13 Perbedaan Burung Walet dan Burung Sriti serta Persamaannya

13 Perbedaan Burung Walet dan Burung Sriti serta Persamaannya

Burungnya.com – Ternyata burung Walet dan burung Sriti mempunyai banyak kesamaan, tapi juga memiliki beberapa perbedaan. Tak heran banyak orang terkadang bingung membedakan burung Walet dan burung Sriti.

Nama latin burung Walet (collocalia fushipaga) dan burung Seriti (collocalia esculenta). Dilihat sekilas, keduanya masih mempunyai hubungan keluarga yang sangat kental.

Menariknya, dua jenis burung ini dapat hidup berdampingan dalam sebuah gedung yang sama.

Tak hanya itu, sisi menarik burung Sriti ternyata sungguh mulia. Pasalnya, burung Sriti bersedia menjadi induk angkat yang bertugas mengerami telur burung Walet.

Bahkan saat telur burung Walet menetas, burung Sriti masih mau bertanggung jawab menyuapi, memelihara, dan membesarkan anakan burung Walet sebagai anaknya sendiri sampai bisa terbang.

Baca juga: Kisah Sukses Pengusaha Sarang Burung Walet yang Punya 10 Istri, Omzet Per Tahun Rp 2 Miliar

Meski begitu, Walet dan Sriti mempunyai beberapa perbedaan dan persamaan, sebagai berikut.

Persamaan serta Perbedaan Burung Walet dan Burung Sriti

Beda Burung Walet dan Burung Sriti (hbw.com)
Beda Burung Walet dan Burung Sriti (hbw.com)

1. Beda Fisik Walet dan Sriti

Dilihat dari fisik bentuk dua burung ini tampak hampir sama, seperti tubuh, sayap, hingga paruh. Ini juga termasuk kakinya yang lemah dan hanya dapat menempel, tak mampu berdiri serta tidak mampu menopang tubuhnya sendiri, sehingga Walet dan Sriti tidak pernah tampak bertengger di kabel listrik.

Jika Anda melihat burung yang mirip burung Walet tapi dapat bertengger di kabel listrik, bisa dipastikan burung tersebut bukan Walet atau Sriti.

2. Gaya Terbang Walet dan Sriti

Cara terbang Walet dan Sriti hampir sama. Keduanya suka melayang-layang di udara dan sesekali mengepakan sayapnya.

Sehingga mata manusia terkadang sulit membedakan Walet dan Sriti saat terbang di ketinggian.

Kecuali Anda sudah terbiasa, maka biarpun dari kejauhan pun, Anda masih bisa membedakan mana burung Walet dan mana burung Sriti.

Baca juga: Desain Rumah Walet Kecil dari Kayu

3. Cara Walet dan Sriti Berburu Makanan

Cara makan Walet dan Sriti terlihat sama yakni terbang menyambar serangga di udara.

Mengapa harus terbang? Pasalnya, Walet dan Sriti tidak bisa makan sambil mematuk seperti jenis burung lainnya.

Serangga yang tidak terbang, biasanya tidak dimakan oleh burung Walet dan Sriti.

4. Makanan Walet dan Sriti

Jenis makanan Walet dan Sriti yaitu serangga kecil yang beterbangan di perkebunan, kelapa sawit, tanaman tebu, jagung, semak-semak, persawahan, ladang, dan hutan.

Tak hanya itu, burung Walet dan Sriti juga suka mencari makan di area penggilingan padi dan kawasan peternakan ayam.

5. Kotoran Burung Walet dan Burung Sriti

Persamaan Walet dan Sriti (hbw.com)
Persamaan Walet dan Sriti (hbw.com)

Burung Walet dan Sriti termasuk jenis burung yang tidak mau buang kotoran di dalam sarang. Mereka selalu menjaga kebersihan terutama di sangkarnya sendiri.

Mereka lebih suka menjatuhkan kotorannya ke lantai. Perilaku seperti ini sudah dilakukan oleh Walet dan Sriti anakan sampai dewasa.

Keduanya mempunyai cara buang kotoran yang unik yaitu pantatnya mundur ke bibir sarang. Selain itu, saat terbang menuju ke dalam gedung, kedua jenis burung ini juga buang kotoran.

Kotoran mereka bisa dilihat di sekitar LMB atau dinding roving room. Bahkan, kotoran Walet dan Sriti sampai mengenai asbes dan genteng rumah sekitar gedung Walet.

Loading...

Baca juga: Ternyata Rumit, Begini 5 Syarat Ekspor Sarang Walet ke China

6. Jumlah Telur Walet dan Sriti

Walet dan Burung Sriti bertelur sebanyak dua butir berwarna putih. Ukuran telur Sriti sedikit lebih besar dari telur Walet.

Indukan Walet dan Sriti mengerami telurnya dalam waktu yang sama yakni tiga minggu, dan mengasuh anaknya hingga bisa terbang selama 45 hari.

7. Sarang Walet dan Sarang Sriti

Burung Walet dan Sriti mempunyai kesamaan dalam membuat sarang. Mereka membangun sarang menempel pada papan sirip, balok, dinding gedung, dan dinding bebatuan goa alam.

Dua burung kembar ini memilih tempat yang aman dari jangkauan predator yang dapat mengancam keselamatan populasinya.

8. Bentuk Sarang Walet dan Sriti

Tahukah Anda, ternyata bentuk sarang Walet dan Sriti tampak sama, di antaranya bentuk mangkok, sudut, bahkan pada plafon yang kasar, burung Sriti juga bisa membuat sarang bentuk lidah naga.

9. Air Liur Walet dan Sriti

Burung Walet dan burung Sriti mengeluarkan air liur saat membuat sarang.

Bedanya, produksi liur burung Walet lebih banyak dari burung Sriti. Sehingga saat burung Sriti membuat sarang perlu menambahkan rumput kering, daun cemara, daun pinus, lumut, dan terkadang tali rafia atau plastik.

Sarang burung Sriti cukup kuat karena bahan-bahan tambahan tadi direkatkan dengan air liurnya.

Baca juga: 25 Cara Membersihkan dan Memasak Sarang Walet Menjadi Sup

10. Perbandingan Harga Sarang Walet dan Sarang Sriti

Perbedaan Walet dan Sriti (unravel-photo.blogspot.com)
Perbedaan Walet dan Sriti (unravel-photo.blogspot.com)

Harga sarang Sriti lebih murah dari harga sarang Walet. Untuk harga sarang Sriti biasanya dijual sekitar Rp 150.000 per Kg. Sementara harga sarang Walet, sekarang berada di kisaran Rp 15.000.000 per kg.

Dilihat dari jumlahnya sudah kelihatan bahwa sarang Walet lebih mahal ketimbang sarang Sriti. Oleh karena itu, banyak orang membudidayakan burung Walet daripada burung Sriti.

11. Rumah Walet dan Rumah Sriti

Untuk membuat rumah Walet, biasanya Walet harus berada di tempat yang gelap, sunyi, dan lembab. Namun, burung Sriti ternyata tidak perlu tempat gelap dan lembab.

Asal suhu udara tidak lebih dari 30 derajat Celcius dan tingkat kelembaban rendah, serta cahaya terang, maka burung Sriti tetap mau tinggal di tempat tersebut.

Baca juga: 5 Jenis Sarang Burung Walet di Indonesia

12. Suara Walet dan Suara Sriti

Variasi suara dan volume antara Walet dan Sriti berbeda. Burung Walet mempunyai suara keras dan cerewet. Sedangkan burung Sriti hanya memiliki volume suara yang rendah atau pelan, bahkan lebih pendiam dibanding burung Walet.

13. Warna Bulu Burung Walet dan Sriti

Perbedaan Walet dan Sriti juga terlihat dari warna bulunya. Bulu burung Walet mulai dari kepala, punggung, sayap hingga ekor berwarna cokelat tua dan bulu dada cokelat muda. Sementara burung Seriti, warnanya hitam kehijauan dengan bulu dada warna putih.

Di negara Indonesia, burung Sriti lebih sering dijumpai di pulau Jawa, Sulawesi, Bali, Lombok, NTB, NTT, Maluku, dan di Halmahera.

Rumah dan sarang burung Sriti, bisa dijadikan rumah Walet, meski hal ini membutuhkan waktu yang lama. Mengapa rumahnya bisa diganti dengan burung lain?

Ternyata hal ini karena telur burung Sriti bisa diganti dengan telur burung Walet. Dengan begitu, burung Sriti akan merawat anakan burung Walet, seolah-olah sedang merawat anaknya sendiri.

Baca juga: 5 Tips Membeli Sarang Burung Walet Untuk Dikonsumsi

Demikian perbedaan burung Walet dan Sriti lengkap dengan persamaannya. Ternyata kedua jenis burung ini mempunyai kesamaan satu sama lain. Tak heran banyak orang beranggapan Walet dan Sriti adalah burung yang sama.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Burung sriti
  • perbedaan sriti dan walet
  • gambar burung walet
  • perbedaan walet dan sriti
  • beda walet dan sriti
  • perbedaan walet dan seriti
  • sriti walet
  • burung sriti makan apa
  • perbedaan burung walet dan sriti
  • apakah sama burung sriti sama burung walet

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!