12 Perbedaan Murai Batu Malaysia dan Murai Batu Medan

Burungnya.com – Belakangan ini Murai Batu Malaysia viral di berbagai media digital di Indonesia dan Malaysia. Alasannya karena baru saja terjadi kasus penyulundupan Murai Batu Malaysia ke Indonesia. Nah, saat proses penangkapan, salah satu pelaku yang berkebangsaan Indonesia tewas tertembak tentara Malaysia. Dari situ, Murai Batu Malaysia ramai dibicarakan.

Apa yang menarik dari Murai Batu Malaysia? Kalau boleh jujur, secara fisik Murai Batu Malaysia mirip dengan Murai Batu Medan. Namun, dari kualitas suara masih lebih bagus Murai Batu Medan. Berhubung Murai Batu Medan sudah mulai langka di alam lia r, akhirnya Murai Batu Malaysia diselundupkan lewat jalur laut. Biasanya, Murai Batu Malaysia dijual sebagai Murai Batu Medan.

Kami akan memberikan sedikit gambaran ciri fisik kedua burung tersebut. Tujuannya agar Anda nanti tidak tertipu saat akan membeli Murai Batu Medan. Sudah keluar uang banyak, berharap bisa beli Murai Batu Medan, tapi yang didapat justru Murai Batu Medan.

Murai Batu Malaysia (balakdigdaya.blogspot.com)
Murai Batu Malaysia (balakdigdaya.blogspot.com)

Perbedaan Murai Batu Malaysia dan Murai Batu Medan

  1. Murai Batu Malaysia memiliki ekor panjang bisa mencapai lebih dari 35 cm.
  2. Kalau Murai Batu Medan panjang ekornya sekitar 27 cm sampai 30 cm, tapi bulu ekornya lebar dan besar.
  3. Tubuh Murai batu Malaysia lebih ramping dan kecil dari Murai Batu Medan.
  4. Fisik atau postur tubuh Murai Batu Medan sangat besar, kekar, dan berisi.
  5. Gaya Bertarung Murai Batu Malaysia tidak sebagus Murai Batu Medan.
  6. Burung Murai Batu Medan suka ngeplay ekor naik turun kuat, sementara Murai Batu jarang melakukannya.
  7. Ekor Murai Batu Malaysia cenderung lemas dan tidak kaku.
  8. Kaki Murai Batu Medan merah kecoklatan dan hitam, kalau Murai Batu Malaysia kakinya cenderung putih.
  9. Bulu Murai Batu dari Malaysia lebih mengkilap atau kinclong, sementara Murai Batu Medan cenderung gelap.
  10. Secara fisik, memang lebih bagus Murai Batu Malaysia ketimbang Murai Medan.
  11. Dari sisi suara kicauan, Murai Batu Medan lebih bagus, sementara Murai Malaysia biasa saja.
  12. Suara Murai Batu Medan keras, rajin bunyi, dan tahan lama, kalau Murai Malaysia tidak begitu keras tapi jeda rapat.

Info Tambahan Seputar Murai Batu Malaysia

Burung Murai Batu Malaysia dari Negeri Sembilan sangat fighter dan memiliki naluri tinggi untuk membunuh sesama pejantan. Rata-rata ekor Murai Batu Malaysia daerah tersebut berekor pendek tidak lebih dari 21 cm. Kawasan lain yang mempunyai Murai Batu Malaysia fighter adalah Pahang, Kelantan, dan Selangor.

Loading...

Murai Batu Malaysia ekor panjang lebih dari 23 cm bisa didapat dari daerah Kedah dan Perak. Namun, Murai Batu dari daerah tersebut tidak terlalu fighter. Intinya tidak semua Murai Batu Malaysia ekornya panjang.

Meski begitu, ada juga Murai Batu Malaysia yang ekornya panjang lebih dari 30 cm. Burung seperti ini sering dijumpai di kawasan Pulau Langkawi, Bukit Gerik, dan Bukit Baling, seperti yang disadur dari balakdigdaya.blogspot.com (20/8/2013).

Sekarang, burung Murai Batu Malaysia ekor panjang sulit ditemui di pasar bebas karena sulit keluar dari suaka alamnya. Terlebih Murai Batu Malaysia sudah masuk daftar burung dilindungi di negaranya.

Burung Murai Malaysia yang beredar di pasaran adalah burung dengan ekor 15-20 cm. Burung-burung ini juga sering diselundupkan ke Indonesia karena ada kemungkinan bulunya bisa memanjang sampai 30 cm.

Baca juga:

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa fisik Murai Batu Malaysia lebih bagus dari Murai Batu Medan, meski tubuhnya ramping. Namun, kualitas suara, tingkat mental fighter, dan gaya bertarung tetap lebih bagus Murai Batu Medan.

Kalau Anda ingin memelihara burung Murai yang panjang ekornya, lebih baik membeli Murai Batu Malaysia. Sebaliknya, jika Anda fokus pada kualitas suara, maka beli saja Murai Batu Medan dari penangkaran terpercaya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • murai malaysia
  • murai batu malaysia
  • muray malaysia
  • murai batu malaysia untuk dijual
  • murai batu malaysia apakah bagus
  • perbedaan fisik mb medan dan malaysia
  • murai batu malasya dan medan
  • murai batu m
  • ciri2 murai mlesia
  • ciri ciri mb malaysia

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!