Perkutut Rp 300 Juta dan Sangkar Rp 15 Juta dari Dempul Mobil

Burungnya.com – Kembali lagi ke topik-topik burung anggungan super mahal. Kali ini burung Perkutut Bangkok dari Sumo Bird Farm. Harga burung Perkutut ini sangat spesial karena kualitasnya memang bagus.

Kalau berbicara tentang Perkutut Bangkok, harganya memang terbilang mahal. Sebab, burung ini yang dinilai bagus adalah kualitas suaranya. Walau masih berusia 2 bulan, kalau suara sudah bagus, harganya bisa puluhan juta rupiah.

Baca juga: 20 Harga Perkutut Bangkok Termahal sampai Termurah

Penangkaran Perkutut Sumo Bird Farm

Di mana tempat penangkaran Perkutut Sumber Bird Farm?

Sumo Bird Farm merupakan salah satu peternakan burung perkutut di Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan milik Dedi Happyanto.

Lokasinya beralamat di Komplek Banjar Indah Permai, Jalan Kayu Balau, Kelurahan Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

Bagi yang belum tahu, Sumo Bird Farm berdiri sejak tahun 2018 silam dan sampai sekarang sudah ada ratusan burung terdiri dari Perkutut Lokal, Bangkok, dan import.

Perkutut-perkutut di Sumo Bird Farm dapat dibeli sejak usia 2 bulan sejak menetas. Sebelum dijual ke pembeli, burung-burung ini mendapatkan penanganan perawatan intens dari peternak.

Sehingga nanti kalau sudah sampai di tangan pembeli. Burung tinggal bunyi aja dan melanjutkan perawatan harian.

Perkutut Mahal Harga Rp 300 Juta (youtube.com)
Perkutut Mahal Harga Rp 300 Juta (youtube.com)

Harga Perkutut di Sumo Bird Farm

Burung Perkutut jadi primadona karena memiliki suara kung yang begitu indah. Semakin cantik suara perkutut, harganya pun akan semakin mahal.

Rata-rata anakan burung Perkutut ternak milik Deddy Haryanto dijual mulai dari harga Rp 1 juta sampai Rp 5 juta tergantung dari suara yang dihasilkan. Itu tadi khusus anakan usia 2 bulanan.

Berbeda lagi bila Perkutut memasuki usia 5 bulan ke atas, harga burung ini bisa mencapai harga Rp 10 juta hingga ratusan juta rupiah.

Ya, Perkutut bukan burung sembarangan. Biasanya pemiliknya dari kalangan ningrat atau menengah ke atas. Wajar saja, bila harga Perkutut terbaik bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Pernah ada Perkutut indukan lomba yang ditawar hingga Rp 300 juta. Perkutut ini berada di kandang DDD dan sudah sering juara bahkan juara Liga Batavia Jakarta.

Perlu Anda ketahui kandang DDD ini paling istimewa di Sumo Bird Farm. Jadi kualitas burung di situ pasti bagus-bagus.

“Ada indukan perkutut di kandang tripel D (DDD) sudah juara di Jakarta, udah beberapa kali juara bahkan juara Liga Batavia Jakarta, ” kata Agus, Karyawan Sumo Bird Farm.

“Ini sudah mau dibeli orang seharga Rp 300 juta indukannya, ” lanjutnya.

Indukan tersebut merupakan hasil persilangan jantan Palem Bird Farm asal Tasikmalaya dan betina anakan dari Sumo Bird Farm.

Baca juga: Perkutut Termahal dan Legendaris Harga Rp 3,5 Miliar

Loading...

Harga Sangkar Perkutut Rp 15 Juta dari Dempul Mobil

Sangkar Perkutut Lomba Mahal Harga Rp 15 Juta (youtube.com)
Sangkar Perkutut Lomba Mahal Harga Rp 15 Juta (youtube.com)

Tak hanya jual burung Perkutut, di Sumo Bird Farm juga menjual sangkar Perkutut yang harganya super mahal dan kualitas istimewa.

“Sangkar itu buat lomba dan harganya sekitar Rp 2,5 juta sampai Rp 15 juta, ” beber Agus.

“Ada juga sangkar Perkutut yang harga Rp 650 ribu sampai Rp 3,5 juta untuk harian, ” tambahnya.

Desain dari sangkar mempengaruhi hasil pertandingan. Bukan karena sangkar bagus nilai juga bagus. Tapi karena sangkar yang bagus kualitasnya, suara Perkutut tersebut menjadi keras dan kubahnya memantulkan suaranya sampai ke telinga juri yang berada di bawah.

Baca juga: 12 Tips Memilih Kandang Burung Perkutut dan Variasi Harga

Sangkar Perkutut dengan harga Rp 15 juta dikatakan mahal karena pengrajinnya bagus, dan beberapa faktor berikut:

  1. Pengrajin bagus
  2. Sangkar rapi
  3. Kubah dari dempul mobil
  4. Ukiran bagus
  5. Sangkar kuat

“Sangkar ini (Rp 15 juta) dempulnya dempul mobil, kalau burung bersuara mereka mengeluarkan suara ke bawah sehingga lebih bagus, alhasil juri-juri bisa mendengar, ” jelas Agus.

Modal Beli Burung Perkutut dan Sangkar

Beli burung tergantung dari suara burung Perkutut. Kalau ditanya modal, Anda bisa menyiapkan uang sekitar Rp 1 juta – Rp 10 juta untuk Perkutut bakalan.

Kalau Perkutut yang sudah juara lomba harganya bisa lebih mahal. Harga anakan Perkutut termahal di Sumo Bird Farm sekitar Rp 20 juta per ekor.

Baca juga: Fenomena Langka, Burung Perkutut Pakai Perhiasan Emas, Harganya Jadi Mahal

Kesimpulan

Demikian burung Perkutut harga Rp 300 juta dan sangkar Perkutut harga Rp 15 juta. Burung harganya mahal, sangkarnya juga harus mahal.

Kasihan kalau burung Perkutut suara bagus, sering juara lomba, tapi dikasih di kandang kecil yang kurang menarik.

Wajar saja, sekarang ada sangkar sampai Rp 15 juta. Kalau Perkutut mungkin harganya tidak ada batasnya. Sebab, harga Perkutut dipengaruhi oleh suara dan hobi.

Orang yang hobi pelihara Perkutut, mau harga berapapun, bila Perkutut itu bagus, pasti akan dibeli. Itulah seninya main Perkutut Bangkok.

Kalau Perkutut lokal beda lagi. Biasanya Perkutut lokal yang ditekankan masalah warna dan katuranggan. Untuk suara jadi nomor sekian, karena suara Perkutut lokal rata-rata kecil. Kalau ada Perkutut lokal suara besar berarti dia istimewa.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!