18 Perawatan Harian Lovebird Kusumo Agar Ngekek Panjang di Lomba

Burungnya.com – Saat ini Lovebird Kusumo sedang diternak untuk mendapatkan anakan Lovebird fenomenal. Namun, sampai sekarang anakan Lovebird Kusumo belum lahir ke dunia. Sambil menunggu proses bertelur dan menetas, Om Sigit WMP Klaten membocorkan perawatan harian Lovebird Kusumo agar ngekek panjang selama di lomba atau lapangan.

Setingan harian Lovebird Kusumo bisa dibilang tidak terlalu sulit dan merepotkan. Perawatan dimulai pukul 05.00 pagi sampai malam setelah solat Isya. Setelah itu, Lovebird Kusumo cuma dikerodong sambil mendengarkan suara masteran dan lampu dimatikan.

Dalam channel video YouTube SigitWmp Klaten, secara garis besar dijelaskan perawatan Lovebird Kusumo di antaranya pengembunan, pengumbaran, pemandian, penjemuran, dan pemasteran.

Baca juga: 7 Tips Rahasia Merawat Burung yang Dibocorkan Pemilik Lovebird Kusumo

Loading...
Lovebird Kusumo dan Om Sigit WMP (youtube.com)
Lovebird Kusumo dan Om Sigit WMP (youtube.com)

Perawatan Harian Lovebird Kusumo

  1. Pukul 05.00 pagi Lovebird Kusumo diembunkan.
  2. Pukul 05.30 pagi Lovebird Kusumo diumbar di kandang umbaran burung Murai Batu. Pengumbaran kira-kira 50-100 kali terbang.
  3. Pengumbaran Lovebird Kusumo cukup 2 kali seminggu dengan cara disemprot kakinya biar mau terbang.
  4. Setelah diumbar, Lovebird Kusumo diambil dari kandang umbaran dengan cara dipegang, lalu dijemur di bawah selama 15 menit. Pada saat dijemur di lantai atau di tanah, Lovebird harus selalu dijaga agar tidak diserang binatang lain.
  5. Selesai dijemur di bawah sinar matahari selama 15 menit, Lovebird Kusumo dimasukkan air biar mandi sendiri.
  6. Jika Lovebird Kusumo tidak mau mandi sendiri, biasanya disemprot sampai basah kuyup.
  7. Setelah basah kuyup, Lovebird Kusumo diteduhkan atau diangin-anginkan sebentar biar didis sampai bulunya mengering.
  8. Kalau bulunya sudah kering, Lovebird Kusumo dijemur lagi. Penjemuran cukup setengah tangkringan saja. Maksudnya, setengah tangkringan terkena sinar matahari, setengahnya di tempat teduh.
  9. Biasanya, kalau Lovebird Kusumo sudah merasa cukup penjemurannya, dia akan ngekek terus atau, turun ke bawah, atau gelisah lompat-lompat.
  10. Kalau sudah seperti ini, Lovebird Kusumo dianginkan sebentar kemudian diletakkan di dalam rumah.
  11. Sambil istirahat, Lovebird Kusumo dimaster dengan suara Lovebird lain tapi tidak melihat secara langsung, cukup suaranya saja.
  12. Proses pemasteran Lovebird Kusumo dilakukan tanpa dikerodong. Kalau siang, Lovebird Kusumo tidak dikerodong sama sekali.
  13. Setelah solat Isya di malam hari, Lovebird Kusumo disemprot dadanya 3 kali, kemudian diangin-anginkan selama 5 menit, lalu dikerodong.
  14. Pada saat dikerodong malam, Lovebird Kusumo dimaster lagi dalam keadaan gelap atau lampu dimatikan.
  15. Pakan Lovebird Kusumo setiap hari diberi jagung manis yang diganti 2 hari sekali. Jagungnya harus manis, karena kalau jagung biasa mudah jamuran.
  16. Di kesempatan yang lain, Om Sigit WMP Klaten pernah mengatakan Lovebird Kusumo dikasih milet putih untuk pakan harian.
  17. Kalau selesai lomba, biasanya Lovebird Kusumo diberi daun bayam agar kondisi tubuhnya kembali fit. Pemberian daun bayam secara utuh dikaitkan di dinding sangkar. Jangan lupa bayam dicuci bersih sebelum diberikan ke Lovebird.
  18. Selain itu, Lovebird Kusumo diberi daun ginseng agar kuat main berkali-kali. Daun ginseng dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh burung serta menjaga stamina burung supaya kuat ngekek panjang dan rajin bunyi.

Demikian beberapa perawatan harian Lovebird Kusumo biar ngekek panjang di lomba. Perawatan ini dilakukan mulai dari pagi sampai malam setiap hari. Rahasia setingan Lovebird Kusumo sering dibagikan Om Sigit WMP Klaten melalui Facebook, Instagram, dan YouTube.

Suplemen Lovebird Kusumo (youtube.com)
Suplemen Lovebird Kusumo (youtube.com)

Bahkan, Om Sigit WMP Klaten pernah membocorkan suplemen atau vitamin Lovebird Kusumo agar ngekek panjang dan gacor. Begitulah kebaikan Om Sigit WMP Klaten kepada kicau mania lainnya. Pemilik Lovebird Kusumo ini juga tak segan membuka sesi tanya jawab tentang perawatan Lovebird Kusumo dan masalah penyakit Lovebird lainnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman lainnya. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • rawatan harian dan setingan lomba LB kusumo

Berikan komentar