Perawatan Lovebird yang Dianggap Benar Ternyata Salah (segalaburung.blogspot.com)

7 Perawatan Lovebird yang Dianggap Benar Ternyata Salah

Burungnya.com – Bagi pemula, perawatan Lovebird pasti cukup membingungkan. Perawatan atau setingan Lovebird jumlahnya banyak sekali. Ada setingan Lovebird Konslet, perawatan Lovebird single fighter, perawatan Lovebird untulan, dan lain-lain.

Namun, terkadang kicau mania tidak menyadari bahwa perawatan burung Lovebird yang dianggap sudah benar ternyata salah. Jadi begitu muncul perawatan yang viral di media sosial, kicau mania tidak mengobservasi dulu metode dan karakter burung. Dia langsung praktekkan setingan tadi ke burung.

Alhasil, burung Lovebird yang awalnya sudah mulai mau ngekek justru macet bunyi. Ada juga Lovebird yang sudah fighter di rumah, tapi begitu dibawa ke lomba cuma kepo dan diam saja. Hal seperti ini harus dipelajari lebih dalam oleh kicau mania, khususnya pemula.

Salah Perawatan Lovebird Akhirnya Mati (youtube.com)
Salah Perawatan Lovebird Akhirnya Mati (youtube.com)

Perawatan Lovebird yang Dianggap Benar Ternyata Salah

1. Lovebird Gacor di Rumah tapi Macet Bunyi di Lomba

Banyak kicau mania menganggap burung Lovebird gacor di rumah sudah pasti akan ngekek panjang di lomba. Namun, sebenarnya burung tersebut cuma birahi saja di rumah.

Nah, saat burung dibawa ke lomba, tentu birahinya tambah naik karena melihat burung yang lain. Sehingga Lovebird justru akan macet bunyi di lomba karena birahi terlalu tinggi.

Solusinya, Lovebird dirawat sendiri dan dijauhkan dari Lovebird lain. Burung setiap pagi diumbar, hentikan pemberian vitamin tetes, sayur, hingga racikan pakan dulu. Lovebird jangan dipancing ngekek dulu biar kondisi birahinya stabil.

Pakan cukup milet putih polos dan air jernih biasa. Kalau burung sudah tidak ngekek di rumah, berarti birahinya sudah stabil. Tenang saja, perawatan harian seperti ini tidak perlu untulan, cukup setingan Lovebird single fighter dengan pakan polosan. Kalau Lovebird Anda dirawat dengan untulan, berarti setingan tadi bersamaan dengan pasangan.

2. Ngetrek dengan Lovebird Lain

Jika Anda memiliki beberapa Lovebird di rumah, sebaiknya jangan ngetrek Lovebird. Sebab, ngetrek Lovebird membuat ngekeknya tidak teratur, birahi tidak stabil, dan mudah stres.

Sebagian kicau mania mungkin menganggap ngetrek Lovebird bagus untuk melatih mental. Namun, sejatinya hal tersebut justru efeknya tidak baik. Kalau bisa Lovebird dipertemukan lawan saat di lomba saja setiap seminggu sekali. Ketika Lovebird di rumah harus dikerodong.

3. Lovebird Dipancing Ngekek dengan Suara MP3 YouTube

Sebagian kicau mania terkadang ingin membuat Lovebird cepat bunyi dengan memancing ngekek menggunakan suara MP3 atau YouTube.

Hal tersebut kurang baik bila dilakukan saat burung sedang aktif. Burung boleh dimaster saat dia sedang istirahat. Itupun suara masteran MP3 harus pelan atau kecil sekali.

Sebab, memancing Lovebird bunyi dengan suara MP3 atau YouTube bisa membuatnya over birahi. Hal ini tentu kurang baik untuk performanya di lomba.

4. Beri Sayur dan Buah ke Lovebird

Sayur dan buah memang bergizi. Namun, beberapa kicau mania justru memberikan sayur dan buah ke Lovebird setiap hari dengan tujuan agar Lovebird sehat, konslet, serta ngekek panjang.

Pemberian sayur dan buah ke Lovebird sebenarnya kurang baik bila dilakukan setiap hari. Sebab, kandungan nutrisi yang berlebih bisa membuat produksi hormon pada burung meningkat dan menyebabkan Lovebird over birahi.

Loading...

Jika Anda ingin memberikan sayur dan buah ke burung Lovebird, sebaiknya lakukan saat burung kurang birahi. Jika burung dalam kondisi normal atau over birahi, tidak perlu diberi sayur buah setiap hari.

5. Lovebird Dijemur Lama

Sinar matahari mengandung vitamin D yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Oleh karenanya, sebagian kicau mania menjemur Lovebird lama sekali. Bahkan, burung Lovebird dijemur sampai 2-3 jam.

Hal tersebut salah kaprah, Lovebird cukup dijemur 10-15 menit saja, maksimal 30 menit. Kalau burung dijemur lama sekali, dia bisa over birahi, stres, dan galak. Selain itu, tubuhnya akan tersiksa karena kepanasan.

6. Burung Lovebird Diberi Racikan dan Ramuan

Beberapa kicau mania meyakini membuat racikan dan ramuan pakan Lovebird lebih bagus karena alami. Namun, bila takaran dan porsinya tidak tepat, hal tersebut justru berbahaya.

Walau sebagian orang mau membagikan resep racikan ke orang lain. Belum tentu racikan pakan Lovebird tersebut benar-benar dibagikan 100 persen. Tentu ada beberapa resep yang dirahasiakan karena memang itu rahasia perusahaan.

7. Sering Ganti Setingan Lovebird

Munculnya setingan Lovebird baru di media sosial membuat kicau mania terpancing untuk mencobanya. Padahal, sebelumnya burung Lovebird sudah cocok dengan salah satu setingan. Namun, karena pemiliknya kurang puas, sehingga setingan diganti lagi.

Perlu Anda ketahui, gonta-ganti setingan Lovebird efeknya sangat fatal. Bukan hanya burung tidak mau kerja di lapangan, Lovebird juga bisa macet bunyi selamanya karena stres.

Anda harus memberikan perawatan Lovebird yang masuk akal dan tidak membuat burung over birahi. Walau hasilnya tidak terlihat instan, tapi setidaknya burung nyaman dengan perawatan tersebut.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa perawatan Lovebird yang dianggap benar, ternyata salah. Sebenarnya kami tidak bisa menghakimi perawatan A benar atau perawatan B salah. Namun, secara logika dapat diketahui apa yang kita lakukan ke Lovebird benar-benar bisa membuatnya rajin ngekek atau sekadar ingin coba-coba saja.

Sebisa mungkin, sesuaikan perawatan Lovebird dengan kehidupan di alam. Misalnya, pagi embun, mandi, jemur, umbar, dan diberi pakan milet putih.

Itu saja sebenarnya sudah bagus untuk burung Lovebird. Namun, ego pemiliknya seakan kurang puas karena membandingkan perawatannya dengan perawatan burung tetangga yang lebih mahal.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kenapa lovebird harus dikerodong
  • perawatan burunh lovbrid salah

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!