Perbedaan Perkutut Mata Kuning Rondo Semoyo dan Mercu Jiwo

Burungnya.com – Katuranggan burung Perkutut cukup menarik untuk dibicarakan. Sebab, dari katuranggan di tubuh burung tersebut terdapat arti dan makna yang mungkin saja ada sangkut pautnya dengan kehidupan pemiliknya.

Nah, kali ini kami akan membahas sedikit tentang Perkutut mata kuning yang letak kuningnya terdapat di lingkar luar mata Perkutut. Jadi, mata kuning pada Perkutut ada dua, yaitu yang letaknya di luar dan satunya letaknya di dalam atau kornea mata.

Perkutut Mata Kuning Rondo Semoyo

Katuranggan Perkutut Rondo Semoyo Mata Kuning Pucat (olx.co.id)
Katuranggan Perkutut Rondo Semoyo Mata Kuning Pucat (olx.co.id)

Khusus untuk Perkutut Rondo Semoyo, dia memiliki ciri mathi pada bagian mata luar yang berwarna kuning keputihan. Bagian daging di sekeliling mata berwarna kuning. Ini tidak biasa, karena umumnya Perkutut yang lain berwarna putih keabuan.

Nah, sekarang pertanyaannya mengapa burung tersebut dinamakan Perkutut Rondo Semoyo? Dalam bahasa Jawa, Rondo Semoyo artinya seorang janda yang berjanji. Apakah burung Perkutut ini sudah pernah kawin terus ditinggal pergi atau ditinggal mati?

Untuk hal tersebut masih belum diketahui secara pasti. Namun, yang pasti burung Perkutut Rondo Semoyo sering dipakai untuk memikat burung lain. Ingat proses penangkapannya bukan dijaring melainkan dipikat dengan pesona Perkutut Rondo Semoyo.

Tidak hanya untuk memikat Perkutut di alam bebas, Perkutut ini juga dapat memikat Perkutut rumahan agar mau manggung dan rajin bunyi setiap hari.

Perkutut Rondo Semoyo Membawa Keberuntungan

Bagi siapa saja yang mempunyai burung Perkutut Rondo Semoyo diyakini dia akan dapat rezeki yang banyak, ketentraman, kebahagiaan, dan hal-hal baik lainnya.

Perkutut ini bagus dipelihara untuk orang yang berkecimpung di dunia dagang atau wirausaha. Namun, hal tersebut tergantung dari kerpecayaan masing-masing.

Dari dulu, sebagian orang sudah percaya dengan katuranggan Perkutut dan mitos-mitosnya. Sehingga wajar bila katuranggan Perkutut selalu dikaitkan dengan hal-hal gaib atau misteri.

Perbedaan Perkutut Rondo Semoyo dan Perkutut Bali

Katuranggan Perkutut Bali Mata Kuning Orange (youtube.com)
Katuranggan Perkutut Bali Mata Kuning Orange (youtube.com)

Anda mungkin mengira bahwa Perkutut Rondo Semoyo sebenarnya sama seperti Perkutut Bali. Padahal, nyatanya kedua burung tersebut tidak sama.

Untuk Perkutut Rondo Semoyo warna kuningnya lebih pucat. Sementara Perkutut Bali. Warna kuning lebih dominan ke warna orange. Selain itu, kontras warna kuning keduanya lebih pekat Perkutut Bali.

Loading...

Beda Perkutut Mata Kuning Rondo Semoyo dan Mercu Jiwo

Katuranggan Perkutut Mercu Jiwo Mata Kuning (youtube.com)
Katuranggan Perkutut Mercu Jiwo Mata Kuning (youtube.com)

Perkutut Mercu Jiwo sangat berbeda dengan Perkutut Rondo Semoyo dan Perkutut Bali. Alasannya, warna kuning terletak di dalam bola mata. Bila burung lain warna korneanya putih, kalau Mercu Jiwo justru berwarna kuning.

Arti Mercu Jiwo adalah jiwa yang luhur. Sementara arti mata kuning di Perkutut Mercu Jiwo adalah pandangan yang bijaksana.

Mitos Perkutut Mercu Jiwo

Bagaimana tentang mitos memelihara Perkutut Mercu Jiwo? Jika pemiliknya seorang perjaka, nanti dia akan mendapatkan istri yang cantik rupawan. Apabila pemiliknya wanita perawan, dia akan mendapatkan suami yang baik hati.

Kemudian bila pemiliknya seorang yang sudah memiliki keluarga, maka dia akan mendapatkan simpati dari keluarga yang lain dan masyarakat luas.

Meski begitu, ada juga Perkutut Mercu Jiwo beryoni yang bikin orang lain ketakutan. Perkutut ini dimiliki oleh Pak Giyanto, dia adalah Ketua Umum P4LSI atau Komunitas Perkutut Lokal.

Burung Perkutut Mercu Jiwo di rumahnya seperti ada kodamnya. Banyak teman-teman Pak Giyanto yang diganggu dan diikuti seorang wanita berpakaian khas Jawa. Rambut wanita tersebut panjang. Bila dia menampakkan diri, maka akan terdengar suara gamelan.

Anehnya Pak Giyanto sendiri tidak pernah diganggu oleh wanita tersebut. Justru teman-teman yang datang ke rumah sering diganggu wanita tersebut.

Baca juga:

Kesimpulan

Dari pembahasan tadi dapat disimpulkan bahwa Perkutut Rondo Semoyo, Perkutut Bali, dan Perkutut Mercu Jiwo memiliki mata warna kuning. Namun, letak warna kuningnya berbeda-beda.

Perkutut Rondo Semoyo memiliki warna kuning pucat di lingkar mata luar. Kemudian Perkutut Bali atau Nusa Tenggara memiliki warna kuning yang lebih pekat atau menuju ke warna orange.

Sedangkan Perkutut Mercu Jiwo warna kuningnya di dalam bola mata atau kornea. Untuk mitosnya, dari ketiga burung tadi sepertinya berdampak baik pada pemiliknya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Te rima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Beda bola mata perkutut warna biru dan kuning
  • Harga perkutut Bali mata kuning
  • ciri ciri perkutut rondo semoyo
  • perkutut kelopak kuning
  • kutut rondo semoyo
  • perkutut ada kuning melingkari mata nya bagus tidak
  • ciri kutut rondo semoyo
  • arti katuraggan rondo semoyo
  • kutut mata kuning
  • kutut mata melotot

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!