Perjalanan Hidup Lovebird Kusumo Sejak Tahun 2012-2018

Perjalanan Hidup Lovebird Kusumo Sejak Tahun 2012-2018

Burungnya.com – Lovebird Kusumo mulai menjadi Lovebird fenomenal sejak tahun 2012. Saat itu, Lovebird Kusumo mendapatkan keluarga baru yakni Sigit WMP Klaten. Lovebird Kusumo dibeli dari pasar burung Wedi Klaten dengan harga Rp 3,5 juta. Sejak saat itu, perjalanan hidup Lovebird Kusumo semakin menanjak naik.

Seandainya, si penjual mengetahui kalau Lovebird Kusumo akan menjadi Lovebird fenomenal, tentu harganya bisa lebih tinggi. Bahkan, kemungkinan Lovebird Kusumo tidak akan dijual. Namun, takdirnya sudah tertulis bersama Sigit WMP Klaten.

Alhasil, sampai di detik-detik terakhir napas terakhirnya, Lovebird Kusumo masih bersama dengan Sigit WMP. Kalau diibaratkan sebagai manusia, hubungan seperti ini namanya sudah jodoh sehidup semati.

Baca juga: Berhasil Kalahkan Kusumo di Lomba Burung, Lovebird Ini Ditawar Rp 150 Juta

Perjalanan Hidup Lovebird Kusumo

Fakta Menarik Lovebird Kusumo (kumparan.com)
Fakta Menarik Lovebird Kusumo (kumparan.com)

Desember 2012

Sebagian dari Anda mungkin tidak tahu kalau Lovebird Kusumo sudah bersama Sigit WMP sejak tahun 2012. Ya, Lovebird Kusumo dibeli di pasar burung Klaten dengan harga Rp 3,5 juta. Jika dihitung-hitung hubungan keduanya sudah terjalin selama 7 tahun, mulai tahun 2012-2018.

Nama Lovebird Kusumo diberikan oleh anak sulung Sigit WMP yaitu Kaila Kusuma. Tak heran, namanya jadi Kusumo yang diserap dari kata Kusuma.

Tak hanya Kusumo, karena Sigit WMP juga punya Lovebird lain bernama Nadia. Nama ini juga diambil dari nama anak keduanya yaitu Nadia.

Agustus 2013

Setahun berlalu, Lovebird Kusumo mulai memenangkan berbagai perlombaan baik di tingkat daerah maupun nasional. Tercatat, Lovebird Kusumo pernah meraih Piala Raja peringkat 7 dan 4.

Dari sini, banyak sekali yang menawar Lovebird Kusumo. Bahkan, ada yang menawar Lovebird Kusumo dengan harga Rp 50 Juta. Bayangkan, padahal belinya saat itu cuma Rp 3,5 juta, sekarang setahun kemudian harga Lovebird Kusumo melonjak menjadi Rp 50 Juta.

Februari 2014

Perlombaan yang diikuti Lovebird Kusumo semakin banyak. Sehari Lovebird Kusumo bisa main hingga 8 kelas sekaligus dan menjuarai banyak sekali lomba.

Tepat di bulan Februari 2014, harga Lovebird Kusumo meningkat lagi menjadi Rp 250 Juta. Tentu ini pencapaian yang luar biasa. Dalam rentang waktu kurang lebih satu tahun, Lovebird Kusumo sudah bisa meningkatkan harga jualnya hingga lima kali lipat.

Maret 2014

Tak perlu menunggu satu tahun, bulan berikutnya yaitu bulan Maret 2014 Lovebird Kusumo mendapat tawaran lagi yang lebih menggiurkan.

Bagaimana tidak, bulan Februari 2014 Lovebird Kusumo ditawar Rp 250 juta, kemudian bulan Maret 2014 Lovebird Kusumo ditawar lagi seharga Rp 1,5 miliar ditambah sebuah mobil Rubicon.

Perlu Anda ketahui, harga mobil Rubicon terbaru bisa di kisaran Rp 1 miliar sampai Rp 1,5 miliar. Jadi kalau ditotal, keseluruhan harga Lovebird Kusumo saat itu sekitar Rp 2,5 miliar.

Namun, sekali lagi Sigit WMP sepertinya masih sayang dengan Lovebird Kusumo sehingga uang sebanyak itu tidak bisa membeli Lovebird Kusumo.

Baca juga: Alasan Tersembunyi Sigit WMP Tak Lepas Lovebird Kusumo Rp 2,2 Miliar

Agustus 2016

Tawaran mulai saat itu semakin berdatangan, tapi rekor tertinggi masih di angka Rp 2 miliar. Mungkin Sigit WMP sudah lelah menolak tawaran dari orang lain, akhirnya dia memutuskan untuk tidak menjual Lovebird Kusumo pada bulan Agustus 2016.

Jadi, siapapun yang menawar dengan harga berapapun, Lovebird Kusumo tidak akan dijual. Alasannya, karena Lovebird Kusumo sudah dianggap sebagai keluarga.

November 2018

Lovebird Kusumo mati di telapak tangan Sigit WMP tanpa ditandai adanya penyakit sedikitpun. Kepergian Lovebird Kusumo disaksikan sendiri oleh Sigit WMP.

Loading...

Bahkan, saat itu Lovebird Kusumo sempat berpamitan dengan Sigit WMP. Caranya cukup unik, burung ini memanggil Sigit WMP dengan cara memainkan dinding sangkar dengan paruhnya.

Setelah itu, Sigit WMP datang dan memasukkan tangannya. Lovebird Kusumo melompat ke tangan Sigit WMP dan berangsur-angsur napasnya mulai melemah sampai akhirnya mati.

Fakta Menarik tentang Lovebird Kusumo

Salah satu Lovebird Peliharaan Sigit WMP (kumparan.com)
Salah satu Lovebird Peliharaan Sigit WMP (kumparan.com)

Sebagian dari Anda mungkin hanya mengetahui Lovebird Kusumo termasuk burung yang mahal karena harganya miliaran. Namun, ada fakta lain yang belum diketahui khalayak ramai, di antaranya sebagai berikut:

1. Kusumo punya 5 Sangkar

Lovebird Kusumo mempunyai 5 sangkar. Ada salah satu sangkar yang dipesan dari China. Namun, Lovebird Kusumo lebih memilih satu sangkar yang paling disukainya.

2. Lovebird ini tidak Mau Berbagi Sangkar

Lucunya, Lovebird Kusumo juga tidak mau menggunakan sangkar yang bekas dipakai burung lain. Mungkin dia sudah mengira dirinya spesial. Jadi harus mendapat rumah atau sangkar yang spesial juga.

3. Lovebird Kusumo Minum Air Ginseng dan Sarang Walet

Rahasia lain yang belum diketahui kicau mania adalah Lovebird Kusumo selalu mengonsumsi minuman air ginseng plus sarang burung Walet setiap akhir pekan.

Baca juga: Inilah Suplemen yang Menjadikan Lovebird Kusumo Ngekek Panjang

4. Ngekek Panjang hingga 4 Menit

Jarang juga yang tahu, sampai berapa menit Lovebird Kusumo ngekek. Semua hanya tahu Lovebird Kusumo jadi Lovebird legendaris karena kuat main beberapa kelas di perlombaan dan harganya mahal. Padahal Lovebird Kusumo ngekek panjang dengan durasi sampai 4 menit.

Mungkin sekarang 4 menit termasuk pendek karena ada Lovebird yang ngekek hingga 10 menit atau lebih. Namun, dulu Lovebird Kusumo yang mengawali ada Lovebird ngekek panjang dan konsisten tanpa putus.

Baca juga: 5 Cara Melatih Lovebird Ngekek Panjang Seperti Perawatan Lovebird Kusumo

5. Lovebird Kusumo Diawetkan

Sebagai tanda penghormatan terakhir Sigit WMP, belum lama ini Lovebird Kusumo diawetkan. Lovebird Kusumo diawetkan oleh tim ahli dari kebun binatang Gembira Loka di Yogyakarta.

6. Lovebird Kusumo ternyata Betina

Dulu Kusumo dianggap nama burung jantan, tapi ternyata betina. Lovebird Kusumo diambil dari nama Kusuma atau bunga. Kusuma sendiri merupakan nama pemberian anak sulung Sigit WMP tapi kemudian diubah menjadi Kusumo.

7. Lovebird Kusumo Juara 1 sebanyak 400 Kali

Dalam waktu 21 bulan, sejak Januari 2015 sampai September 2016, Lovebird Kusumo sudah berhasil menjadi juara satu sebanyak 228 kali. Kemudian bertambah lagi menjadi 400 kali sampai lomba terakhir di Solo Vaganza pada September 2017, menurut perhitungan Ronggolawe.

Baca juga: Rahasia Lovebird Kusumo Kuat Main Berkali-kali

8. Pasangan Lovebird Kusumo Banyak yang Mati

Lovebird Kusumo dikatakan sakti karena beberapa pasangan jantan Lovebird Kusumo mati setelah dijodohkan. Sigit WMP sampai menghabiskan 5-7 Lovebird jantan untuk dijodohkan dengan Lovebird Kusumo, tapi semuanya mati. Kata Sigit WMP, kebanyakan Lovebird jantan tersebut kalah mental sehingga mati.

Demikian penjalanan panjang Lovebird Kusumo dan fakta menarik tentang Lovebird Kusumo yang jarang diketahui banyak orang. Walau sudah mati, Lovebird Kusumo tak pernah tergantikan sama sekali.

Meski begitu, semoga ada penerus Lovebird Kusumo yang mampu mewarnai lomba-lomba burung di Indonesia. Dengan begitu, harga Lovebird semakin mahal seperti dulu kala.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat dan menginspirasi, maka bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • berapa tahun kusumo bisa ngekek panjang
  • durasi lb kusumo saat competisi
  • kisah love bird kusumo
  • Kisah lovebird kusumo
  • lovebird minum sarang burung walet
  • Lovebird warna cartoon
  • piala labet kusumo

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!