Perkutut Tua Usia Lebih dari 81 Tahun, Begini Kondisinya

Burungnya.com – Usia manusia dan hewan tidak dapat ditebak, karena semua orang bisa mati kapan saja. Untuk manusia rata-rata memiliki usia 60-80 tahun, tapi untuk hewan seperti burung Perkutut biasanya tidak sampai setengahnya. Nah, kali ini ada yang istimewa karena usia Perkutut tua ini lebih dari 81 tahun.

Mungkin Anda kalah tua dengan burung Perkutut tersebut. Soalnya Perkutut ini tahun lalu viral dan dikatakan sudah berusia lebih dari 81 tahun. Meski begitu, rata-rata usia Perkutut Lokal alam memang di atas 60 tahun, kalau dirawat dengan baik.

Perkutut Sepuh Ki Buyut 81 Tahun

Mari langsung saja berkenalan dengan sosok Perkutut tua tersebut. Namanya Perkutut Sepuh Ki Buyut. Burung ini viral di media sosial, banyak yang menyebaran foto atau gambar Perkutut tertua tersebut.

Kemudian komunitas Misteri Perkutut Lokal dan (P4LSI) Paguyuban Pelestari dan Pecinta Perkutut Lokal Seluruh Indonesia meminta pemilik burung mengunggah videonya.

Channel Misteri Perkutut Lokal mengunggah video tadi ke YouTube pada tanggal 20 September 2019. Di situ terlihat sosok Perkutut Sepuh Ki Buyut sudah mirip dengan kakek-kakek yang usianya sangat tua.

Kondisi Perkutut Usia 81 Tahun

Tubuh burung Perkutut ini terlihat bungkuk dengan kepala selalu menghadap ke bawah. Walaupun masih sehat, tapi secara fisik sudah terlihat bahwa Perkutut ini sudah sangat tua.

Bulu-bulunya sebagian berjatuhan, lalu bagian sayap dua-duanya sudah turun. Punggung tampak bungkuk sekali, mungkin karena tulangnya sudah tidak mampu menyangga.

Namun, tatapan mata masih cukup tajam. Hal ini menandakan bahwa burung masih dalam kondisi sehat walafiat. Cengkraman kaki juga masih kuat. Ini terbukti dari burung yang masih kuat bertengger di tangkringan.

Burung Warisan Tiga Generasi

Dari penjelasan pemilik burung, Perkutut Sepuh Ki Buyut merupakan warisan turun temurun. Sekarang sudah dirawat oleh generasi ketiga. Sejak awal sampai sekarang, usianya terhitung lebih dari 80 tahun.

Perkutut ini diasuh di Pondok Pesantren Albar Al Hikmah Gunung Pati Semarang. Tahukah Anda, ada kisah yang menceritakan bahwa burung Perkutut merupakan santri pertama Nabi Adam AS.

Kisah Burung Perkutut dan Nabi Adam

Sebuah kisah tentang burung Perkutut dan Nabi Adam sempat viral di media sosial. Ketika Nabi Adam turun ke bumi, hewan dan tumbuhan sudah lebih dulu ada di bumi.

Kemudian ada seekor burung yang datang menghampiri Nabi Adam. Burung tersebut adalah Perkutut. Nabi Adam sangat terkesan karena banyak hewan berlalu lalang, tapi yang datang untuk sowan hanya seekor burung kecil yaitu Perkutut.

Tidak lama kemudian, Nabi Adam menengadahkan tangan dan berdoa,” Ya Allah, burung ini adalah hewan pertama yang datang menemuiku. Muliakahlah semua keturunannya.”

Tak heran, sampai sekarang burung Perkutut banyak dimiliki oleh para Kyai dan kalangan Bangsawan. Mungkin karena doa Nabi Adam yang menjadikan burung Perkutut bisa berusia tua. Wallahu A’lam.

Perkutut Tua Lainnya

Perkutut Tua Usia Lebih dari 81 Tahun (facebook.com)
Perkutut Tua Usia Lebih dari 81 Tahun (facebook.com)

Di Facebook Misteri Perkutut Lokal juga ada postingan Perkutut tua rawatan 81 tahun, tapi usianya tidak diketahui secara pasti. Nama Perkutut ini Eyang Naga Bumi. Kalau dirawat selama 81 tahun, mungkin saja usianya bisa lebih tua.

Loading...

Nah, di kolom komentarnya ada seorang Kung Mania yang mengatakan bahwa dia memiliki Perkutut umur 135 tahun warisan lebih dari 9 generasi. Pemiliknya bernama Rudi Raja Kasanova.

Perkutut Usia 135 Tahun dari 9 Generasi Lebih (facebook.com)
Perkutut Usia 135 Tahun dari 9 Generasi Lebih (facebook.com)

Generasi Perawat Perkutut Usia 135 Tahun

  • Somodijoyo
  • Kembang Joyo
  • Panembahan Senopati Alit Mukti Pamungkas
  • Sastro Pawiro
  • Adipati Slamet Rumekse
  • Moktar
  • Adipangetu
  • Sargono
  • Bandi
  • Singorojo
  • Endang

Admin Misteri Perkutut Lokal langsung meminta foto atau videonya, supaya anggota yang lain juga bisa melihatnya. Namun, menurut keterangan Rudi, kalau difoto susah, lebih baik lihat sendiri. Dia lalu meninggalkan alamat yang ternyata di Suko Sumber Pucung RT 22a dan nomor WhatsApp.

Rudi juga memposting foto Perkutut yang mati 7 hari tapi hidup lagi. Pakan dan air sudah kering tapi dia masih bisa hidup lagi. Dilihat dari beberapa postingannya yang di luar nalar, sebaiknya memang harus dibuktikan sendiri dan datang langsung ke rumahnya.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa Perkutut tua yang usianya lebih dari 81 tahun. Ternyata kalau dirawat dengan baik, usia Perkutut bisa lebih tua dua kali lipat dari usia manusia. Namun banyak yang mengatakan bahwa usia tua pada Perkutut Lokal juga karena di dalam tubuhnya ada kodam.

Oleh karena itu, Perkutut Lokal Alam mempunyai usia rata-rata di atas 60 tahun. Berbeda dengan Perkutut Bangkok hasil ternakan yang mungkin usianya tidak bisa berumur panjang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!