Rahasia Lovebird Unik Halfsider dari 2 Sperma dan 2 Sel Telur

Burungnya.com – Kita semua sudah mengetahui bawah mutasi warna Lovebird sangat beragam. Dari mutasi tersebut terciptalah warna Lovebird unik, salah satunya Lovebird Halfsider atau HS. Burung ini dikatakan unik karena warnanya seperti terbelah menjadi dua. Setengah tubuhnya bisa berwarna hijau, setengahnya lagi warna biru atau kombinasi warna lain.

Bagaimana cara mencetak Lovebird Halfsider yang unik? Sampai sekarang cara mencetaknya masih misteri. Tidak ada yang tahu pasti rumus mencetak Lovebird Halfsider. Sebab, burung unik ini biasanya lahir secara kebetulan. Sehingga mutasi warna Lovebird ini sulit diprediksi dan dipelajari.

Asal Usul Lovebird Lovebird Halfsider

Dari penjelasan di forum Talkbudgies.com, asal usul Lovebird Halfsider berasal dari 4 gabungan sperma dan sel telur (2 sperma dan 2 sel telur). Penjelasan Lovebird Halfsider merupakan chimera tetragamet.

Tetra artinya empat, sementara gamet adalah sperma dan sel telur. Sedangkan chimera adalah organisme tunggal yang terdiri dari dua sel yang berbeda secara genetik dan berasal dari dua zigot yang berbeda.

Lovebird Halfsider, Cara Mencetak, Harga (pinterest.com)
Lovebird Halfsider, Cara Mencetak, Harga (pinterest.com)

Penjelasan Terbentuknya Lovebird Halfsider

Lebih sederhananya, 2 sperma dan 2 sel telur bertemu. Kemudian masing-masing sperma membuahi telur secara terpisah. Lalu, sel telur bergabung bersama dan terlihat seperti meiosis terbalik.

Jelas Lovebird Halfsider murni terbentuk secara kebetulan, bukan genetik. Umumnya, Lovebird Halfsider terjadi saat Lovebird betina melepaskan 2 sel telur dari ovariumnya. Pada saat yang sama secara tidak sengaja keduanya menyatu setelah masing-masing dibuahi secara terpisah oleh sperma yang berbeda.

Lovebird Halfsider merupakan kombinasi dari dua bayi yang disatukan bersama secara alami. Burung ini pada dasarnya mempunyai dua set DNA yang berbeda. Sehingga Lovebird HS dapat memiliki organ dan bagian tubuh dengan set kromosom yang berbeda.

Coba lihat dari sisi visual, pigmen di satu sisi atau bagian tubuh dikendalikan oleh satu set kromosom. Sedangkan pigmen di sisi lain atau bagian tubuh lain dikendalikan oleh set kromosom lain dari zigot lainnya. Ini yang membuat Lovebird Halfsider umumnya memiliki perpaduan dua warna.

Harga Lovebird Halfsider

Oh iya, untuk harga Lovebird Halfsider juga tidak ada patokan yang pasti. Semua tergantung dari perpaduan warnanya yang indah. Semakin unik warna Lovebird Halfsider, maka harganya akan semakin mahal.

Loading...

Kami sudah memantau harga Lovebird unik ini di Tokopedia. Ternyata ada yang menjual Lovebird Halfsider seharga Rp 5 juta per ekor.

Jenis Lovebird Unik Halfsider (tokopedia.com)
Jenis Lovebird Unik Halfsider (tokopedia.com)

Bagian kanan tubuhnya warna hijau, sebelah kiri warna biru putih. Seolah-olah burung ini kombinasi warna Lovebird paruh merah dan paruh putih.

Burung Lovebird Halfsider corak warna bulunya lebih unik dari Lovebird Blorok. Sebab, ada garis di tengah tubuhnya yang membaginya menjadi dua warna. Perpaduan dua warna tersebut juga tidak konsisten.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian sedikit penjelasan tentang Lovebird Halfsider yang unik dan harganya. Asal usul Lovebird Halfsider berasal dari 2 sperma dan 2 sel telur. Untuk mencetak Lovebird Halfsider dengan cara normal tentu sulit sekali, kecuali ada keajaiban.

Berbeda bila cara mencetaknya dengan suntik sperma atau sel telur, kemungkinan mencetak Lovebird Halfsider akan lebih mudah. Apabila Anda cuma mengandalkan indukan Lovebird jantan dan betina biasa, tentu sangat kecil kemungkinan bisa lahir Lovebird Halfsider (HS).

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Lovebird hs
  • Love bird halfsider
  • Lb halfsider
  • mencetak lovebird half sider
  • menghasilkan lovebird halfsider
  • Genetika lb halfsider
  • Cara mencetak Lovebird HS
  • cara mencetak lovebird halfsider
  • cara mencetak lb halfsider
  • lb hs

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!