7 Penyebab Lovebird Nyilet yang Jarang Disadari

Burungnya.com – Salah satu penyakit Lovebird adalah nyilet. Penyakit ini menyerang struktur tubuh burung Lovebird sehingga fisiknya tampak kurus kering lemas dan tak berdaya. Apabila masalah penyakit ini tidak segera mendapat penanganan khusus, burung Lovebird Anda bisa mati.

Apa yang menyebabkan Lovebird dada nyilet? Penyebabnya sementara ini diketahi karena dia tidak mendapatkan perawatan yang baik. Burung kemungkinan besar kekurangan nutrisi, vitamin, dan perawatan harian sering ditinggalkan. Misalnya, burung lupa diberi makan, sangkar jarang dibersihkan, dan burung tidak pernah dimandikan ataupun dijemur.

Masalah nyilet pada Lovebird sebenarnya sebagian besar disebabkan karena penyakit. Namun, hal tersebut faktor utamanya karena perawatan pemiliknya yang tidak konsisnten dan maksimal. Jadi, selalu ada kaitan antara penyakit nyilet Lovebird dengan perawatan dari pemiliknya.

Lovebird Nyilet Kurus (maniaklovebird.blogspot.com)
Lovebird Nyilet Kurus (maniaklovebird.blogspot.com)

Penyebab Lovebird Nyilet yang Jarang Disadari

1. Burung Lovebird Kekurangan Asupan Makanan

Masalah terbesar yang selama ini menyebabkan Lovebird dada nyilet bisa jadi karena kekurangan makanan. Burung yang kekurangan makan bisa membuatnya jadi nyilet dan kurus. Terlebih, asupan makanan tidak hanya karbohidrat saja, melainkan juga vitamin, protein, mineral, dan kandungan gizi lainnya.

2. Kurang Perawatan

Kekurangan asupan makanan bukanlah masalah satu-satunya. Sebab, burung yang perawatannya tidak rutin juga berpotensi menyebabkan Lovebird nyilet. Perawatan yang dimaksud seperti mandi, jemur, pemasteran, dan lain sebagainya.

Seluruh perawatan tersebut harus diberikan secara konsisten setiap hari. Tujuannya agar burung Lovebird sehat dan rajin ngekek panjang. Saat perawatan burung kurang baik, maka gangguan penyakit akan datang silih berganti, tak terkecuali penyakit nyilet.

3. Gondok Lovebird

Mungkin Anda hanya mendengar penyakit gondok pada manusia saja. Sebenarnya gondok juga bisa terjadi pada burung. Cirinya sama, yakni terjadi benjolan pada leher burung.

Anda harus segera mengambil tindakan untuk menyembuhkan burung tersebut. Jika tidak, burung Lovebird bisa kehilangan nyawanya.

4. Lovebird Cacingan

Penyakit cacingan dapat menyerang Lovebird dan manusia. Efeknya sama, yaitu burung bisa menjadi kurus sama seperti manusia. Biasanya burung makan banyak tetapi tidak bisa gemuk dan selalu terlihat lesu.

Nah, untuk menanggulangi hal tersebut, pastikan kandang selalu bersih dan burung selalu dimandikan setiap hari. Ganti pakan minum setiap hari. Pasalnya, penyebaran penyakit cacingan biasanya pada tempat yang kotor dan kurang terawat.

Loading...

5. Lovebird Keracunan Logam

Sangkar Lovebird sebagian besar terbuat dari bahan logam besi. Jika logam tersebut berkarat, maka bisa meracuni burung. Akhirnya burung Lovebird bisa terkena penyakit nyilet. Kalau burung tersebut sehat dan fisiknya kuat, mungkin masih aman.

Namun, bila burung tersebut dalam kondisi lemah, atau mabung, tentu akan mudah sekali terkena nyilet dan keracunan. Daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, sebaiknya segera cat ulang sangkar apabila sangkar sudah kehilatan berkarat atau catnya mengelupas.

6. Penyakit Akibat Tungau dan Kutu

Lovebird yang jarang dimandikan bulunya bisa jadi sarang tungau dan kutu. Kalau sudah begini, burung jadi malas berkicau, malas makan, dan minum. Burung Lovebird akan terganggu bahkan melukai tubuhnya sendiri karena rasa gatal.

Burung akan menjadi lemas karena darah Lovebird dihisap terus menerus oleh kutu. Sehingga, tubuhnya menjadi lemah, jatuh sakit, dan akhirnya mati.

7. Sakit Paruh Lovebird

Paruh Lovebird sesekali harus mendapatkan perhatian. Sebab, ini merupakan jalan masuk makanan dan minuman. Apabila ada penyakit atau luka pada paruh, tentu burung tidak bisa makan dan minum.

Alhasil, kondisi burung akan melemah dan jatuh sakit. Paruh Lovebird harus selalu dirawat dan dibersihkan. Berikan gigitan Lovebird dari kayu, untuk menjaga agar paruh Lovebird kuat
dan tidak terlalu panjang seperti paruh gajah. Dengan begitu, paruh Lovebird akan senantiasa sehat.

Kesimpulan

Demikian beberapa penyebab Lovebird nyilet yang jarang disadari. Mungkin sebagian penyebab sakit Lovebird tadi sepele, tetapi efek buruknya bisa menjadikan Lovebird mati. Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam merawat Lovebird.

Baca juga:

Bila Anda mengetahui ada yang tidak beres pada Lovebird, segera diobati. Berikan perawatan yang baik dan jaga kebersihan sangkar serta burung tersebut. Dengan begitu, burung Lovebird tidak akan nyilet dan tetap gemuk sehat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • apa yang dimaksud burung nyilet

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!