5 Perawatan Harian Perkutut Agar Rajin Bunyi

Burungnya.com – Tahukah Anda, pada dasarnya Perkutut menyukai panas. Burung Perkutut jarang bunyi kalau berada di cuaca dingin. Oleh karena itu, banyak kalangan Kung Mania selalu menyempatkan diri untuk menjemur Perkutut setiap hari. Soalnya, ini berkaitan dengan perawatan harian Perkutut.

Selain jemur menjemur, ada juga yang harus diperhatikan dalam merawat Perkutut setiap hari, yaitu makanan. Pakan utama burung Perkutut berupa biji-bijian. Apa saja makanan burung Perkutut yang bagus dan bermanfaat?

1. Makanan Utama Burung Perkutut

  • Milet
  • Gabah
  • Jewawut
  • Ketan hitam
  • Godem
  • Kacang hijau
  • Beras merah
  • Tulang sotong

Walau banyak pilihan biji-bijian yang bagus untuk Perkutut, tapi lebih baik Anda membeli pakan burung kemasan bermerek yang sudah jadi. Maaf kami tidak menyebut merek, tapi beli saja di toko burung salah satu pakan bermerek untuk Perkutut.

Alasannya pakan bermerek sudah dicampur dengan vitamin, madu, dan rempah-rempah lain untuk menjaga kondisi burung Perkutut. Kalau Anda membeli pakan kiloan atau pakan campuran kiloan, biasanya cuma murni biji-bijian saja tanpa ada campuran vitamin atau rempah-rempah.

Perkutut termasuk burung yang paling mudah dipelihara karena makanan Perkutut sangat awet. Pakan Perkutut bisa diberikan sekali untuk 3 hari. Bahkan, Anda memberikan pakan 6 hari sekali, biasanya pakan tersebut masih tersisa.

2. Jadwal Mandi Perkutut

Dalam hal mandi, yang paling bagus adalah memandikan Perkutut langsung menggunakan tangan. Mengapa harus menggunakan tangan? Selain membuat Perkutut lebih jinak, burung menjadi semakin kenal dengan pemiliknya.

Alasan lain, mandi dengan diusap tangan lebih aman dan nyaman. Sambil disiram air dari pancuran, tubuh Perkutut dipijat pelan. Oh iya, memandikan Perkutut jangan sampai airnya masuk lubang hidung.

Jadi, air pancuran jangan diarahkan langsung ke bagian kepala. Cukup arahkan air ke tubuhnya, kemudian khusus kepala diusap-usap saja dengan sedikit air.

Lebih bagus lagi, memandikan burung Perkutut dengan air bekas cucian beras. Fungsinya untuk membuat bulu lebih sehat, mengkilat, dan mencegah adanya kutu.

Waktu mandi Perkutut yang paling tepat saat sore hari menjelang solat Maghrib atau malam hari. Mandi Perkutut cukup 1 minggu sekali atau 2 hari sekali, burung giras atau tidak. Kalau burung galak atau giras, mandikan burung lebih sering.

Cara Merawat Perkutut Setiap Hari (shopee.co.id)
Cara Merawat Perkutut Setiap Hari (shopee.co.id)

3. Penjemuran Perkutut

Burung Perkutut sangat menyukai cuaca panas, sehingga penjemuran rutin sangat penting. Setiap hari Perkutut harus dijemur di bawah sinar matahari. Nah, karena kebanyakan sangkar Perkutut ada kubah atau penutup, sebaiknya pindahkan Perkutut ke sangkar jemur agar sinar matahari bisa mengenai tubuhnya.

Loading...

Durasi jemur pada burung Perkutut bisa dari pagi sampai sore. Yang penting, jam 07.00 – 10.00 burung bisa dijemur langsung di bawah sinar matahari. Nanti, saat mendekati jam 12.00 burung dipindah ke tempat agak teduh. Setelah jam 14.00 burung bisa dijemur lagi sampai sore.

4. Membersihkan Sangkar

Anda tidak perlu membersihkan sangkar setiap hari. Kotoran Perkutut tidak bau, tapi kalau burung kurang fit atau sedang sakit, kotorannya menjadi bau.

Pembersihan kotoran Perkutut bisa 3 hari sekali, tujuannya burung akan semakin nyaman bila dia mencium aroma kotorannya sendiri. Ini menandakan bahwa di berada di daerah kekuasaannya. Burung menjadi percaya diri untuk manggung dan akhirnya rajin bunyi.

Ada juga kotoran Perkutut yang sengaja tidak dibersihkan karena menumpuk dan berbentuk seperti gunung. Konon katanya Perkutut yang hobi menumpuk kotoran dinamakan Perkutut Sri Tumpuk. Perkutut ini bisa membawa rezeki menumpuk bagi pemiliknya.

Cukup jarang ada Perkutut yang membuang kotoran di satu tempat sampai menumpuk seperti gunung. Meski nanti pemiliknya dikira jorok karena jarang membersihkan sangkar, tapi aslinya hal tersebut adalah letak keunikannya.

5. Menjaga Kesehatan Perkutut

Agar stamina Perkutut tetap terjaga, berikan vitamin pada burung Perkutut. Nah, vitamin Perkutut bisa berupa vitamin anak-anak merek Vitkom atau vitamin cair bayi. Pemberian vitamin ini cukup 1-2 minggu sekali.

Nah, untuk membuat Perkutut rajin bunyi, lolohkan biji kacang hijau yang sudah direndam air panas. Tujuan kacang hijau direndam air panas agar lebih lunak dan mengembang. Porsi pemberian kacang hijau bisa 3 biji setiap hari atau 3 hari sekali.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian perawatan harian Perkutut agar rajin bunyi. Sebenarnya simpel sekali perawatan Perkutut, karena burung ini tidak membutuhkan setingan ekstra seperti burung kicauan lain.

Untuk makanan cukup diberi pakan bermerek, tambahkan tulang sotong, lalu mandi bisa seminggu sekali. Jemur burung bisa setiap hari dan kotoran Perkutut tidak perlu dibersihkan setiap hari karena tidak bau. Kemudian jangan lupa Perkutut juga diberi multivitamin agar selalu sehat dan rajin bunyi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Merawat perkutut agar rajin gacor
  • Cara perawatan perkutut
  • cara perawatan perkutut agar rajin bunyi
  • Merawat perkutut harian
  • Cara merawat burung perkutut supaya rajin bunyi
  • waktu penjemuran burung perkutut
  • Cara biar perkutut rajin ngeretek dan ngoar
  • burung perkurtut lokal rajin bunyi
  • Bgmna carany agar perkutut rajin manggung atau berbunyi
  • Berapa jam menjemur perkutut lokal yang baik

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!