Penyebab Utama Burung Cenderawasih Hampir Punah dan Akibatnya

Burungnya.com – Selama ini Anda yang tinggal di wilayah Indonesia bagian barat, mungkin jarang melihat burung Cenderawasih. Sebab, burung ini hanya ditemukan di Indonesia bagian timur, tepatnya di Papua Nugini, Pulau Torres, hingga Australia Timur.

Apa yang menarik dari burung Cenderawasih? Sudah pasti daya tarik burung ini terletak pada keindahan bulunya. Tak heran, banyak orang menyebutnya burung Surga dan semua orang di seluruh dunia mengakuinya. Istilah kerennya, bird of paradise.

Tahukah Anda, burung Cenderawasih jadi maskot Papua. Masyarakat di sana sering menggunakan bulu Cenderawasih sebagai hiasan atau pelengkap dalam pakaian adat. Namun, sekarang perlengkapan adat sudah diganti dengan bulu Cenderawasih palsu.

Masyarakat di Papua ingin menjaga kelestarian burung Cenderawasih agar tidak punah. Pendatang dan masyarakat lokal tidak boleh menggunakan bulu Cenderawasih secara sembarangan. Bulu indah Cenderawasih hanya boleh dipakai oleh ketua adat dan para sesepuh.

Dari keindahan bulunya, banyak orang yang memperjualbelikan burung Cenderawasih. Burung ini tidak dijual secara terang-terangan, tapi diperjualbelikan di pasar gelap.

Penyebab Burung Cenderawasih Hampir Punah

Itu tadi salah satu penyebab burung Cenderawasih hampir punah. Memang benar, efek perdagangan burung Cenderawasih memancing orang-orang memburu dan menangkap Cenderawasih di hutan.

Jumlah burung di alam berkurang drastis dan habitatnya rusak. Tidak hanya perburuan saja, lahan atau habitat burung Cenderawasih ikut rusak karena pembukaan lahan untuk industri.

Lebih mirisnya lagi, perdagangan burung Cenderawasih ini sudah dilakukan sejak abad 19 dan awal abad 20. Bulunya jadi trend penghias topi wanita di Eropa.

Penyebab Burung Cenderawasih Punah dan Akibatnya (balisafarimarinepark.com)
Penyebab Burung Cenderawasih Punah dan Akibatnya (balisafarimarinepark.com)

Daftar Burung Cenderawasih yang Dilindungi

Pemerintah langsung mengambil tindakan dengan memasukan Cenderawasih ke dalam daftar burung dilindungi. Beberapa jenis burung Cenderawasih yang masuk daftar burung dilindungi UU No. 5 Tahun 1990 dan PP No. 7 Tahun 1999 sebagai berikut:

  1. Cenderawasih Kuning Kecil
  2. Burung Cenderawasih Botak
  3. Cenderawasih Raja
  4. Burung Cenderawasih Merah
  5. Toowa

Menurut buku Biologi Lingkungan (2017) karya Efri Roziaty dan kawannya, burung Cenderawasih terancam punah karena terus-terusan diburu.

Loading...

Selain itu, sakralitas burung Cenderawasih di kalangan masyarakat adat Papua dulu sempat luntur. Mungkin lunturnya sakralitas tersebut karena iming-iming uang dari para pembeli burung Cenderawasih.

Sekarang sepertinya burung Cenderawasih sudah dianggap sakral lagi oleh masyarakat sekitar dan pastinya oleh kalangan warga adat.

Di samping itu, ada yang harus Anda ketahui bahwa perkembangan burung Cenderawasih relatif lambat. Burung betina hanya bertelur 2-3 butir per masa kawin atau per tahun.

Terlebih sekitar tahun 1900 – 1930 terjadi perburuan burung Cenderawasih besar-besaran. Seperti halnya burung Cenderawasih kuning kecil dan apoda yang dieskpor ke Eropa. Dari situlah, populasi burung ini semakin menipis.

Akibat Bila Burung Cenderawasih Punah

Apa akibat jika burung Cenderawasih punah suatu hari nanti? Ini akan berdampak pada anak cucu kita. Nantinya, anak cucu kita tidak bisa melihat burung Cenderawasih secara langsung, mereka cuma bisa menikmati video dan gambar saja.

Seluruh masyarakat Indonesia akan menyesal karena seharusnya burung tersebut bisa dijaga tapi malah diburu dan dijual. Terlebih burung ini hanya ada di Indonesia bagian timur sebagian di Australia Timur.

Sehingga bila burung ini sudah punah, maka tidak bisa dikembangbiakkan lagi. Seluruh dunia sudah mengakui kecantikan bird of paradise. Kita menjagi bangga atas burung Cenderawasih. Namun, bila burung ini punah, apa yang bisa kita banggakan?

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian penyebab burung Cenderawasih hampir punah dan akibatnya kalau sudah punah. Kita sebagai warga Indonesia harus menjaga populasi burung tersebut.

Meski kita tidak tinggal di Papua, kita masih bisa melestarikan burung Cenderawasih dengan cara mengingatkan ke semua orang untuk ikut menjaga mereka.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!