Pohon Pembunuh Ribuan Burung yang Mengerikan

Burungnya.com – Pohon biasanya dijadikan rumah atau tempat bersarang burung-burung liar. Namun, pohon Pisonia brunoniana justru sebaliknya. Pohon mengerikan ini membantai ribuan burung yang hinggap di ranting dan dahannya. Tak heran, banyak sekali bangkai burung di sekitar akar pohon Pisonia.

Baca juga: Pecinta Hewan Marah, Bangkai Burung Dijadikan Karya Seni Seharga Rp 53 Juta

Cara Pohon Membunuh Burung

Pohon Pisonia brunoniana bisa membunuh banyak burung melalui polong-polong kacang yang melekat di tubuh burung. Jadi, pohon tersebut dapat menghasilkan kacang berukuran panjang di mana polongnya berlapis getah tipis yang lengket.

Nah, getah ini membuat hewan-hewan lain terjebak dan mengalami gangguan saat bergerak. Serangga yang sedang mencari makan juga tak luput terkena getah pohon Pisonia brunoniana. Banyaknya serangga yang lengket di pohon membuat burung-burung tertarik untuk mendekat dan memakannya.

Namun, burung-burung yang hinggap di pohon Pisonia brunoniana malah ikut terjebak getah polong kacang. Sehingga tak hanya di bawah, tapi burung-burung juga terjebak di cabang-cabang pohon. Kalau dilihat sekilas, seperti hiasan pohon natal yang mengerikan, seperti yang disadur dari Mongabay.co.id (24/1/2018).

Penelitian Pohon Pisonia brunoniana

Mengetahui keunikan pohon Pisonia brunoniana, ahli ekologi Alan E. Burger dari University of Victoria Kanada melakukan penelitian selama 10 bulan, tepatnya pada tahun 1999-2000. Dari penelitian yang cukup lama tersebut, diketahui bahwa pohon Pisonia tidak mendapat keuntungan dari bangkai burung-burung liar.

Loading...

Pohon unik ini justru mendapat manfaat dari kotoran burung yang berjatuhan. Selain itu, biji-biji pohon Pisonia brunoniana dapat menyebar lebih luas saat terbawa oleh burung-burung.

Jadi, pada intinya, pohon Pisonia brunoniana tidak berniat membunuh burung-burung. Hanya saja, polong kacang yang lengket tadi tanpa sengaja membunuh ribuan burung di alam.

Baca juga: Burung Hantu Betina Membunuh Pasangannya Karena Alat Vital Kecil

Pohon Pisonia brunoniana Punah

Dari alasan inilah, pohon Pisonia brunoniana di Pulau Utara, Selandia Baru ditebang secara intensif sampai punah. Tujuannya agar burung-burung laut tidak terjebak.

Baca juga: 20 Jenis Burung Langka di Indonesia Lengkap dengan Gambar

Kalau di Pulau Cousine, Seychelles lebih baik cara penanganannya karena ada petugas konservasi yang membersihkan polong kacang yang melekat di tubuh burung. Sehingga, mereka tidak perlu menebang pohon Pisonia dan burung tetap selamat.

Sebagai tambahan informasi, pohon Pisonia brunoniana mempunyai bunga kecil dan banyak ditemui di kawasan tropis, seperti Selandia Baru, Hawaii, hingga India.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, silakan dibagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar