Perbedaan Kucing Persia Peaknose dan Flatnose serta Faktanya

Burungnya.com – Kucing Persia memiliki banyak jenis dan ras. Nah, karena banyak jenisnya, pecinta kucing jadi bingung membedakan kucing tersebut, terlebih kucing Persia Peaknose dan Flatnose.

Sekilas keduanya terdengar sama, terutama di bagian nose atau hidung. Padahal, keduanya sangat berbeda. Anda mungkin juga sudah mengetahuinya, mengapa kedua kucing Persia ini tidak sama.

Perbedaan Kucing Persia Peaknose dan Flatnose

1. Persia Peaknose

Kucing Persia Peaknose Pesek (people.com)
Kucing Persia Peaknose Pesek (people.com)

Seperti namanya, kucing Persia Peaknose dikenal sebagai kucing pesek dan gendut. Tingkat pesek hidung kucing ini lebih dalam dibandingkan dengan flatnose.

Meski begitu, kucing Persia pesek ini juga digemari banyak cat lovers. Sebab, dari hidungnya tersebut, kucing ini jadi terlihat lucu dan imut.

Ya, daya tarik kucing ini memang dari hidungnya. Coba perhatikan kucing tersebut, nanti dia akan kelihatan lucu karena hidungnya sangat pesek.

2. Persia Flatnose

Kucing Persia Flatnose (pinterest.com)
Kucing Persia Flatnose (pinterest.com)

Kalau dari namanya, sudah kelihatan kucing Persia memiliki hidung pesek tapi tidak lebih pesek dari kucing Persia Peaknose.

Hidung kucing ini tingkat peseknya masih datar atau flat. Jadi, kalau dilihat-lihat hidungnya masih muncul sedikit.

Berbeda dengan kucing Persia Peaknose yang hidungnya sudah masuk ke dalam dan terlihat kecil sekali. Walau begitu, keduanya masih terlihat sama-sama lucu.

Jika Anda disuruh memilih, Anda lebih suka kucing Persia yang pesek standar atau sangat pesek?

Fakta Kucing Persia Peaknose

1. Kucing Populer

Tahukah Anda, kucing Persia Peaknose sangat populer di seluruh dunia. Kucing ini ditemukan pertama kali di Iran. Saking terkenalnya, kucing ini sering diikutkan kontes dengan keunikan masing-masing.

2. Kucing Persia yang Pendiam dan Malas

Dibandingkan yang lain, kucing Persia Peaknose terkenal lebih pendiam dan pemalas. Saking malasnya, kucing ini bisa tidur seharian tanpa melakukan aktivitas apapun.

Loading...

Tak heran, jenis kucing ini selalu terlihat lebih gembul dan gendut. Ini disebabkan karena dia jarang melakukan kegiatan atau aktivitas. Hobinya tidur terus, jadi tubuhnya lebih gembul.

3. Ekspresi Wajah Cemberut dan Jutek

Kalau diperhatikan sekilas, kucing ini terlihat jutek, galak, dan sering cemberut. Tapi apakah memang begitu karakternya? Ternyata ini cuma efek hidung pesek saja.

Sebenarnya kucing Persia Peaknose termasuk kucing yang ramah dan jinak. Jadi, Anda jangan melihat sesuatu dari luarnya saja.

4. Sering Sakit Mata

Kucing Persia ini lebih sering sakit mata. Ini karena ukuran mata lebih besar. Selain itu, penyebabnya juga karena struktur tulang wajah yang berbeda dari kucing lain.

Sakit mata pada kucing ini lebih sering disebabkan oleh debu atau partikel kecil lainnya. Bahkan, bulu yang bergesekan di sekitar mata lalu mengenai kornea mata bisa membuat matanya sakit.

Di samping itu, penyebab lainnya karena tersumbatnya duktus nasolakrimalis atau saluran yang mengalirkan air mata ke hidung.

Mengapa saluran tersebut bisa tersumbat? Sudah pasti ini karena struktur wajah kucing Persia Peaknose yang unik. Jadi air mata yang keluar akan terus membasahi bulu di sekitar mata.

5. Harga Kucing Persia Peaknose Mahal

Semakin pesek dan bulat hidung kucing Persia Peaknose, maka harganya semakin mahal. Sebagai contoh, harga kucing ini yang usianya 6 bulan dan sudah divaksin bisa mencapai Rp 13.000.000.

Tentu ini kucing harganya mahal karena bila dibelikan sebuah motor, maka Anda sudah bisa mendapatkan motor bekas dengan tahun yang masih muda.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian perbedaan kucing Persia Peaknose dan Flatnose lengkap dengan faktanya. Manusia sering diejek karena hidungnya pesek. Namun, untuk kucing Persia justru semakin pesek akan banyak diburu dan harganya mahal.

Itulah mengapa kucing Persia yang pesek lebih cepat laku dan mahal. Ini cuma karena faktor hidung dan wajah yang unik saja. Kucing jenis lain tidak akan bisa unik seperti kucing Persia.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • jenis kucing pletnos dan oeak nose
  • arti peak nose
  • beda kucing flatnose dan peaknose
  • perbedaan kucing peaknose dan flatnose
  • perbedaan peaknose dan flatnose

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!