26 Perawatan Kucing Leopard Asia Blacan dan Menu Makanan

Burungnya.com – Sudah banyak yang tahu bahwa kucing Leopard Asia atau Blacan terkenal liar. Ya, dari fisiknya sudah kelihatan kalau kucing tersebut memang tampak galak, ganas, dan buas.

Namun, karena masuk kategori kucing, jadi tingkat keganasannya tidak seperti singa atau harimau. Nah, banyak orang menyukai kucing blacan karena corak bulunya totol-totol seperti macan tutul.

Masalahnya satu, bagaimana cara merawat kucing Leopard Asia atau blacan, mengingat bentuknya mirip macan di alam liar? Tentu perawatan kucing seperti ini tidak boleh disamakan dengan kucing rumahan atau kucing kampung.

Dia kucing hutan yang terbiasa hidup liar, sehingga butuh adaptasi untuk hidup berdampingan dengan manusia. Kecuali, kucing blacan tadi hasil penangkaran atau diternak, pasti karakternya lebih tenang.

Baca juga: 5 Jenis Kucing Hutan Hampir Punah Tidak Boleh Dipelihara

Cara Merawat Kucing Leopard Asia Blacan

1. Rawat Sejak Kecil

Kucing Leopard Asia sangat sulit berinteraksi dengan manusia. Itu kalau sudah dewasa ya, tapi kalau masih anak-anak, dia bisa dilatih menjadi lebih penurut.

Jadi, coba rawat kucing blacan sejak masih anakan. Soalnya naluri hidup di alam sangat tinggi, kucing menjadi kurang terbiasa hidup di rumah.

Saran kami pelihara kucing hutan ini di usia 2 bulan ke atas. Jangan sampai pelihara kucing di bawah 2 bulan, nanti tumbuh kembangnya terganggu. Biarkan dia hidup bersama indukan dulu selama 2 bulan, baru Anda yang merawatnya.

2. Suka Alam Terbuka

Namanya kucing hutan, mau gimana lagi. Dimasukkan ke dalam rumah, pasti dia berontak dan ingin keluar. Kucing Leopard seperti ini sukanya hidup di alam terbuka.

Kalau lahan pekarangan atau taman Anda besar, cocok sekali untuk pelihara kucing Blacan. Berbeda bila Anda hidup di perumahan yang berdempetan dan sempit, lebih baik tidak memelihara kucing hutan seperti ini.

Takutnya kucing jadi stres dan tidak bisa hidup layak. Kalau Anda bersedia mengajaknya ke taman setiap hari, mungkin dia masih bisa bertahan di sana dalam beberapa waktu.

Perawatan Kucing Leopard Asia Blacan (fonwall.ru)
Perawatan Kucing Leopard Asia Blacan (fonwall.ru)

Tapi mana mungkin sekarang orang sempat mengajak kucing ke taman setiap hari. Sebab, kebutuhan hidup dan kerja lebih padat ketimbang merawat kucing.

Berbeda dengan kucing rumahan, dia bisa dirawat di rumah dan dimasukkan ke kandang. Minimal dia betah tinggal di dalam rumah, sehingga Anda bisa kerja ke kantor dengan tenang.

3. Minum Susu

Walau dipelihara sejak kecil, kucing Leopard terkenal agresif dan tidak bisa diam. Naluri berburunya sangat tinggi. Dia mungkin akan penasaran dengan suara-suara di sekitar dan akan memburunya.

Nah, untuk menambah asupan makanan yang sehat, berikan susu sebagai pendamping. Susu segar khusus kucing diberikan secara hati-hati agar kucing tidak tersedak.

Cara pemberian susu bisa menggunakan spuit atau alat suntik sehingga bisa langsung diminum kucing tanpa tumpah.

4. Jangan Diberi Makanan Kemasan Terus

Kucing liar dan kucing hutan, tentunya memiliki menu makanan sendiri. Anda jangan terlalu sering memberikan makanan kemasan ke kucing Leopard.

Berikan saja, daging segar, misal ayam atau sapi. Terkadang kucing hutan makanan yang mentah, fresh, dan ada darahnya sedikit. Ini membuat naluri berburunya di alam liar tidak hilang.

Loading...

Kalau Anda memberikan makanan kemasan terus menerus, kucing blacan akan kehilangan sifat aslinya. Nanti dia akan sama seperti kucing rumahan. Bedanya cuma fisik terlihat garang saja.

Baca juga: 15 Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia Hampir Rp 2 Miliar

5. Makanan Kucing Dewasa

Anda boleh memberikan makanan full daging untuk kucing Leopard. Sebab, kucing ini sudah terbiasa makan daging sejak zaman nenek moyang.

Berbeda dengan kucing Persia atau Anggora, pasti dia tidak terlalu suka bila setiap hari diberi daging. Kucing rumahan lebih suka makanan kemasan karena rasanya lebih menggoda.

Walau pada dasarnya makanan kemasan juga berasal dari daging, tapi campuran di dalam makanan kemasan sering kali sudah ditambah dengan bahan lain yang membuat kucing suka.

Pada intinya, kucing blacan dewasa bisa diberi daging saja. Kalau Anda sedang sibuk atau misal uang menipis, berikan makanan kemasan yang kandungan dagingnya tinggi.

Oleh karena itu, melatih kucing hutan makan makanan kemasan juga penting. Ini mungkin kurang disukai kucing, tapi cukup baik untuk finansial Anda.

6. Vaksinasi Kucing

Namanya kucing hutan, kehidupannya liar dan sulit ditebak. Bisa jadi, dia membawa penyakit atau virus dari luar. Anda harus waspada dengan cara memberikan vaksinasi pada kucing Leopard.

Coba bawa ke dokter hewan dulu, untuk merencanakan vaksinasi terbaik pada kucing Anda. Biasanya dokter akan memberikan pilihan vaksin yang cocok untuk kucing liar.

7. Ajak Bermain Biar Dekat

Kucing Leopard mungkin agak sulit berinteraksi dengan manusia. Solusinya ajak dia bermain terus dan dekati dia. Hubungan erat dan ketulusan dari Anda akan membuatnya lebih jinak.

Nanti kalau kucing hutan sudah benar-benar jinak, pastinya dia lebih enak diajak main seperti layaknya kucing rumahan. Kalau bisa jinaknya hanya pada Anda, tapi di luar itu masih tetap garang dan berkharisma.

Baca juga: 5 Makanan Kucing Murah dan Terbaik di Pasaran

Menu Makanan Kucing Leopard Asia atau Blacan

  1. Daging ayam
  2. Daging sapi
  3. Makanan kemasan dengan label daging.
  4. Menu makanan tanpa kandungan filler.
  5. Pilih makanan tanpa bahan pengawet, perasa, dan pewarna sintetis.
  6. Makanan kucing mengandung vitamin dan mineral.
  7. Kualitas daging baik dan segar.
  8. Lemak daging sehat.
  9. Makanan mengandung serat.

Merek Makanan Kucing Leopard Asia

  1. Nature’s Variety Instinct Canned Cat Food
  2. Orijen Dry Cat and Kitten Food
  3. Earthborn Holistic Primitive Feline Grain-Free Natural Dry Cat & Kitten Food
  4. BlackHawk Grain Free Cat Food
  5. Wellness Core Signature Selects Wet Cat Food
  6. Royal Canin Bengal Adult Dry Cat Food
  7. Purina One Dry Cat Food
  8. Hill’s Science Diet Dry Cat Food
  9. Purina Fancy Feast Beef Wet Cat Food
  10. Blue Buffalo Wilderness High Protein Cat Food

Baca juga: 5 Makanan Kucing Premium Termahal di Indonesia

Kesimpulan

Demikian beberapa cara merawat kucing Leopard Asia atau Blacan dan menu makanannya. Kucing hutan seperti ini sudah pasti mirip dengan kucing bengal.

Mereka sama-sama agresif dan sulit dekat manusia. Walau demikian, seharusnya ini menjadi tantangan untuk Anda agar bisa merawat kucing Leopard dengan baik.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!