10 Perbedaan Burung Kolibri dan Burung Madu Lengkap

Burungnya.com – Selama ini mungkin kicau mania menganggap bahwa burung Kolibri dan burung Madu sama. Padahal, kedua jenis burung ini mempunyai banyak perbedaan. Perbedaan burung Kolibri dan burung Madu yang paling kentara yaitu wilayah penyebarannya.

Diketahui burung Kolibri mempunyai wilayah penyebaran di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sementara, burung Madu tersebar di wilayah Australia, Afrika Asia Selatan, hingga Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Tidak hanya itu saja, burung Kolibri masuk ke dalam kelompok jenis burung (Hummingbird) sedangkan burung Madu termasuk kelompok (Sunbird).

Baca juga: 10 Jenis Burung Kicau Paling Populer di Pulau Jawa Indonesia

Loading...

Kedua jenis burung ini sama-sama menyukai madu atau nektar pada bunga. Ada hal lain yang membuat burung Kolibri dan burung Madu terlihat sama, yaitu warna bulunya yang cerah dan mengkilap. Ukuran tubuh kedua burung tersebut juga relatif sama, tapi lebih kecil burung Kolibri.

Sebab, burung Kolibri menyandang gelar burung terkecil di dunia karena ukuran tubuhnya cuma 7,5 cm. Sementara, burung Madu mencapai 9 cm. Sampai saat ini, tercatat burung terkecil di dunia adalah burung Kolibri Lebah atau Bee Hummingbird. Ukuran panjang tubuhnya sekitar 5-6 cm dan beratnya 1,6-2 gram.

Lantas berapa ukuran tubuh burung Madu? Seperti dilansir Trubus.id (17/9/2018), burung Madu mempunyai ukuran tubuh mencapai 9-15 cm. Artinya burung Madu lebih panjang beberapa centimeter ketimbang burung Kolibri.

Burung Kolibri dan burung Madu berbeda (wallpaperstock.net)
Burung Kolibri dan burung Madu berbeda (wallpaperstock.net)

Apa lagi perbedaan burung Kolibri dan burung Madu? Masih banyak sekali perbedaan di antara burung Kolibri dan burung Madu, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Keluarga burung

Burung Kolibri masuk keluarga Trochilidae, sementara burung Madu masuk keluarga Nectariniidae.

2. Wilayah penyebaran

Penyebaran wilayah burung Kolibri di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sedangkan burung Madu, tersebar di wilayah Asia, Afrika, dan Australia.

3. Ukuran tubuh

Tubuh burung Kolibri sekitar 7,5-13 cm, sedangkan burung Madu mencapai 9-15 cm.

4. Jumlah Spesies

Spesies burung Kolibri lebih banyak dari burung Madu, yaitu burung Kolibri sebanyak 343 spesies, sementara burung Madu 132 spesies.

5. Tubuh jantan dan betina

Ukuran tubuh burung Kolibri jantan lebih kecil dari betina. Sedangkan ukuran tubuh burung Madu jantan lebih besar dari betina.

6. Masa hidup

Ternyata masa hidup burung Kolibri di alam lebih singkat ketimbang burung Madu. Pasalnya, burung Kolibri hidup sampai 5 tahun, sementara burung Madu hingga 7 tahun.

7. Bentuk sarang

Sarang burung Kolibri berbentuk seperti cangkir terbuka, sedangkan sarang burung Madu menggantung di ranting atau dahan pohon.

8. Sifat burung

Burung Kolibri lebih suka menyendiri dan tidak berkelompok saat bermigrasi. Sedangkan burung Madu lebih suka berpasangan dan berkeluarga. Selain itu, burung Madu dikenal sebagai burung yang tidak berpindah-pindah.

9. Makanan burung

Burung Kolibri lebih sering mengonsumsi nektar sebagai makanan utama. Makanan ini membuatnya bertenaga sehingga dia mempunyai energi yang besar untuk terbang.

Kalau burung Madu sering menghisap madu atau nektar sebagai makanan utama. Burung ini juga memakan serangga kecil untuk tambahan asupan nutrisi bagi anak-anaknya.

10. Cara kawin

Ternyata burung Kolibri tidak terlalu suka mengeluarkan suara saat kawin. Sehingga cara kawinnya dengan tarian atau terbang mondar-mandir di depan Kolibri betina untuk menarik perhatian.

Kalau burung Madu suka bertengger di cabang atau ranting pohon untuk menarik perhatian lawan jenisnya sambil menghisap madu. Meski begitu, burung Madu juga mempunyai kemampuan terbang melayang di udara atau hovering saat menghisap madu.

Gambar infografik perbedaan burung Kolibri dan burung Madu (trubus.id)
Gambar infografik perbedaan burung Kolibri dan burung Madu (trubus.id)

Demikian beberapa perbedaan burung Kolibri dan burung Madu terlengkap. Jadi walau keduanya terlihat sama, tapi sebenarnya burung Kolibri dan burung Madu berbeda.

Namun, sebagian masyarakat Indonesia sudah terlanjur menganggap kedua jenis burung tersebut sama. Semoga dengan adanya info ini mereka jadi tahu beda burung Kolibri dan burung Madu.

Baca juga: 10 Jenis Burung Unik dengan Sistem Pertahanan Terbaik

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan disimpan sendiri tapi bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung kolibri jawa
  • burung yang mengisap madu dalam arti jawa
  • kolibri ukuran tubuh besar yang ada di indonesia

Berikan komentar