaruh hewan lain atau gangguan kesehatan.
  6. Burung Lovebird kalah mental atau kurang fighter.
  7. Karakter Lovebird memang cuma ngetik dan mompa-mompa saja.
  8. Burung Lovebird tidak berasal dari trah jawara atau kurang prospek.

Cara Membuat Lovebird Ngetik Jadi Ngekek dan Konslet

1. Berikan Makanan Bernutrisi

Lovebird yang biasanya cuma diberi milet putih saja, sekarang coba ditambah dengan makanan bernutrisi atau campuran makanan bergizi yang diolah menjadi satu.

2. Memberi Multivitamin Lovebird

Burung Lovebird diberi multivitamin yang bisa dibeli secara online di toko-toko online, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain-lain.

3. Tambah Porsi Extra Fooding

Pemberian extra fooding bisa ditambah dan ditingkatkan. Cari tahu dulu apa EF kesukaan burung Lovebird Anda. Setelah itu, tambahkan porsinya secara bertahap.

4. Setingan Birahi Lovebird Harus Tepat

Kondisi birahi Lovebird bisa berubah-ubah tergantung, kondisi tubuh, lingkungan, pasangan, untulan, atau lawan. Oleh karena itu, stabilkan birahi Lovebird agar tidak terlalu over birahi atau malah kurang birahi.

5. Kurangi Penjemuran

Jika Lovebird cuma ngetik di lomba, sebaiknya penjemuran di waktu pagi menjelang siang agak dikurangi. Misalnya, Lovebird sering dijemur selama 2 jam, maka kurang durasinya menjadi 1 jam atau setengah jam.

Loading...

6. Jangan Terlalu Sering Dimandikan

Kalau penjemuran dikurangi, bukan berarti durasi waktu mandi harus ditambah. Anda sebaiknya tetap memandikan Lovebird sewajarnya saja. Pemandian Lovebird bisa dilakukan pagi dan sore hari.

7. Memahami Karakter Lovebird

Karakter Lovebird dan suasana hati Lovebird harus dipelajari seiring berjalannya waktu. Anda harus belajar bagaimana memahami karakter Lovebird di rumah maupun di lapangan. Jika Lovebird ngetik, kira-kira apa yang telah Anda lakukan sehingga membuat Lovebird ngetik atau bagaimana kondisi Lovebird saat itu.

8. Latihan Mental Lovebird

Burung Lovebird juga butuh latihan mental agar lebih fighter di rumah atau di lomba. Latihan mental pada burung Lovebird dapat dilakukan saat di rumah dengan cara ditrek dengan Lovebird lain atau belajar langsung di gantangan.

9. Pemasteran Lovebird

Kalau Lovebird cuma ngetik saja, biasanya Lovebird jarang dimaster atau isian masterannya salah. Anda harus mengetahui masteran yang cocok untuk Lovebird sehingga suaranya tidak rusak. Pemasteran Lovebird dapat dilakukan dengan suara burung asli atau suara masteran MP3. Ingat jangan terlalu keras volume suaranya, cukup pelan saja tapi mengalun-ngalun sehingga Lovebird lebih mudah mengingat isian suara masteran tersebut.

10. Berikan Pasangan atau Untulan

Terkadang Lovebird ngetik karena birahinya tidak tersalurkan dengan baik. Sehingga tingkah laku Lovebird jadi kurang baik, seperti gesek tangkringan, tabrak jeruji sangkar, dan lain-lain. Dengan adanya untulan, birahi Lovebird lebih stabil dan suasana hatinya lebih bahagia karena bisa menyalurkan birahi kapan saja.

Baca juga:

Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi Lovebird ngetik di lomba. Ada kemungkinan Lovebird ngetik karena memang berasal dari keturunan yang kurang baik. Sehingga sebelum memelihara Lovebird, pilih Lovebird gacoan dari indukan yang sering menang juara atau trah jawara.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • pancingan lovebird ngetik ngekek panjng
  • lovebird ngetik panjang
  • cara pakai doping kecap bango pada lb betina untulan
  • karakter lovebird di gantangan
  • lovbir ngetik
  • lovb
  • tingkah lovebird ngetik
  • lb ngtik ngekek
  • Lb ngetik panjang
  • lb gentik

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!