Setingan Untulan Lovebird (shpock.com)

Perbandingan Setingan Tunggal dan Setingan Untulan Lovebird

Burungnya.com – Dalam merawat Lovebird terdapat dua setingan utama, yaitu setingan tunggal dan setingan untulan atau koloni. Setingan tunggal sering disebut setingan single fighter karena cuma mengandalkan seekor Lovebird saja. Sementara, setingan untulan mengandalkan pasangan Lovebird. Jadi minimal ada dua ekor Lovebird dalam satu kandang.

Lebih bagus mana, antara setingan tunggal dengan setingan koloni? Untuk masalah ini banyak sekali faktornya. Misal, keberhasilan setingan tersebut tergantung dari burung Lovebird itu sendiri, perawatan sehari-hari, kesehatan fisik, hingga faktor pakan dan vitamin.

Kami di sini mencoba bersifat adil antara kedua setingan tersebut. Artinya kami tidak memfokuskan pada salah satu setingan saja. Jadi, Anda sendiri yang nantinya harus menentukan mau menggunakan setingan single fighter atau setingan untulan Lovebird.

Setingan Lovebird

Perlu Anda ketahui setingan merupakan solusi semua permasalahan Lovebird. Sehingga Lovebird yang mulai bermasalah maka tindakan yang harus dilakukan adalah menerapkan setingan tanpa lomba.

Perawatan setingan Lovebird tanpa lomba merupakan solusi semua permasalahan Lovebird secara alami. Jadi apapun masalah Lovebird Anda solusinya adalah setingan tanpa lomba.

Hal ini dapat dilakukan sampai Lovebird tersebut memperlihatkan kondisinya siap kembali untuk berlomba, maka barulah Anda boleh mengikutkan lomba.

Jenis Setingan Lovebird

Dalam perawatan Lovebird ada 2 setingan utama yang sering digunakan kicau mania yaitu sebagai berikut:

  • Setingan tunggal atau single fighter untuk Lovebird muda.
  • Setingan koloni atau setingan untulan untuk Lovebird dewasa.

Perbandingan Setingan Tunggal dan Untulan

Setingan Tunggal Lovebird Single Fighter (realbirder.com)
Setingan Tunggal Lovebird Single Fighter (realbirder.com)

Setingan Tunggal Lovebird

Pengertian setingan tunggal adalah Lovebird disendirikan setiap hari dalam sangkar tanpa melihat Lovebird lain. Jadi Lovebird hanya melihat Lovebird lain di gantangan atau lomba saja. Selebihnya, Lovebird dirawat sendiri. Kalau punya Lovebird lain, harus dipisah di ruangan yang berbeda atau diberi sekat.

Cara Merawat Lovebird Single Fighter

Pagi pukul 05.30 Lovebird diembunkan di luar rumah atau simpan di kandang umbaran untuk menghirup udara pagi yang segar dan murni.

Setelah pukul 06.00 pagi, Lovebird dilatih terbang dalam kandang umbaran sebentar saja (15 menit). Tujuannya supaya peredaran darah Lovebird lancar serta menyehatkan semua organ-organ tubuh lain mulai dari jantung, paru-paru, otot kecil, otot besar, dan pankreas.

Selain itu, sistem pernapasan Lovebird semakin sehat yang tentunya menjadikan Lovebird bernapas panjang dan mampu menghasilkan suara ngekek panjang.

Setelah diumbar, Lovebird dikembalikan ke kandang kapsul harian dan dimandikan untuk membersihkan kotoran yang menempel di bulu-bulu.

Tujuannya untuk membuat Lovebird mengenali pemiliknya dan juga bermanfaat untuk menyegarkan tubuh Lovebird. Setelah mandi dan kandangnya sudah bersih, Lovebird diangin-anginkan sampai bulu kering, baru dijemur selama 15 menit.

Lovebird diberi pakan dan minum lalu dikerodong dan ditaruh di dalam rumah yang tempatnya sejuk. Saat dikerodong perdengarkan suara masteran Lovebird.

Sore hari saat pulang kerja, Lovebird digantung di luar rumah untuk diangin-anginkan. Lokasinya pilih yang ramai dan dilalui banyak orang untuk meningkatkan mentalnya. Selanjutnya, Lovebird boleh dimandikan atau tidak juga boleh.

Saat langit sudah gelap, burung dimasukkan lagi ke rumah dan dikerodong. Jangan lupa burung Lovebird harus dimaster lagi.

Loading...

Agar setingan tunggal Lovebird terlihat hasilnya, maka pakan Lovebird harus milet putih kiloan polos dan minumnya air putih saja. Sementara tidak perlu diberi vitamin atau suplemen Lovebird.

Setingan Lovebird Koloni atau Untulan (shpock.com)
Setingan Lovebird Koloni atau Untulan (shpock.com)

Setingan Untulan Lovebird

Pengertian setingan koloni atau untulan Lovebird biasanya khusus untuk Lovebird dewasa usia di atas 1 tahun. Setingan ini ampuh mengobati Lovebird juara yang rusak supaya kembali menjadi Lovebird tangguh dalam perlombaan.

Setingan koloni Lovebird mengharuskan Lovebird selalu berpasangan dengan untulan di dalam sangkar kotak. Jadi Lovebird harus diberi pasangan atau untulan yang berfungsi untuk menstabilkan birahi Lovebird. Walau Lovebird Anda rusak parah karena over birahi, maka akan kembali stabil dengan menggunakan setingan koloni atau untulan.

Cara Merawat Lovebird dengan Setingan Untulan

Setingan ini tidak perlu dikerodong, tetapi sepasang Lovebird harus berada di dalam sangkar kotak selama seharian. Intinya, setiap hari dijadikan satu, baik Lovebird jantan maupun betina. Usahakan udara di rumah Anda bersih tanpa ada asap bekas memasak, asap kendaraan, hingga asap mesin pabrik.

Perawatannya, pagi jam 05.30, Lovebird diembunkan dan dilatih olahraga di sangkar umbaran. Latihan ini dilakukan sendiri tanpa untulan.

Setelah cukup berolahraga Lovebird dimasukkan ke dalam sangkar kotak untuk kembali berduaan bersama pasangan. Berikan pakan milet putih kiloan polos dan minuman air jernih serta masukkan wadah cukup besar untuk tempat mandinya biar dia mandi sendiri.

Selanjutnya, perawatan Lovebird untulan bisa disamakan dengan setingan Lovebird tunggal. Namun, perlu Anda ingat bahwa Lovebird dengan setingan untulan harus sering berada bersama pasangan di dalam kandang kotak tapi tidak perlu diberi glodok.

Kesimpulan

Demikian perbandingan setingan tunggal dan setingan untulan Lovebird. Bila disuruh memilih Anda lebih tertarik dengan setingan yang mana? Sejatinya Lovebird merupakan burung yang suka berpasang-pasangan. Burung ini mudah birahi dan perlu menyalurkan birahi pada burung lain.

Baca juga:

Namun, kembali lagi kepada pemiliknya yang ingin menjadikan burung tersebut fighter atau konslet. Biasanya burung Lovebird konslet dilatih dengan setingan untulan. Sedangkan Lovebird fighter dilatih sendiri dengan setingan tunggal.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!