Porsi Makanan Kucing Per Hari yang Tepat Sesuai Perhitungan

Burungnya.com – Sama seperti Anda, kucing membutuhkan makanan bergizi. Dengan jumlah makanan yang tepat, kucing dapat memiliki bentuk tubuh dan berat badan yang ideal.

Dengan cara ini, kucing tidak akan terpengaruh oleh obesitas, malnutrisi atau anoreksia. Namun, sebagian besar pemilik hewan peliharaan tidak tahu persis berapa jumlah makanan kucing yang tepat setiap harinya.

Anda bisa mengetahui takaran makanan kucing dari beberapa faktor. Usia, tingkat aktivitas, dan berat badan merupakan faktor penentu asupan makanan harian kucing.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan beberapa rumus rahasia untuk membuat perhitungan lebih akurat.

Takaran atau Porsi yang Tepat untuk Makanan Kucing

Jawabannya tergantung pada beberapa faktor. Anda perlu memperhatikan jenis makanan yang disediakan. Apakah Anda memberi makan kucing dengan makanan basah atau makanan kering?

  • Makanan Basah: 125 Kalori per 85 gram (kemasan pouch)
  • Makanan Kering: 333 Kalori per 100 gram (1,2 cup serving)

Merk makanan kucing yang Anda berikan juga sangat berpengaruh. Anda bisa membaca kandungan dan nilai gizinya di bagian belakang kemasan.

Tak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan seberapa aktif kucing tersebut. Semakin aktif tingkah kucing, semakin banyak makanan yang perlu dikonsumsinya.

Jika Anda memiliki kucing betina, Anda juga perlu memperhatikan kondisi fisiknya. Apakah dia hamil atau menyusui?

Tingkat Kebutuhan Kalori Berdasarkan Kondisi Kucing

  • Kucing Betina Menyusui butuh sangat banyak kalori.
  • Jenis kucing betina hamil butuh banyak kalori.
  • Kucing betina birahi butuh sedikit kalori.

Dengan memahami hal ini, Anda akan mengetahui secara pasti berapa jumlah makanan kucing yang tepat dalam jumlah yang tepat, dan yang tak kalah pentingnya, Anda juga harus memperhatikan usia kucing tersebut.

Anak kucing pasti membutuhkan asupan nutrisi dan asupan makanan yang berbeda dengan anak kucing. Tentunya anak kucing juga membutuhkan asupan pakan yang berbeda dengan kucing yang lebih tua.

Kebutuhan Kalori Setiap Kucing

  • Kitten: 30 kalori per kilogram berat badan.
  • Kucing dewasa: 66 kalori per kilogram berat badan.
  • Kucing tua: 50 kalori per kilogram berat badan.

Selain itu, bobot kucing juga harus Anda perhatikan. New York Animal Medical Center menunjukkan bahwa kucing dewasa perlu makan sekitar 2% dari berat tubuhnya.

Kebutuhan nutrisi kucing dewasa adalah 66,67 kalori per kilogram berat badan per hari. Setiap kilogram berat badan membutuhkan 4,5 gram protein per hari.

Kami beri contoh, seekor kucing dewasa memiliki berat 5 kg dan membutuhkan 333 kalori dan 22,5 gram protein per hari.

Makanan kering (dry food) dan makanan basah (wet food) dapat memenuhi kebutuhan kalori.

Makanan kering bisa memberikan 333 kalori per 100 gram konsumsi.
Setiap 85 gram makanan basah (kantong / kantong) bisa menyediakan 125 kalori.

Takaran Makanan Kucing

1. Perhitungan takaran makanan kering kucing:

Rumus perhitungan: 2% x berat badan = 2% x 5 kg = 0,1 kg = 100 gram makanan kering. Dengan 100 gram makanan kering, kucing akan mendapatkan 333 kalori.

2. Perhitungan takaran makanan kucing basah:

Rumus perhitungannya: 66,57 kalori x berat = 66,67 x 5 = 333 kalori. Anda bisa memenuhi kebutuhan kucing Anda dengan 3-4 kantong makanan basah setiap hari.

3. Gabungan makanan basah dan kering:

Jika Anda menggabungkan makanan basah dan makanan kering, efeknya akan lebih baik. Porsi yang bisa diberikan adalah: 1 kantong makanan basah + 63 gram makanan kering per hari.

Dengan bahan referensi ini, Anda dapat menghitung dosis makanan kucing harian Anda berdasarkan berat badan kucing Anda.

Loading...
Porsi Makanan Kucing (plantsbasednews.org)
Porsi Makanan Kucing (plantsbasednews.org)

Berapa Kali Beri Makanan Kucing Per Hari?

Tahukah Anda, berapa kali harus memberi makanan kucing dalam sehari? Anda perlu memberi makan kucing 2-3 kali sehari, di pagi dan sore hari.

Anda juga harus memberi makan kucing tepat waktu. Untuk kenyamanan, Anda bisa mengatur waktu makan sesuai waktu. Misalnya, Anda memberi makan kucing pada pukul 08:00 pagi dan 15:00 sore.

Apabila Anda memberinya makan secara acak, pola makannya pasti berantakan. Kucing dengan jadwal makan yang membingungkan seringkali mengalami buang air besar yang tidak teratur.

Cara Mengetahui Porsi Makanan Kucing Sudah Tepat atau Belum

Sangat mudah untuk mengetahui apakah Anda telah memberi makan dengan jumlah yang benar. Anda bisa merasakan sisi samping perut kucing.

Jika tulang rusuk kucing Anda menonjol dan Anda benar-benar bisa merasakannya dengan jari Anda, berarti kucing itu terlalu kurus. Anda harus meningkatkan nutrisinya.

Makanan basah ini sangat ideal untuk menambah bobot kucing. Bahkan jika Anda memilih makanan kering, Anda harus memilih makanan kering berkualitas tinggi yang kaya protein.

Jika kucing Anda terlihat sangat gemuk, itu artinya Anda terlalu banyak memberi makan. Apalagi jika perutnya terlihat sebesar kucing betina yang hamil (meski kucing Anda adalah kucing jantan).

Artinya, Anda harus mengurangi jumlah makannya sedikit demi sedikit. Jangan sampai Anda kehilangan kucing karena obesitas.

Idealnya, Anda masih bisa merasakan tulang rusuknya secara samar. Selain itu, Anda juga bisa melihat sedikit lemak yang terlihat di bagian pinggul dan perut.

Baca juga:

Kalkulator Makanan Kucing

Untuk menghitung makanan kucing secara otomatis, Anda dapat memanfaatkan kalkulator makanan kucing. Buka saja situs answerspetfood.com/feeding-calculator-cat.

Di sana Anda akan ditanya seberapa aktif kucing Anda dan berat badan kucing. Kemudian website tersebut akan memberikan saran kebutuhan kalori kucing Anda.

Kesimpulan

Demikian takaran atau porsi makanan kucing yang tepat untuk setiap harinya. Anda jangan terlalu banyak memberi makan kucing atau terlalu sedikit.

Berikan makan secukupnya saja atau sesuai dengan berat badan kucing. Jangan berlebihan dalam memberi makan kucing, selain tidak baik untuk kesehatan kucing, makanan tadi bisa menambah pengeluaran Anda lebih banyak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • jatah makan kucing per hari
  • rumus makanan kucing
  • takaran makanan kucing perhari

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!