Skip to content

12 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia

Burungnya.com – Kucing yang populer dipelihara di Indonesia adalah kucing Anggora dan Persia. Kedua kucing ini memiliki daya tarik tersendiri, terutama di postur fisik dan bulu yang indah.

Ini yang menjadikan kucing Persia dan Anggora sering dipelihara cat lovers. Meski begitu, sebagian orang masih bingung mana kucing Anggora dan mana kucing Persia.

Sebab, sebagian ras kucing tersebut memiliki ciri fisik yang sama. Sehingga sulit membedakan mana kucing Anggora dan kucing Persia.

Kalau Anda sudah pelihara kucing dalam waktu yang lama, Anda pasti bisa dengan mudah membedakan kedua kucing tersebut.

Baca juga:

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

1. Bulu

Kucing Anggora: Kucing Anggora tidak lebih panjang dari Persia. Bulu wajah tidak terlalu panjang. Walau begitu, bulu ekor bisa panjang seperti musang.

Kucing Persia: bulu yang sangat lebat, padat, dan panjang. Seluruh bagian tubuh bisa tertutup bulu yang lebat mulai dari wajah sampai ekor.

2. Hidung

Kucing Anggora: kontur wajah segitiga dengan hidung sedikit runcing.

Kucing Persia: kucing ini wajahnya datar dan hidung pesek.

Cara Merawat Kucing Anggora Paling Mudah (mrbosscat.com)

Cara Merawat Kucing Anggora Paling Mudah (mrbosscat.com)

3. Mata

Kucing Anggora: bentuk mata seperti almond agak miring ke atas.

Kucing Persia: mata kucing ini besar bulat dan terpisah jauh.

4. Kepala

Kucing Anggora: bentuk kepala kucing Anggora seperti almond.

Kucing Persia: bentuk kepala bulat menyerupai bola.

5. Telinga

Kucing Anggora: ukuran telinga kucing ini panjang dan runcing. Daun telinganya panjang dengan sudut lancip dan bentuk seperti segitiga. Telinga Anggora berdekatan, tegak, dan berjumbai.

Kucing Persia: letak telinga lebih rendah dan dekat dengan kepala. Arah ujungnya agak ke samping dan memiliki jumbai.

Daftar Harga Kucing Anggora Imut (kittywise.com)

Daftar Harga Kucing Anggora Imut (kittywise.com)

6. Tubuh

Kucing Anggora: kucing ini relatif lebih kecil dari kucing Persia. Kucing Anggora jarang memiliki berat 6 kg. Kucing ini juga pendek panjang tubuhnya.

Kucing Persia: Dari segi ukuran tubuh, kucing Persia lebih besar, berat, dan panjang dari kucing Anggora.

7. Bentuk Tubuh

Kucing Anggora: kucing ini lebih ideal tubuhnya dari kucing Persia. Jadi kucing Anggora lebih berotot dan tinggi dari Persia.

Kucing Persia: kucing Persia lebih gemuk dari Anggora. Tubuhnya lebih pendek dan gempal. Cakar sampai tampak membulat. Tidak hanya itu, tubuh kucing Persia juga bulat, kaki pendek, dan ekor pendek tapi tebal.

8. Kepribadian

Kucing Anggora: kucing ini terkenal ramah dan penuh kasih sayang. Semua orang yang ditemui akan disapa. Kucing Anggora juga aktif dan gesit. Sehingga dia suka tempat tinggi untuk melompat.

Kucing Persia: kepribadian kucing Persia lebih manis, tenang, dan lemah lembut. Kucing ini sangat ceria tapi jarang menuntut. Suaranya lembut dengan mata besar yang ekspresif. Kucing ini juga cuek dan kurang aktif.

9. Makanan

Kucing Anggora: kucing ini tidak suka pilih-pilih makanan. Jadi, dikasih makan merek tertentu kucing Anggora lebih menerima.

Kucing Persia: kucing persia cenderung pilih-pilih makanan, Walau begitu, kucing ini akan makan dengan lahap begitu menemukan makanan yang cocok.

Jenis Kucing Persia (pinterest.com)

Jenis Kucing Persia (pinterest.com)

10. Penyakit

Kucing Anggora: Kucing ini daya tahan tubuhnya bagus. Namun, terkedang kucing Anggora mengalami penyakit, seperti Ataksia, gangguan neuromuskuler, dan lain-lain.

Kucing Persia: daya tahan kucing Anggora tidak lebih kuat dari Anggora. Masalah yang sering terjadi berkaitan dengan struktur wajah. Terkadang penyakit kucing Persia juga datang karena faktor genetik. Hati-hati keduanya bisa kena kardiomiopati hipertrofik atau penebalan otot jantung.

11. Perawatan

Kucing Anggora: perawatan kucing Anggora lebih mudah dari kucing Persia. Bulu kucing ini tidak mudah kusut.

Kucing Persia: kucing ini butuh perawatan teratur agar bulunya tidak mudah kusut. Agar bulunya tetap indah, sisir bulunya setiap hari dan dimandikan sebulan sekali.

12. Asal Usul

Kucing Anggora: kucing ini berasal dari kota Ankara Turki. Anggora jadi salah satu ras kucing tertua di dunia. Asal usul kucing Anggora belum diketahui secara pasti, tapi konon katanya dari kucing liar Afrika.

Kucing Persia: kucing persia berasal dari Iran. Kucing ini populer di kalangan bangsawan Eropa.

Kucing Persia Flatnose (pinterest.com)

Kucing Persia Flatnose (pinterest.com)

Kesimpulan

Demikian perbedaan kucing Anggora dan kucing Persia. Banyak faktor yang membedakan keduanya. Namun, bagi orang awam, hal tersebut sulit untuk dilihat.

Namun, cat lovers yang sudah lama memelihara kucing, tentu mudah membedakan kucing Anggora atau Persia. Cukup dilihat sekilas, akan kelihatan, oh dia kucing Anggora.

Meski begitu, dalam urusan perawatan dan harga, keduanya hampir sama satu sama lain. Nah, Anda sekarang mau memilih yang mana? Kucing Anggora atau kucing Persia?

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.