Racikan Pakan Lovebird Extra Fooding yang Sehat

Burungnya.com – Makanan burung Lovebird didominasi oleh biji-bijian, seperti milet putih, milet merah, canary seed, dan lain-lain. Lovebird juga butuh asupan makanan tambahan dari extra fooding atau EF. Pakan tersebut bisa berupa sayur-sayuran yang segar.

Burung Lovebird membutuhkan makanan bernutrisi seperti sayur untuk menyehatkan tubuhnya. Percuma makan makanan yang mahal, kalau ujung-ujungnya sakit. Lebih baik makan pakan bergizi dan sehat agar Lovebird ngekek panjang serta rajin bunyi.

Berbicara tentang pakan extra fooding Lovebird, kira-kira apa saja jenis pakan EF yang bagus untuk Lovebird? Kami akan membahasnya karena terinspirasi dari channel YouTube Sahabat Hobi.

Racikan Pakan Extra Fooding Lovebird (youtube.com)
Racikan Pakan Extra Fooding Lovebird (youtube.com)

Racikan Makanan Burung Lovebird Extra Fooding

Bahan-bahan:

  • Sayur daun kangkung (jenis kangkung air) setengah ikat.
  • Wortel seukuran jari telunjuk orang dewasa.
  • Voer Leopard atau voer 511 secukupnya.
  • Jagung secukupnya.

Cara membuat:

  1. Sayur kangkung dipotong kecil-kecil untuk tiga pasang burung Lovebird.
  2. Wortel diparut agar ukurannya lebih kecil.
  3. Jika ukuran wortel masih besar, bisa dipotong lagi sampai kecil-kecil.
  4. Jagung bisa dipotong kecil atau diberikan dalam bentuk biji-bijian.
  5. Campur sayur kangkung, wortel, jagung dan voer sampai merata.
  6. Tujuan semua bahan dipotong kecil agar burung tidak membuang-buang makanan dan kandang terlihat bernih.
  7. Pemberian pakan extra fooding seminggu dua kali untuk Lovebird harian dan lomba. Kalau Lovebird ternak bisa diberikan setiap hari. Soalnya, indukan Lovebird butuh nutrisi lebih untuk dirinya sendiri dan anak-anaknya.

Loading...

Kesimpulan

Demikian racikan pakan Lovebird extra fooding yang sehat. Harga seluruh bahan pakan extra fooding Lovebird ini sangat terjangkau dan murah. Anda bisa dengan mudah menemukannya, bahkan di penjual sayur keliling.

Baca juga:

Dibandingkan hanya memberikan biji milet ke Lovebird, cobalah sesekali burung diberi racikan pakan extra fooding. Selain menyehatkan, burung Lovebird tidak akan bosan karena sebelumnya mereka cuma diberi biji-bijian.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!