Rekomendasi Dispenser Makanan Kucing Otomatis Terbaik

Burungnya.com – Apa kelebihan menggunakan dispenser makanan kucing? Ternyata banyak sekali kelebihan dari tempat makan kucing otomatis tersebut.

Salah satu kelebihan utama dispenser makanan kucing adalah makanan dapat diberikan otomatis sesuai jadwal dan makanan tidak terbuang.

Biasanya makanan kucing harus diberikan secara manual. Tapi saat Anda kerja atau bepergian, maka tugas memberikan makanan tersebut tidak ada yang menggantikan.

Belum lagi, kucing sering makan berantakan sehingga makanan kucing tumpah dan terbuang percuma. Pengeluaran untuk beli makanan kucing bisa jadi membengkak, bila hal tersebut terjadi berulang-ulang.

Dispenser Makanan Kucing Terbaik
Dispenser Makanan Kucing Terbaik

Oleh karena itu, kami merekomendasikan Anda menggunakan dispenser makanan kucing otomatis. Dispenser makanan seperti ini sudah bisa diatur otomatis sesuai jadwal makan kucing. Jenis makanannya apa saja, dan tentunya lebih aman karena tidak mudah tumpah.

Anda cuma mengisi tangki dengan makanan kucing yang banyak, maka dalam beberapa hari ke depan, Anda tidak perlu mengisi makanan kucing lagi.

Dispenser makanan kucing seperti ini cocok untuk Anda yang jarang ada di rumah. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kucing Anda kelaparan. Anda juga tidak perlu menyewa perawat hewan untuk sekadar memberikan makanan kucing.

Baca juga: Tempat Minum Kucing Air Mancur Otomatis

Apa Itu Dispenser Makanan Kucing?

Dispenser makanan kucing adalah perangkat yang dirancang untuk membantu memudahkan pemberian makanan kucing. Dispenser dapat mengeluarkan makanan secara otomatis atau saat dibutuhkan, sehingga menghindari adanya makanan yang terbuang dan membantu menjaga keseimbangan nutrisi kucing dengan memberikan makanan secukupnya.

Namun, dispenser makanan kucing biasanya cenderung lebih mahal dibandingkan tempat makan biasa, dan memerlukan waktu dan usaha tambahan untuk menyusun dan mengatur makanan kucing. Kelebihan dan kekurangan dispenser makanan kucing tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda dan kucing Anda.

Baca juga: Litter Box Kucing Tertutup Desain Bagus dan Bersih

Kelebihan Dispenser Makanan Kucing

Beberapa kelebihan dari dispenser makanan kucing otomatis adalah:

1. Kemudahan

Dispenser dapat mengeluarkan makanan secara otomatis atau saat dibutuhkan, sehingga menghindari adanya makanan yang terbuang, dan memudahkan dalam memberikan makanan kucing.

2. Keseimbangan nutrisi

Dispenser dapat membantu menjaga keseimbangan nutrisi kucing dengan memberikan makanan secukupnya, sehingga mengurangi kemungkinan kucing kelebihan makan dan obesitas.

3. Kontrol porsi

Beberapa model memiliki fitur yang dapat memberikan porsi makanan yang tepat, sehingga memudahkan dalam mengontrol asupan makanan kucing.

4. Kebutuhan makanan berbeda

Jenis-jenis dispenser makanan kucing otomatis tersedia dalam tiga tipe , yaitu hopper (tangki), tray , dan rotating tray sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan kucing, seperti makanan basah maupun kering.

5. Tidak memerlukan pengaturan yang terus menerus

Pada umumnya, dispenser makanan kucing otomatis cukup diatur sekali dan dapat diandalkan dalam waktu yang lama.

Baca juga: Litter Box Kucing Otomatis Bersih dan Tidak Bau

Kekurangan Dispenser Makanan Kucing

Beberapa kekurangan dispenser makanan kucing antara lain:

1. Biaya

Dispenser makanan kucing cenderung lebih mahal daripada tempat makan kucing biasa, sehingga bisa menguras anggaran.

2. Maintenance

Sebagian dispenser makanan kucing memerlukan waktu dan usaha tambahan untuk menyusun dan mengatur makanan kucing. Selain itu, beberapa dispenser perlu dibersihkan secara teratur agar tetap higienis.

3. Gangguan teknis

Kadang-kadang, dispenser makanan kucing dapat mengalami kerusakan teknis seperti mesin yang rusak atau terjebak dalam posisi tertentu. Hal seperti ini menyulitkan kucing untuk mendapatkan makanannya.

4. Keterbatasan jenis makanan

Tidak semua jenis makanan kucing cocok untuk dikeluarkan melalui dispenser otomatis.

5. Ukuran

Beberapa dispenser makanan kucing besar dan berat, sehingga membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup.

Kekurangan dan kelebihan dispenser makanan kucing tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda dan kucing Anda . Andapun harus mempertimbangkan dengan matang sebelum memilih menggunakan dispenser makanan kucing atau tidak.

Baca juga: 5 Makanan Kucing Murah Tapi Berkualitas

Rekomendasi Dispenser Makanan Kucing Terbaik

Menurut kami, ada dispenser makanan kucing yang bagus, namanya PETKIT Fresh Element Mini.

Dispenser Makanan Kucing Petkit Fresh Element Mini
Dispenser Makanan Kucing Petkit Fresh Element Mini

Spesifikasi PETKIT Fresh Element Mini

  • Feed from your mobile App (2.4GHz WIFI)
  • Compatible with Amazon Alexa.
  • Personalized Pet Feeding: Meals can be dispensed from 5g to 50g. Set meal plan, feed anytime.
  • Weight Sensor: You’ll get notices when food bucket in low capacity, and when empty.
  • Duo Fresh Lock System keeps up to 3.3 lbs food dry and fresh.
  • The feeder will be operated with optional battery backup even it went off-line.
  • Small but Smart: The Smart Mini feeder is only 0.017 m³ floor space equivalent to a A4 Paper Size but can store 2.8L food.
  • Remote Control your pet’s feeding from your smartphone: The PetKit App gives you peace of mind in the palm of your hand ensuring your pet is always being fed, no matter where you are.
  • Keep food Fresh: There places a desiccant pack under the cover protect food from moisture.
  • APP compatible version: Android and IOS
  • Works with Alexa:Ask your Amazon Echo device to feed your dog or cat a snack. (Your home WiFi network needs to be a 2.4GHz frequency in order for the pet feeder to work.)
  • Dimensions (mm): 318 x 319 x 170
  • Weight: 2.2kg
  • Capacity: 2.8L

Sekarang Anda sudah tahu bukan, mengapa dispenser makanan kucing mahal. Sebab, tempat makanan kucing otomatis ini begitu canggih dan pintar.

Tempat makanan kucing ini bisa diatur dari aplikasi smartphone, terhubung WiFi, terdapat sensor untuk mengetahui makanan sudah habis, ada voice assintant, dan terdapat pengunci untuk menjaga makanan kucing tetap fresh.

Pengaman di Dispenser Makanan Kucing PETKIT Fresh Element Mini
Pengaman di Dispenser Makanan Kucing PETKIT Fresh Element Mini

Lihat harga PETKIT Fresh Element Mini

Lihat di Tokopedia

Lihat di Shopee

Kesimpulan

Demikian rekomendasi dispenser makanan kucing terbaik. Oh iya, kami ada tambahan tips membeli dispenser makanan kucing yang bagus.

1. Ukuran dispenser

Pastikan ukuran dispenser sesuai dengan jumlah makanan yang diperlukan kucing. Hal ini tergantung pada ukuran, usia, dan tingkat aktivitas kucing Anda.

2. Bahan

Pilih dispenser yang terbuat dari bahan non-toksik dan tahan lama. Plastik adalah bahan yang paling umum digunakan untuk dispenser makanan kucing. Cari plastik yang aman untuk makanan dan tidak mudah tergores atau rusak.

3. Desain

Dispenser hadir dalam berbagai desain, seperti feeder gravitasi yang mengisi mangkuk saat kucing makan atau dispenser elektronik yang dapat mengeluarkan makanan pada waktu tertentu. Pertimbangkan desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan kucing Anda.

4. Kebersihan

Cari dispenser dengan bagian yang dapat dilepas dan bisa dicuci di mesin cuci piring untuk membersihkan dengan mudah. Dispenser yang sulit dibersihkan dapat menjadi sarang bakteri berbahaya.

5. Harga

Terakhir, pertimbangkan anggaran Anda. Dispenser bisa bervariasi dari model gravitasi yang murah hingga model elektronik yang lebih mahal. Pilih salah satu yang sesuai dengan anggaran Anda dan memenuhi kebutuhan Anda dan kucing Anda.

Terima kasih telah membaca artikel Burungnya.com. Follow berita terbaru kami di Google News.